Tahu Goreng Telur Puyuh



resep tahu goreng telur puyuh

Hari ini sedang ada mood dan kepikiran buat tahu goreng telur puyuh ini, sudah lama tidak makan tahu telur puyuh begini, secara sudah lama tidak pernah beli lagi. Entalah walaupun tiap hari ada snack yang satu ini di penjual kue pagi hari, tapi tidak ada selera mau beli lagi.

Oh iya, tahu ini sebutannya sih kalau saya bilang ya tahu goreng telur puyuh, tapi ternyata tahu ini ada juga yang menyebutnya tahu fantasi telur puyuh, tahu mahkota atau tahu sarang puyuh. Hmmm yang mana satu yang disuka lah ya menyebutnya.

Dulu suka dengan tahu begini, rasanya enak, tapi sejak beli yang terakhir kesannya tidak enak, tahunya asam, akhirnya belum berminat sampai sekarang. Kalau beli, tahu begini rasanya dominan tahunya, hanya ada sedikit campuran daun bawangnya, jadi kalau mau makan yang agak beragam bahan-bahannya, buat sendiri, suka-suka mau ditambahkan apa.

Nah kebetulan semua bahan yang saya butuhkan ada semua di kulkas, jadi tidak perlu pergi ke pasar lagi, cukup dengan bahan seadanya. Membuatnya sangat mudah ya, tapi memang prosesnya agak lama, itu yang buat lama mengisi adonan ke cetakan, lalu menyempilkan telur puyuhnya ke tengah, lalu merapikan permukaannya dengan sedikit ditekan supaya padat. Lalu yang buat lama lagi adalah kalau kukusan kecil, nah karena kukusan saya kecil, jadi harus 3 kali mengukus, secara resep di bawah ini jadinya banyak juga, jadi 20 buah.

Tadinya saya menyiapkan telur puyuh hanya 10 butir, ah buatnya tidak mau banyak rencana saya, eh tapi begitu sudah semua bahan dicampur, loh kok banyak, 10 butir kurang neh, akhirnya sambil mengukus batch pertama, sambil merebus tambahan telur puyuh lagi. Tapi senang juga, banyak buatnya karena hasilnya enak, tidak mengecewakan, ya karena tahunya juga tidak asam, untung deh. Kebayang kalau tahunya asam...wah penonton kecewa neh.

Sebenarnya tahu telur puyuh yang sudah dikukus sudah bisa disantap, tapi pakemnya tahu begini, digoreng dulu dengan balutan telur kocok, baru deh afdol.

Waktu menggorengnya, gorengan pertama, tahu telur puyuh ini saya balik, alhasil telur puyuh yang posisinya di bawah jadi meletus, bergelembung, jadinya jelek sekali permukaannya. Nah untuk gorengan yang selanjutnya, tahu telur ini tidak saya balik, goreng dengan minyak cukup banyak, lalu permukaan atasnya cukup disiram-siram saja dengan minyak menggunakan sutil sampai warnanya kekuningan, jadi telur puyuhnya masih bagus, tidak meletus.

Okey deh, begitu sekelumit tentang proses membuat tahu goreng telur puyuh ini, maklumlah ya, baru pertama kali buat, jadi belajarnya dari batch pertama... oh iya mengenai bahan, suka-suka saya menambahkan bahan dan mengira saja takarannya ya... 

Untuk cetakannya, saya menggunakan cetakan cucing, yang ternyata baru 3 kali saya gunakan, termasuk membuat tahu ini, beberapa waktu yang lalu buat kue mangkok tape dan kue gandus dengan cetakan ini juga.

Berikut resepnya ya....silakan...

Tahu Goreng Telur Puyuh

Bahan :
  • 2 buah tahu putih ukuran besar, total berat 400gr
  • 1 buah wortel ukuran sedang, parut halus dengan parutan keju
  • 10 ekor udang ukuran sedang, tanpa kulit dan kepala, haluskan atau cincang
  • 1 batang daun bawang, iris halus
  • 35 gr keju cheddar, parut
  • 2 sendok makan mayonnaise
  • 1 butir telur
  • 1 sendok teh garam
  • 1/4 sendok teh merica bubuk
  • 4 siung bawang putih, goreng lalu haluskan
  • 20 butir telur puyuh rebus

Bahan pelapis:
  • 2 butir telur, kocok dengan garpu

Cara membuat :
  1. Di mangkuk, remas-remas tahu dengan tangan sampai hancur, masukkan bahan lain kecuali telur puyuh, aduk rata
  2. Cicipi rasanya dengan cara mengambil sedikit adonan, goreng atau kukus, tambahkan garam atau merica bubuk jika suka
  3. Siapkan kukusan, panaskan hingga air mendidih, siapkan juga cetakan plastik (saya menggunakan cetakan cucing untuk kue mangkok atau kue gandus), olesi dengan minyak tipis saja
  4. Isi cetakan sampai 3/4 penuh, tambahkan telur puyuh sambil sedikit ditekan, biarkan telur puyuh muncul setengah bagian, ratakan adonan disekeliling telur puyuh sambil sedikit ditekan, jika kurang banyak, bisa tambahkan sedikit sampai adonan tahu rata dan rapi
  5. Lakukan hingga adonan habis
  6. Kukus dengan api sedang selama kurang lebih 20 menit sampai matang, keluarkan dari kukusan, dinginkan kemudian keluarkan dari cetakan (keluarkan tahu kukus dari cetakan setelah cukup dingin supaya tahu kukus ini lebih padat jadi tidak berubah bentuk)
  7. Balutkan tahu telur puyuh kukus ini dengan telur kocok, goreng hingga kecoklatan dan garing permukaannya, angkat dan tiriskan
  8. Siap disajikan hangat, dengan cocolan saus sambal, ataupun mayonnaise, atau bisa disantap dengan nasi


Nah semoga resep tahu goreng telur puyuh ini bisa bermanfaat ya, silakan mencoba dan semoga cocok dengan selera....


Selamat mencoba....


NewerStories OlderStories Home

6 comments:

  1. Sudah lama nggak makan telur puyuh mbak, Aku. Kalau beli biasanya ketika pulang ke Lampung dan sebaliknya. Telur puyuh sendiri, tahu pun sendiri. Ew ini malah ama Mbak Monica dijadikan satu,,, enaknya kayak apa ya? Yummy pastinya, :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah enak ini mas...coba deh mas sekali2 cari di penjual kue2 basah pagi hari, biasanya di mana2 ada tahu telur puyuh ini, di Jogja kayaknya ada deh...
      hanya biasanya kalau di penjual kue ya dominan rasa tahunya mas, ga banyak bahan2nya, kalau mau lengkapan dikit ya buat sendiri, he2...bisa suka2 tambahin bahannya

      Delete
  2. enak buat cemilan sore saat berbuka puasa

    ReplyDelete
    Replies
    1. he eh mas, cocok juga neh buat cemilan berbuka puasa...

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Silakan kalau mau mempromosikan blog/website, gunakan komentar dengan nama atau nama blog/website dan url, tetapi komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.