Memasak Dengan Bumbu Dasar : Sup Ayam Macaroni & Jamur Enoki



resep sup ayam macaroni enoki

Halo...berjumpa kembali ya dengan saya, cihuy... nah kesempatan kali ini saya ingin mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri ya bagi semua pembaca Monic's Simply Kitchen, mohon maaf lahir dan batin.

Nah di hari kedua Lebaran ini, apakah masih di kampung halaman tercinta neh? tentu sibuk dengan handai taulan semua ya, wah senangnya. Berbagi kecerian dengan sanak saudara, teman dan sahabat. Bagaimana perjalanan mudiknya, wah tentu seru ya...semoga nanti balik ke tempat semula tanpa hambatan yang berarti ya, dimudahkan sampai tiba di rumah kembali, bisa kembali lagi beraktifitas seperti sedia kala. Bagi yang tidak bisa mudik, sabar ya semoga di tahun depan bisa mudik juga.

Kali ini saya posting resep yang lagi-lagi resep draft, resep yang saya buat dengan menggunakan bumbu dasar yang sudah saya buat sebelumnya. Nah memang memasak dengan bumbu dasar lebih berasa praktis, proses mempersiapkan bumbu bisa dilewati. Kali ini saya posting resep sup ayam macaroni dengan jamur enoki. 

Menu ini rasanya tentu lebih segar ya, dan cocok dinikmati kala sudah bosan dengan masakan bersantan khas Lebaran, sebut saja opor, rendang, gulai, sayur santan dll. Jadi sup ini rasanya ringan dan tentunya tidak begitu berlemak.

Nah yang tidak punya stok bumbu dasar, tetap bisa memasak sup ini, bumbunya hanya bawang merah, bawang putih dan merica. Jadi untuk 1 porsi sup ini, bisa menggunakan kurang lebih 5 butir bawang merah, 3 siung bawang putih dan 1/4-1/2 sendok teh merica bubuk.

Okeh deh, daripada kelamaan, berikut langsung ke resep ya...

Sup Ayam Macaroni & Jamur Enoki
lihat resep bumbu dasar di 4 bumbu dasar

Bahan :
  • 600 gr dada ayam dengan tulang tanpa kulit
  • 1 buah jeruk nipis
  • 2 buah wortel ukuran sedang, kupas potong melintang setebal kurang lebih 1cm
  • 2 buah kentang ukuran sedang, kupas potong-potong
  • 50 gr macaroni kering
  • 15 butir telur puyuh rebus
  • 50 gr jamur enoki, bersihkan, pisah-pisahkan
  • 1 batang daun bawang, iris, sisakan sedikit untuk taburan
  • 3 batang daun seledri, iris, sisakan sedikit untuk taburan
  • 3 sendok makan bumbu dasar bawang
  • 1500 ml air
  • 2 sendok makan kecap ikan, tambahkan jika dirasa kurang
  • 1/4 sendok teh merica bubuk, jika dirasa kurang rasa mericanya

Cara membuat :
  1. Cuci bersih ayam, kucuri dengan air jeruk nipis, diamkan selama kurang lebih 20 menit, bilas
  2. Siapkan air di panci, masukkan dada ayam, berikut wortel dan kentang, masak hingga ayam matang, keluarkan ayam dari panci, diamkan hingga hangat, suwir-suwir dan masukkan kembali ke dalam air rebusan berikut tulang-tulangnya, biarkan kembali mendidih, kentang dan wortel sudah lunak
  3. Masukkan bumbu dasar bawang (atau bumbu halus bawang merah, bawang putih dan merica)
  4. Tambahkan telur puyuh, daun bawang dan daun seledri, tambahkan juga kecap ikan, aduk rata, cicipi rasanya, tambahkan juga merica bubuk jika dirasa kurang
  5. Masukkan macaroni, biarkan macaroni hingga aldente, lalu sesaat sebelum diangkat masukkan jamur enoki
  6. Sajikan sup dengan taburan daun bawang, daun seledri, dan juga bawang goreng

resep sup ayam bumbu dasar

Nah semoga resep dengan bumbu dasar ini yaitu sup ayam macaroni dan jamur enoki ini bisa bermanfaat ya, silakan mencoba dan semoga cocok dengan selera ya...


Selamat mencoba...



NewerStories OlderStories Home

2 comments:

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Silakan kalau mau mempromosikan blog/website, gunakan komentar dengan nama atau nama blog/website dan url, tetapi komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.