Resep Burger Tempe



resep burger tempe

Nah ini dia hasil eksekusi resep burger dengan homemade burger bun yang saya buat, inilah resep burger tempe. Pilihan kali ini adalah menggunakan tempe sebagai pattynya. Secara memang kebetulan ada stok tempe juga.

Malam sebelumnya sempat ke pasar kaget, beli cabai merah dan sekalian beli tempe. Nah bicara pasar kaget, saya terkadang suka ke pasar kaget kalau saya sedang malas ke pasar waktu pagi atau siang. Karena memang pasar kaget ini adanya sore sampai malam hari. Biasanya saya ke pasar kaget ini sekitar jam 7 atau 8 malam, what... malam sekali kakak ke pasarnya.

Kalau dari segi harga, memang sedikit lebih murah saja, terkadang malah sama saja untuk harga-harga bahan tertentu. Hanya sensasi belanja malam hari itu yang beda, he he he..Pasar kaget ini ramai pengunjung juga, dan sering macet juga di jalanannya. Secara memang pasar kaget ini di sepanjang jalan dan jalan tersebut adalah jalan akses ke beberapa perumahan sekitar.

Nah kembali ke burger tempe ini, pada dasarnya resep burger tempe ini miriplah ya dengan resep steak tempe, beda-beda tipislah. Dan rasanya bagaimana, enak? enak donk, Sophie saja doyan he he he... Jadi ketika saya buat burger ini, saya hanya membuat 2 buah saja, buat saya dan bapaknya. Nah saya tanya Sophie mau? ternyata dia mau, dan biasanya dia tidak suka selada dan tomat, karena lihat saya dan bapaknya makan, eh mau juga pakai tomat dan selada, selain keju dan patty tempe tentunya, minus bawang bombay dan saus.

Tetapi karena ukurannya cukup besar, dia kesulitan makannya. Jadi deh saya harus bantu, roti ditekan sedikit dan dia tinggal mangap, mangap yang lebar ya Pipi ha ha ha... tapi kasihan juga deh lihat dia mangap begitu, dia itu maunya  dari bawah sampai atas harus masuk semua. Tapi apa daya mulut terlalu kecil. Jadilah akhirnya saya potong-potong saja tuh burgernya, jadi kehilangan cara enak menikmati burger deh he he he...

Nah kalau mau membuat burger ayam atau burger daging sapi sendiri, boleh klik kedua link tersebut ya. Untuk sausnya sendiri kali ini saya menggunakan campuran mayonnaise, saus sambal, saus tomat dan mustard. Mayonnaise yang ini saya beli saja, yang mau buat sendiri, boleh lihat resep mayonnaise homemade tanpa telur.

Bicara mengenai saus burger tempe ini, silakan gunakan saus sesuai selera saja ya, tidak ada mayonnaise dan mustard, tidak masalah, pakai saus sambal dan saus tomat saja sudah enak kok.

Okey deh berikut resep burger tempenya ya...silakan...

cara membuat burger tempe


Burger Tempe

Bahan :
  • 6 buah burger bun, lihat cara membuat homemade burger bun
  • 6 buah patty tempe
  • 6 lembar daun selada
  • 2 buah tomat ukuran sedang atau 1 buah ukuran besar, iris bundar tebal kurang lebih 3mm
  • 1 buah bawang bombay ukuran besar, iris bundar tebal kurang lebih 3mm, lepaskan masing-masing sehingga membentuk cincin
  • saus burger secukupnya


Patty Tempe
untuk 7 buah

Bahan :
  • 250 gr tempe, potong-potong lalu kukus sampai lunak, kemudian haluskan
  • 150 gr daging ayam bagian dada tanpa kulit dan tulang, cincang
  • 5 sendok makan tepung panir/tepung roti kasar
  • 2 butir telur ukuran kecil
  • 1 buah bawang bombay ukuran sedang, potong kotak kecil
  • 4 siung bawang putih, memarkan lalu cincang
  • 1/4 sendok teh merica bubuk
  • 1/2 sendok teh garam

Cara membuat :
Campur semua bahan, aduk rata dengan tangan sampai didapatkan adonan yang padat dan menyatu. Panaskan teflon, beri sedikit minyak ambil sedikit adonan, masak dan cicipi rasanya, tambakan apa yang dirasa kurang. Setelah pas bagi adonan menjadi 6 atau 7 bagian, bentuk pipih. 
patty tempe
Tambahkan lagi minyak ke dalam teflon kurang lebih 1 sendok makan, masukkan adonan burger, tutup, masak dengan api kecil hingga bagian bawah kecoklatan, balik, tutup kembali dan masak hingga matang. Angkat dan lakukan sampai habis.
memasak patty tempe


Saus Burger

Bahan :
  • 3 sendok makan mayonnaise
  • 1/2 sendok makan mustard
  • 2 sendok makan saus sambal
  • 2 sendok makan saus tomat

Cara membuat : campur semua bahan, aduk rata


Penyelesaian :
Ambil burger bun, bagi 2 dengan pisau roti, susun bahan pelengkap burger, urutan sesuai selera saja, siap dinikmati

resep burger tempe buatan sendiri

Nah semoga resep burger tempe buatan sendiri ini bisa bermanfaat ya, silakan mencoba dan semoga cocok dengan selera ya...


Selamat mencoba....



NewerStories OlderStories Home

2 comments:

  1. Terimakasih untuk resep nya kak, tertarik dan ingin dicoba. Mudah2an saya berhasil membuat nya. Wish me luck kak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih juga mba Maria sudah mampir dan berniat mencoba resep ini, semoga berhasil ya dan cocok dengan selera.. selamat mencoba

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Silakan kalau mau mempromosikan blog/website, gunakan komentar dengan nama atau nama blog/website dan url, tetapi komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.