Donat Pisang



resep donat pisang

Berapa hari yang lalu buat donat pisang, secara kok beli pisang berangan cukup banyak, heran juga saya, ketika di penjual buah teralihkan perhatian saya, tidak sadar kalau saya beli pisang berangan sampai 2 sisir, weleh... weleh..

Sampai hari ini pisang tersebut masih ada sisa, tentu sudah dalam kondisi yang amat matang sekali, tinggal diolah lagi menjadi penganan. Aih aih.. rasanya kok saya buat makanan terus ya... entahlah terkadang kalau sedang mood ya begitu, buat makanan terus... mau coba berbagai resep yang sudah lama antri untuk dieksekusi.

Lah kalau malas, waduh boro-boro ya mau..eits tapi sejak Sophie sekolah, saya jadi doyan membuat cemilan nih. Tapi itu juga karena permintaan Sophie sih, jadi sejak sekolah, bekalnya selalu saya buat sendiri, entah kue, nasi ataupun roti. Ya mumpung masih rajin.. malah bagus ya..he he he..

Nah masih dengan resep donat yang tanpa ulen, kali ini saya buat donat pisangnya menggunakan resep donat labu kuning tanpa ulen yang pernah saya buat sebelumnya, hanya sedikit modifikasi saja menyesuaikan dengan jumlah pisang yang saya gunakan.

Adonan ini saya katakan cukup lengket, jadi harus sedia tepung untuk menaburi tangan dengan tepung supaya bisa mengerjakan adonannya. Tetapi tenang, adonan lengket begini akan menghasilkan donat yang empuk lembut.

Tapi kalau dari segi rasa, donat pisang ini malah mirip godok pisang atau bola-bola pisang ya, he he he..sampai-sampai bapaknya Sophie katakan kalau ini godok pisang, tentu yang belum bertoping ya.. dan untuk keperluan foto, hanya 3 buah yang saya beri toping campuran gula pasir, kayumanis bubuk dan sedikit bumbu spekuk. Sisanya dimakan begitu saja polosan, secara memang Sophie dan bapaknya suka yang polosan. Tentu bisa ditebak kalau 3 buah donat bertoping saya yang menghabiskannya sendiri.

Aih tapi rasanya enak, donat dengan topping cinnamon sugar ini, karena saya suka sekali rasanya. Pokoknya jatuh hati dengan resep yang berkayu manis begini. Masih terbayang enaknya menggigit cinnamon roll atau juga cinnamon toast, halah...

Sipp kakak, berikut langsung ke resep ya.. silakan....


donat pisang tanpa ulen

Donat Pisang

Bahan :
  • 100 ml susu cair hangat
  • 2 sendok makan gula pasir
  • 1 1/2 sendok teh ragi instan
  • 250 gr tepung terigu protein tinggi, misal merek cakra kembar atau golden eagle (saya gunakan merek golden eagle)
  • 80 gr tepung terigu protein sedang, misal merek segitiga biru atau bola salju (saya gunakan merek bola salju)
  • 2 sendok makan gula pasir
  • 1/2 sendok teh garam
  • 2 sendok makan margarin leleh
  • 1 kuning telur
  • 170 gr pisang tanpa kulit, haluskan (saya menggunakan pisang berangan, bisa gunakan pisang ambon, pisang cavendish atau pisang manis lainnya)

Topping:
  • butter atau margarin untuk olesan
  • bubuk kayu manis
  • bumbu spekuk
  • gula pasir butiran halus

catatan : untuk topping saya buat sedikit saja dengan takaran 1 sendok makan gula pasir, 1 sendok teh kayumanis bubuk dan 1/4 sendok teh bumbu spekuk

Cara membuat :
  1. Di mangkuk, larutkan gula pasir dengan susu cair hangat, masukkan ragi instan, aduk rata dan biarkan sampai berbuih, kurang lebih 10-15 menit
  2. Di mangkuk ukuran cukup besar, campur tepung, gula pasir, garam, aduk rata, tuangkan larutan ragi, aduk asal rata dengan sendok, masukkan margarin leleh, kuning telur, dan pisang,  aduk rata kembali, bisa gunakan tangan sampai adonan benar-benar tercampur rata, kurang lebih selama 1-2 menit saja
  3. Tutup adonan, bisa dengan serbet, dengan plastik wrap ataupun penutup lainnya, diamkan di tempat cukup hangat, biarkan selama kurang lebih 20 menit, kempiskan adonan dan diamkan lagi selama 20 menit, kempiskan lagi adonan dan diamkan lagi selama 20 menit
  4. Kempiskan lagi adonan, bagi menjadi 20 bagian atau sesuai selera besarnya, bulatkan masing-masing adonan, letakkan di wadah bertabur tepung lalu diamkan kembali selama kurang lebih 10 menit.
  5. Siapkan penggorengan, isi dengan minyak cukup banyak, panaskan dengan api sedang-kecil, ambil satu buah bulatan, dimulai dari bulatan yang dibuat pertama kali, buat lubang di tengah dengan jari dan putar-putar dengan jari sampai terbentuk lubang yang cukup besar atau bisa juga menggunakan sumpit (kalau iseng di mall-mall ada yang jual donat kentang, bisa tuh lihat cara menggunakan sumpitnya)
  6. Goreng sampai kuning kecoklatan, balik dan masak sampai sisi sebaliknya juga kuning kecoklatan, angkat dan tiriskan
    cara buat donat pisang
  7. Dinginkan sejenak, beri topping sesuai selera

Catatan : selama membentuk donat, mulai dari membagi adonan, menimbang dan membulatkan serta membuat lubang di tengah, selalu lumuri tangan dengan tepung karena adonan cukup lengket.


Nah semoga resep donat pisang tanpa ulen yang saya buat kali ini bisa menginspirasi ya, semoga bermanfaat dan silakan mencoba, semoga cocok dengan selera...


resep donat pisang kayumanis


Selamat mencoba...



NewerStories OlderStories Home

0 comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Silakan kalau mau mempromosikan blog/website, gunakan komentar dengan nama atau nama blog/website dan url, tetapi komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.