Beberok Terong Khas Lombok



resep beberok terong

Hai...di hari Senin yang cerah ceria di Batam ini, saya mau share resep beberok terong khas Lombok. Nah kalau bicara makanan satu ini, ternyata menu satu ini juga cukup terkenal ya selain plecing kangkung, sate ampet dan juga ayam bakar taliwang.

Dan ternyata memang saya cocok sekali, ahay... dengan masakan begini, pedasnya mantap.. Nah jadi ceritanya beberapa waktu yang lalu kami jalan ke sebuah mall di Batam, Nagoya City Walk namanya. Sudah dua kali ke sini, hanya waktu pertama kali terlalu pagi, jadi masih banyak yang belum buka. Kali kedua agak siang, pas juga... setelah bermain di wahana permainan di sana, jalan-jalan cari makan, eh nyangkut di rumah makan ayam taliwang.

Hulala... jadi mampir deh dan memesan menu khas rumah makan ini. Selain tentu saja menu ayam bakar taliwang, yang ini tentu tidak saya lewatkan, saya juga memesan beberok terong. Baru pertama kali makan beberok terong ini, secara di rumah makan ayam taliwang dekat rumah tidak ada beberok terong. Dan setelah makan beberok terong...saya suka..saya suka..

Ya namanya makan di restoran ya, porsinya sedikit deh, jadi bertekad mau coba buat sendiri di rumah. Tapi tidak bisa segera terlaksana, secara salah satu bahan tidak ada di kulkas, ke pasar juga bahan tersebut kosong... what... begini deh ya... kadang bahan yang saya cari suka sekali kosong. Besoknya lanjut lagi cari, masih kosong juga... akhirnya setelah keliling pasar, ada juga satu penjual yang ada stoknya... bahan apakah itu? bisa tebak? he he he... benar.. kencur... heran juga saya, kalau saya tidak cari, tuh kencur melimpah stoknya. Ini sampai kencur yang kering pun tidak ada.

Ah tapi lega, bisa juga akhirnya membuat beberok terong ini, setelah H2C juga dengan bahan terong hijau, yang memang tidak selalu ada di pasar dan tidak semua penjual sayur jual terong hijau bulat begini. Akhirnya.... tada...

Nah yang namanya buat sendiri, tentu saya perbanyak porsi terongnya, kalau bapaknya Sophie katakan saya terlalu pemurah dengan terong hijaunya. Lah namanya buat sendiri, dimakan sendiri ya puas-puasin deh ya..

Kalau dari segi penampilan, agak berbeda nih dengan yang dijual di rumah makan taliwang tersebut, kalau di sana, bumbunya diulek kasar, pun tomatnya masih besar-besar potongannya, tidak halus. Karena saya ceritanya malas mengulek, jadi saya gunakan saja blender. Mengenai rasa, cucok deh dengan selera saya, sedikit lebih pedas komentar bapaknya Sophie.

Jadi cukup puas deh bisa membuat beberok terong sendiri, berikut resep yang saya buat ya... yang tertarik dengan resepnya... ini dia.. silakan...

Beberok Terong Khas Lombok

Bahan :
  • 10 buah terong hijau bulat
  • 1 buah jeruk limau ukuran sedang

Bahan sambal :
  • 10 butir cabai merah keriting
  • 5 butir cabai rawit merah
  • 5 butir bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 5 cm kencur (sesuaikan dengan selera)
  • 2 sachet terasi @5gr
  • 1 buah tomat ukuran besar, potong-potong
  • 2 sendok makan minyak 
  • 1 buah jeruk limau ukuran sedang
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1/2 sendok teh gula

Cara membuat :
Potong memanjang terong hijau, kucuri dengan air jeruk limau, aduk rata, sisihkan. Goreng terasi dan tomat sampai harum dan tomat mulai lunak, masukkan ke dalam blender berikut duo bawang, cabai, kencur, garam dan gula, blender dengan sedikit air sampai cukup halus, tuangkan ke dalam mangkuk berisi potongan terong, beri air jeruk limau, aduk rata, cicipi rasanya, tambahkan apa yang dirasa perlu. Siap disajikan.


Catatan : jika tidak menggunakan blender, haluskan duo bawang, cabai dan kencur, serta tomat dan terasi bakar, beri garam dan gula, lalu tuang dengan minyak panas, aduk rata, kucuri dengan jeruk limau, aduk rata, tuangkan ke mangkuk berisi potongan terong, siap disajikan.


resep beberuk terong khas lombok

Nah semoga resep beberok atau beberuk terong khas Lombok ini bisa bermanfaat ya, silakan mencoba dan semoga cocok dengan selera...


Selamat mencoba...


NewerStories OlderStories Home

4 comments:

  1. siang siang liat ginian jadi ngiler bener deh. Apalagi jeruk limaunya itu. Asli bikin kemecer hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. ha ha ha iya mba... nih lihat ginian lagi rasanya pengen makan lagi... besok mau buat lagi ah..

      Delete
  2. Seger ya mbak monic....jd ngiler hehehe

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.