Asam Pedas Nanas Ikan Kembung



resep asam pedas nanas ikan

Kalau bicara asam pedas, hulala sudah banyak juga neh resep asam pedas yang saya buat dan sudah saya posting di blog ini. Secara memang sampai saat ini asam pedas adalah salah satu masakan yang juga menjadi favorit saya. Nah kali ini saya mau share resep asam pedas nanas ikan kembung.

Resep asam pedas ikan kembung ini saya buat sebenarnya sudah beberapa waktu yang lalu, biasalah ya resep yang ngendon di draft, jadi kalau tidak segera dikeluarkan bisa berjamur he he he... bisa cetian-- hmmm ada yang tahu istilah ini tidak? ceti-an... itu kalau di Palembang ceti-an itu biasa digunakan untuk istilah jamur-jamur kecil pada pakaian. Biasanya kalau dulu itu kan belum ada mesin cuci neh.. nah kalau hujan biasanya memang rentan pakaian berjamur.

Sebenarnya itu saya kenal istilah ceti-an dari teman depan rumah, padahal dulu itu saya masih cukup kecil tapi selalu ingat sampai sekarang tentang ceti-an ini. Jadi ceritanya teman depan rumah ini punya seorang nyai-sebutan nenek di Palembang ya... nah kalau kakek sebutannya yai. Nah saya pernah dan sering malah lihat nyai ini menjemur pakaian yang masih bersabun, hal yang tidak lazim dilakukan di keluarga saya.

Saya pun bertanya kepada teman saya, tuh nyai kenapa jemur pakaian masih bersabun banyak begitu? oh itu namanya kelantang begitu jawab teman saya, jadi memang sengaja..buat menghilangkan ceti..banyak pakaian ceti-an. Apa tuh ceti? ceti itu jamur kecil-kecil pada pakaian yang berwarna hitam, jadi ada titik-titik hitam pada pakaian, begitu lanjut teman saya. Oalah..jadi pakai bernoda kecil-kecil hitam itu ceti namanya ya.. edisi baru tahu kala itu. Nah setelah pakaian bersabun dijemur sampai kering kemudian dicuci seperti biasa.

Oh iya berbicara tentang si nyai ini, selalu ingat kalau di belakang rumahnya kan banyak tuh pohon rambutan, jadi biasanya kalau pohon rambutan berbuah mulai deh anak-anak kecil di sekitar rumahnya, termasuk saya dan tentunya cucu-cucunya juga he he he berburu rambutan.. dan biasanya curi-curi waktu kalau si nyai tidak ada. Dan memang kala itu si nyai merupakan sosok yang sangat ditakuti oleh anak-anak.

Dulu itu halaman belakang rumah nyai terasa sangat luas sekali, ada pohon rambutan, kelapa, pisang dan bahkan juga pohon cengkeh. Karena iseng terkadang bosan, kamipun suka memetik cengkeh dan suka sampai digigit tuh cengkeh, berasa sepat dan panas, he he he tahu sendiri kan rasanya cengkeh. Tapi sekarang halaman belakang tersebut kok terlihat sangat kecil ya... tapi sekarang halaman belakang tersebut sudah menjadi lahan satu buah rumah dan satu buah sekolah. Tapi tetap rasanya tidak seluas ketika masih kecil dulu.

Selain itu halaman belakang rumah nyai menjadi tempat favorit juga bermain petak umpet, bermain bentengan, boi-boian atau kalau kami dulu menyebutnya scooby doo (permainan di mana pecahan genting atau marmer disusun tinggi kemudian dilempar dengan bola), kelereng (kami menyebutnya ekar), engrang (dulu kala musim engrang hampir semua anak kecil jago bermain engrang, kecuali saya.. hanya bisa beberapa langkah saja), lompat tali (atau kalau dulu kami menyebutnya main yeye), engklek atau istilah kami dulu cak engkleng, kasti dan beberapa permainan lainnya yang lain..

Kalau bicara permainan masa kecil dulu memang berbeda ya dengan generasi jaman sekarang, anak-anak sekarang sudah pandai semua dengan gadget, jari-jari mereka sudah sangat lentur memainkan gadget. Tidak pernah lagi saya melihat anak-anak bermain seperti dulu, ya beda generasi beda permainan.

Halah... malah ngelantur deh... yuk ah langsung ke resep... berikut resepnya, silakan..

Asam Pedas Nanas Ikan Kembung

Bahan :
  • 3 ekor ikan kembung
  • 1 buah jeruk nipis ukuran besar
  • 1 buah nanas ukuran kecil berat kurang lebih 500gr, kupas, potong-potong
  • 2 butir asam kandis
  • 1 batang serai, ambil bagian putihnya, memarkan
  • 5 lembar daun jeruk
  • 2 lembar daun salam
  • 1 lembar daun kunyit, sobek-sobek
  • 1 sendok teh garam
  • 600 ml air
  • 1 sendok makan minyak untuk menumis

Bumbu halus :
  • 8 butir bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 2 cm jahe
  • 2 cm kunyit
  • 1 cm lengkuas
  • 2 sachet terasi
  • 15 buah cabai merah kering, rendam dengan air panas sampai lunak, tiriskan

Cara membuat :
  1. Bersihkan ikan, potong 2, kucuri dengan air jeruk nipis, diamkan kurang lebih selama 15 menit
  2. Tumis serai, daun-daunan sampai daun berubah warna, masukkan bumbu halus, tumis hingga harum dan kering
  3. Masukkan asam kandis, tambahkan air, aduk rata, masukkan nanas dan ikan, masak hingga matang, beri garam, aduk rata
  4. Cicipi rasanya, angkat dan siap dihidangkan


cara buat asam pedas nanas

Nah semoga resep asam pedas nanas ikan kembung ini bisa bermanfaat ya, silakan mencoba dan semoga cocok dengan selera ya...


Selamat mencoba...


NewerStories OlderStories Home

0 comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.