Puding Ubi Ungu - Monic's Simply Kitchen

Tuesday, August 23, 2016

Puding Ubi Ungu



membuat puding ubi ungu

Beberapa hari yang lalu saya lihat ada ubi ungu yang bagus di pasar, jarang-jarang ada ubi ungu, jadi mampir deh beli ubi ungu, sekilo seharga 12 ribu rupiah. Hmmm beli setengah kilo cukup deh, belum ada ide mau diolah apa. Nah keesokan harinya, si ubi ungu ini masih belum diolah juga, ealah ketika ke pasar kaget, saya lihat ada juga neh ubi ungu lagi, langsung lapar mata, beli sekilo, hargarnya 10 ribu rupiah.

Nah setelah saya periksa si ubi ungu ini tadi malam, yah.. sudah ada tunasnya, he he he.. jadi saya olah dulu yang pembelian pertama, saya kukus saja dulu, nah tadinya mau buat bolu kukus ubi ungu, eits sudah malam, tidak mungkin saya ribut dengan mixer membuat cemilan ini. Mau buat yang tanpa mixer, butuh baking powder, tapi saya sudah mengalami kejadian mengerikan si ubi ungu ini berubah warna jadi kehijauan, boleh lihat penyebab dan percobaan saya tentang si ubi ungu ini di muffin kukus ubi ungu kok hijau?

Akhirnya saya memutuskan buat puding ubi ungu saja, walaupun dulu pernah buat, saya posting resepnya di puding ubi ungu vla vanila.  Saya buat kali ini mirip-mirip, beda tipis saja, saya tidak menggunakan susu cair, tapi saya menggunakan susu kental manis.

Nah pas waktunya, buat malam hari, keesokan paginya bisa dibawa Sophie ke sekolah, kebetulan juga, beli lagi cetakan silikon motif kelinci. Jadi percobaan neh cetakannya digunakan untuk puding, ternyata hasilnya bagus, puding dengan mudah dikeluarkan dari cetakan dengan catatan puding sudah keras sempurna, tinggal ditekan perlahan pudingnya sudah bisa keluar dengan mudahnya, mirip dengan cetakan coklat juga, syarat hasilnya keluar dengan permukaan yang mulus adalah pastikan puding atau coklat sudah keras sempurna. 

Sophie bertanya, ini jelly apa namanya, lalu saya katakan jelly ubi ungu, dia bingung, lalu saya katakan lagi, jelly purple sweet potato, tapi lalu dia bilang puding ini sweet potato grape jelly. Ini warnanya mirip grape, begitu katanya. Ya... yang penting Sophie senang bisa bawa puding kelinci ini. Malah minta bawakan lebih, buat diberi temannya di sekolah.

Untuk resep di bawah, selain menggunakan cetakan silikon, saya juga menggunakan cup plastik. Nah tadinya mau buat vla santan begitu, mirip seperti vla santan pada puding labu kuning vla santan, ealah ternyata tepung maizena saya habis. Mau coba pakai tepung tapioka, tapi kok malas ya.. belum pernah coba, jadi masih belum tahu hasilnya kalau pakai tepung tapioka, jangan-jangan jadi aneh nanti vlanya, he he he...

Tapi tanpa vla juga puding ubi ungu ini sudah mantap rasanya. Jadi yang mau buat tambahan vla, silakan saja, sesuaikan dengan selera saja, mau vla susu atau vla santan, monggo....

Okey deh, berikut langsung ke resep ya... silakan...

Puding Ubi Ungu

Bahan :
  • 200 gr ubi ungu, kupas, potong-potong, kukus hingga matang dan empuk
  • 350 ml air matang
  • 500 ml air matang
  • 80 ml susu kental manis
  • 1 sachet agar-agar bubuk plain
  • 2 sendok makan gula pasir (sesuaikan selera, bisa tambahkan atau kurangkan)

Cara membuat :
Blender ubi ungu bersama dengan air matang sampai halus, sisihkan. Di panci, campur air, susu kental manis, agar-agar dan gula pasir, aduk hingga agar-agar larut. Masak dengan api kecil-sedang hingga panas (muncul uap saja), tambahkan hasil blenderan ubi ungu, aduk hingga tercampur rata, masak hingga mendidih, cicipi rasanya, tambahkan gula jika dirasa perlu. Tuang ke dalam cetakan yang sudah disiapkan. Dinginkan hingga mengeras, masukkan ke dalam kulkas, sajikan dingin.

resep puding ubi ungu

Nah semoga resep puding ubi ungu kali ini bisa bermanfaat ya, silakan mencoba dan semoga cocok dengan selera ya...


Selamat mencoba...



6 comments:

  1. Itu warnanya asli dari ubinya doang ya, nggak ditambahin pewarna lagi ?
    Puding ubi tuh snack yang bikin kenyang ya hihi....

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba warnanya asli ubi ungu, ga pake tambah pewarna lagi, warnanya gitu ya, ungu kebiruan malah kataku..
      he eh mba, kenyang.. makan puding itu kan biasanya ringan ya..tapi puding ubi ungu jadi bikin kenyang he he he..

      Delete
  2. Hmmmmm.... yummy.
    Di tempat saya malah tidak ada penjual ubi ungu, mba. Adanya ubi jalar biasa. Kalau di Makassar banyak, hehehe....

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh iyakah mba Ima? ga ada ya penjual ubi ungu.. di sini walau jarang tapi ada he he he.. jadi ketemu ubi ungu tuh gimana gitu

      Delete
  3. Mba Monic... disini, di Karawang uni ungu sekilo 5rb lo mba.. hehehe..
    Makasih resep nya yahh..
    Novi

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai mba Novi... ih murah ya.. 5 ribu aja.. di sini ubi ungu itu harganya paling mahal di antara ubi jalar lainnya..
      wah kalau 5 ribu bisa beli banyak neh, ceritanya kalap harga murah ha ha ha..
      sama-sama mba.. terima kasih sudah mampir ya mba..

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.
EmoticonEmoticon