Resep Spiced Apple & Banana Cake



resep cake apel pisang spekuk

Halo lagi... kali ini saya posting resep spiced apple & banana cake dulu ya, resep cake apel dan pisang dengan berbumbu spekoek. Bumbu spekoek sendiri memang biasanya khasnya digunakan untuk cake lapis legit, menjadikan harum cake yang khas.

Bumbu spekoek sendiri adalah campuran dari kayumanis, cengkeh, pala dan kapulaga. Nah kali ini saya menggunakan bumbu spekoek jadi saja, dalam kemasan, merk koepoe-koepoe. Bumbu ini sangat mudah ditemukan di swalayan, di bagian bahan-bahan kue ya.. atau di toko bahan kue.

bumbu spekoek

Kalau bicara spiced apple & banana cake ini, sebenarnya resep ini sudah cukup lama saya bookmark dari blognya mba Rina Audie - spiced and banana bundt cake. Saya tertarik dengan cake ini karena penggunaan apel dan pisangnya itu loh, jadi banana cake tapi ada tektur apel karena memang apelnya dipotong dadu saja. 

Untuk apelnya sendiri memang bagusnya apel yang teksturnya keras, kalau mba Rina pakai apel manalagi, nah berhubung amat teramat sangat jarang sekali ada yang namanya apel manalagi di Batam ini, jadilah pakai apel yang mudah didapatkan di sini tetapi teksturnya cocok dengan resep ini, apalagi kalau bukan apel granny smith. 

Eh iya bicara tentang apel granny smith ini, tahun 2014 akhir ternyata ada isu apel granny smith dari USA bermasalah dengan ditemukannya bakteri. Hmmmm kalau di Batam, saya sih baru ngeh kalau apel granny smithnya berasal dari Perancis, walaupun mungkin ya, apel granny smith dari USA sudah tidak bermasalah lagi. Nah semoga apel granny smith ini tidak bermasalah lagi ya.. soalnya mana nih apel manalagi... tidak sampai ke Batam.

Wuih kalau ke Batu Malang, apel manalagi bejibun ya... jadi kalau lewat sepanjang jalan ke arah Malang, banyak sekali penjual apel manalagi. Dulu waktu kecil, kalau ke Batu Malang, oleh-oleh pulang ya pasti ada apel manalaginya, manis dan renyah sekali apel manalagi itu.

Selain apel manalagi, adalagi namanya mangga manalagi, nah kalau bicara mangga manalagi, mangga yang ini baru saya rasakan ketika saya tinggal di Surabaya, duh ternyata mangga manalagi itu enak sekali. Dan memang cukup banyak dan murah kalau sedang musimnya.

Okey deh kembali lagi ke cake apel pisang bumbu spekoek ini, ceritanya saya buat cake ini kebetulan ada temannya bapaknya Sophie, nah dari 1 loyang yang saya buat, setengahnya lebih saya beri buat temannya bawa pulang buat anak dan istrinya. Ealah ternyata Sophie doyan, dan sempat protes keesokan harinya karena ketika dia mau cake lagi cakenya sudah habis. Kenapa ibu kasih orang cakenya, pipi suka cakenya? Ya.. kapan-kapan kita buat lagi ya... tapi sampai hari ini belum buat lagi, he he he... namanya juga kapan-kapan ya pi.. tunggu sedang mood datang baru buat lagi.

Nah jadilah hanya sisa 2 potong ini yang masih bisa saya abadikan, dan tentu saja karena masih foto-foto di samping wastafel, tempat terbatas, jadilah fotonya masih seadanya, masih selalu foto dari jarak dekat, supaya dapur berantakan tidak terlihat, he he he... (sampai hari ini tempat di samping wastafel masih favorit saya.. jadi maklum ya kalau foto seadanya saja..)

Oke, tanpa lama-lama lagi, berikut resep spiced apple & banana cake ini ya, izin copy resepnya di sini ya mba Rina, terima kasih loh, lagi-lagi dan lagi saya contek resepnya mba Rina... piss mba..

Resep Spiced Apple & Banana Cake

Bahan :
  • 50 gr mentega tawar (saya gunakan margarin)
  • 50 ml minyak sayur
  • 150 ml homemade buttermilk (140ml susu cair hangat + 10ml jus lemon/jeruk nipis, campur dan biarkan hingga menggumpal kurang lebih selama 10-15 menit)
  • 150 gr gula pasir
  • 2 butir telur utuh
  • 1/4 sendok teh garam halus
  • 250-300gr pisang ambon yang matang, hancurkan kasar (saya gunakan pisang cavendish)
  • 2 butir apel manalagi, kupas, potong dadu (saya gunakan 2 butih apel granny smith tanpa dikupas)
  • 250 gr terigu serbaguna (protein sedang, misal merk segitiga biru atau bola salju)
  • 1 sendok makan tepung jagung/maizena
  • 1 1/2 sendok teh soda kue (saya gunakan 1 sendok teh)
  • 1/2 sendok teh bumbu spekoek (boleh ditambah jika suka aroma yang kuat, - saya gunakan 1 1/2 sendok teh)
Cara membuat :
  1. Siapkan loyang bundt (lubang tengah) diameter 22cm tinggi 8cm. Olesi mentega/margarin dan taburi tepung tipis. Panaskan oven suhu 180 derajat celcius. Sisihkan.
  2. Lelehkan mentega/margarin, masukkan minyak sayur, aduk rata. Tuang ke dalam baskom/mangkuk besar. Menyusul gula pasir, telur, homemade buttermilk dan garam. Aduk rata.
  3. Masukkan pisang dan apel, aduk rata kembali.
  4. Campur terigu, tepung jagung, soda kue dan bumbu spekoek. Ayakkan di atas adonan cair tadi. Aduk menggunakan spatula sampai rata. Jangan overmix. 
  5. Tuang ke dalam loyang dan panggang selama 30-35 menit. Lakukan test tusuk. Jika lidi keluar bersih tandanya sudah matang. Keluarkan dari oven, dinginkan, keluarkan dari cetakan, potong-potong, sajikan.

resep spiced apple & banana cake

Nah semoga resep spiced apple & banana cake ini bisa bermanfaat ya, silakan mencoba dan semoga cocok dengan selera ya....



Selamat mencoba...


NewerStories OlderStories Home

2 comments:

  1. jadi ngeces bener ini. Apalagi potongan apelnya itu, duh...kualat deh eike pada akhirnya wkwkwk....

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya neh, enak cakenya mba, aku aja liat cake ini jadi ngiler lagi.. gawat he he he..

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.