Chocoball Ubi Ungu



resep chocoball ubi ungu

Apa kabar semua? bagaimana hari ini? hari Senin yang indah? he he he... kalau saya biasa saja, hari-hari begitu saja. Nah sejak Sophie sekolah saya makin rajin membuat cemilan buat bekalnya Sophie. Hari ini saya buat chocoball ubi ungu. Setelah sukses membeli ubi ungu, sudah ada yang diolah menjadi puding ubi ungu, nah akhirnya saya kepikiran buat chocoball ini.

Tadi pagi baru berpikir mau buat chocoball ini, secara waktunya tadi cukup mepet, jadi pilih olahan yang praktis saja. Untungnya ubi ungu sudah dikukus sehari sebelumnya, simpan di kulkas dulu. Nah pagi hari baru deh mulai diolah.

Begitu Sophie melihat bulatan ubi ungu, dia tanya, itu mau dioven dulu ya? karena biasanya kalau saya sudah menyiapkan bulatan biasanya proses selanjutnya adalah dioven. Lalu saya katakan itu tidak perlu dioven, nanti kita balut dengan coklat saja. Wah coklat ya, Pipi suka coklat, enak, sweet potato coklat.

Hanya kali ini Sophie tidak mau ikutan sibuk, jadi semua proses saya kerjakan sendiri termasuk memberi taburan gula-gula warna-warni, proses yang sebenarnya menjadi favorit dia. Malas mungkin ya karena masih pagi.

Untuk isian, kali ini saya menggunakan buah anggur kering, beberapa hari sebelumnya beli buah anggur kering ini di salah satu swalayan. Nah ini inisiatif bapaknya Sophie memasukkannya ke dalam kereta belanja. Tapi ternyata Sophie tidak suka dengan buah anggur kering ini.

Oh iya, di campuran adonan ubi ungunya, saya hanya menggunakan susu kental manis, tadinya mau dicampur juga dengan margarin cair, tapi saya malas menambah proses lagi. Dan menurut saya sepertinya kalau diberi margarin cair rasanya lebih gurih, tidak hanya manis. Yang suka boleh menambahkan margarin cair 1 -2 sendok makan, takaran susu kental manis bisa dikurangi sedikit. Tapi sesuaikan lagi dengan adonan ubi ungunya. Yang penting ubi ungunya bisa dibulatkan tanpa pecah tetapi tidak terlalu lembut.


Okey deh, berikut langsung ke resep chocoball ubi ungu ini ya... bisa lihat gambaran prosesnya di chocoball biscuit truffle.


Chocoball Ubi Ungu
untuk 17 buah

Bahan :
  • 375 gr ubi ungu kukus, haluskan (saya gunakan chopper)
  • 4 sendok makan susu kental manis
  • 1-2 sendok makan margarin leleh (kali ini saya tidak pakai)
  • buah anggur kering atau bisa gunakan kismis

Bahan tambahan  :
  • 100 gr dark cooking coklat, lelehkan
  • trimits atau gula-gula warna-warni

Cara membuat :
Campur ubi ungu halus dengan susu kental manis, aduk rata (bisa gunakan tangan bersarung tangan) sambil dipadatkan. Ambil sedikit adonan, pipihkan, beri isian, tutup kembali dan bulatkan, lakukan sampai selesai.

Lelehkan dark cooking coklat, celupkan bulatan ubi ungu sampai semua bagian ubi ungu terbalut coklat, angkat dengan garpu, biarkan sebentar hingga coklat berlebih di bulatan jatuh, lalu letakkan di alumunium foil, beri trimits atau sprinkle sesuai selera, lakukan sampai selesai. Biarkan coklat mengeras.

Jika sudah mengeras, bisa letakkan di paper cup untuk mempercantik penampilan chocoball ubi ungu ini.


chocoball ubi ungu resep


Nah semoga resep chocoball ubi ungu ini bisa bermanfaat ya, silakan mencoba dan semoga cocok dengan selera ya...


Selamat mencoba...



NewerStories OlderStories Home

6 comments:

  1. Wuiiihhhh, ada coklat. Jadi penasaran sama rasanya, soalnya belum pernah cobain ubi dibalut coklat. Tempo hari pernah liat resep juga yang dibentuk kayak Magnum.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayo mba Ima dicobain, biar tahu rasanya, pakai ubi jalar biasa juga enak

      Delete
  2. Kalo adekku bikin nya dari roti reagal yg di tumbuk

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh iya mas, itu juga bisa, biasanya aku juga buat dari biskuit marie, hanya karena ini ada stok ubi ungu, dicobai juga deh buat versi ubi ungunya

      Delete
  3. Halo mba, kenalkan saya vanni. Mba... kalau bikin pakai ubi orange bs khan mba? Trus tahan brp lama & di simpan di kulkas atau suhu ruangan aja?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mba Vanni, salam kenal ya..
      bisa mba pakai ubi jalar orange bisa kok, pakai ubi jalar apa aja bisa, hmmm kalau chocoball ini tidak tahan lama mba, setahannya ubi kukus saja, kalau di suhu ruang, kurang dari sehari mba.. kalau di kulkas, bisa 3 hari-an, kalau mau yang tahan lama, buat yang versi biskuit ya mba... biskuit marie, oreo atau biskuit kelapa

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.