Sus Kering Keju



resep sus kering keju

Halo...halo.... 2 hari absen posting, nah hari ini posting dulu ah... 2 hari tapi berasa lama, halah.. nah kali ini saya mau posting resep sus kering keju yang saya buat kemarin. Secara sudah lama tidak buat sus kering ini, dulu sekali pernah buat sus kering keju sawi hijau. Padahal sus kering begini favorit Sophie neh, renyah berasa keju. Dia bilang kukis ball keju.

Membuat sus kering sebenarnya cukup mudah, tapi ya tuh dia, memanggangnya yang cukup lama, lalu suhu oven harus pas. Nah untuk kali ini saya pakai resep sus kering dari sajian sedap. Beda tipis saja sih dengan resep sus kering sawi hijau.

Karena kali ini saya menggunakan keju cheddar, rasanya kurang ngeju ya dibanding dengan penggunaaan keju edam, tapi tetap kok berasa kejunya. Nah yang tidak begitu suka terlalu ngeju, gunakan keju cheddar sudah pas rasanya.

Untuk metode pemanggangan, saya menggunakan metode pemanggangan modifikasi dari resep sajian sedap dan resep sus kering sawi hijau, sambil sesekali tentunya mengecek kondisi sus keringnya selama dioven. Oh iya kalau membuat kue sus, baik itu sus kering atau sus vla, jangan membuka tutup oven selama proses pengovenan, karena sus akan kempes kalau belum kering dan kokoh.

Nah yang mau menambah koleksi pengisi toples hari raya, boleh juga donk membuat sus kering keju sendiri, daripada beli, pasti lebih mahal kan... yang mau intip resepnya, ini dia ya...

Sus Kering Keju

Bahan :
  • 100 gr margarin
  • 250 ml air
  • 1/4 sendok teh garam
  • 125 gr tepung terigu protein sedang (misal merk segitiga biru atau bola salju)
  • 75 gr keju cheddar parut (atau bisa gunakan keju edam)
  • 1 sendok teh baking powder (saya gunakan 1/2 sendok teh)
  • 3 butir telur (saya gunakan 4 butir telur ukuran kecil)

Cara membuat :
  1. Di panci, campur margarin, air dan garam, didihkan sambil diaduk, matikan api, masukkan tepung terigu, nyalakan kembali api kecil, aduk adonan sampai adonan kalis (padat dan begitu diaduk tidak lengket lagi di bagian dasar panci), angkat dan biarkan hangat (saya biarkan selama kurang lebih 5 menit)
  2. Tambahkan telur satu persatu sambil dikocok menggunakan mixer sampai adonan lembut, masukkan keju parut dan baking powder, kocok kembali sebentar dengan mixer. 
  3. Siapkan 2 buah kantong segitiga, satu kantong diberi spuit dan satu kantong diberi adonan. Semprotkan ke atas loyang beroles margarin tipis
  4. Panggang selama kurang lebih 15 menit dengan suhu 200 derajat celcius, kecilkan suhunya menjadi 135 derajat celcius, panggang kembali selama kurang lebih 35 menit sampai sus kering dan permukaan kuning kecoklatan (kenali oven masing-masing). Yang saya lakukan adalah panggang selama kurang lebih 15 menit dengan suhu 200 derajat celsius, kecilkan menjadi 150 derajat celcius, panggang selama kurang lebih 15 menit, keluarkan dari oven, satukan sus di satu loyang dan panggang sampai kering kurang lebih selama 10 menit.
  5. Keluarkan dari oven dan dinginkan

catatan : foto proses bisa lihat di resep sus kering sawi hijau ya... supaya ada bayangan proses membuat sus kering ini.

sus kering keju

Nah semoga resep sus kering keju ini bisa bermanfaat ya, silakan mencoba dan semoga cocok dengan selera ya....


Selamat mencoba.....



NewerStories OlderStories Home

0 comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Silakan kalau mau mempromosikan blog/website, gunakan komentar dengan nama atau nama blog/website dan url, tetapi komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.