Bakmi Mewah ala Monic



bakmi mewah ala monic

Ha ha ha...judulnya terkesan dipaksakan ya? sebenarnya ini sih memang maunya buat bakmi mewah yang instant itu loh, tapi saya buat ala saya saja. Hmm kalau bicara bakmi mewah, hayo siapa yang tidak tahu dengan mie instant ini? Kemasannya menarik, tidak seperti mie instant kebanyakan. Nah sekalinya pernah coba, hmmm enak juga. Ada potongan ayam dan jamur di dalamnya, dan rasanya tidaklah manis, tidak seperti rasa mie ayam jamur begitu.

Tapi memang walaupun di iklannya dikatakan ayam dan jamur asli, ya memang asli sih ada potongan ayam dan jamurnya, tapi di aslinya tidak sama dengan di iklannya. Di aslinya potongannya kecil-kecil, nah beda kalau di iklannya kan... potongannya besar-besar dan sangat menggiurkan. 

Bakmi mewah ini rasa bumbunya bisa saya katakan dominan rasa minyak wijen, hmmm kalau begitu saya coba buat deh sendiri. Sudah lama saya berniat membuat bakmi mewah ini, hanya baru kali ini bisa terlaksana. Nah karena ini versi saya jadi resepnya ala-ala saya ya.. suka-suka saya.. dan setelah saya buat sendiri, hmmm ternyata saya lebih suka mie ayam dengan campuran jamur ini jika berasa manis, diberi tambahan kecap manis yang cukup banyak. Menurut saya malah lebih seimbang rasanya kalau manis, haiyaaa...

Iya sekarang ini kalau untuk ukuran mie tipe begini, sebut saja mie pangsit ataupun mie ayam, saya suka yang lebih manis. Nah di dekat rumah ada 2 penjual mie pangsit yang cukup laris. Yang satu mie pangsitnya dengan tambahan potongan ayam yang dibumbui manis berkecap. Dan satu lagi tidak manis, warna gelap di potongan ayam sepertinya disumbang dari kecap asin saja. Jadi ini termasuk gurih saja tanpa manis.

Nah kalau kami mau makan mie pangsit, saya dan Sophie biasanya beli yang mie dengan ayam manis, dan bapaknya dengan ayam gurih, secara sampai saat ini bapaknya Sophie tidak doyan makanan manis dan berkecap. Dan kalau sudah begini ya mampir dulu beli mie pangsit ayam kecap, lalu cuss lagi ke tempat mie pangsit ayam gurih. Secara walaupun masih di area pasar dan pertokoan yang sama tetapi beda ruko.

Kembali ke bakmi mewah ini, saya buat hanya ingin menjawab rasa penasaran saya membuat bakmi mewah ala-ala ini. Supaya puas, potongan ayam dan jamurnya saya buat besar, dan karena ini versi copycat bakmi mewah, jadi saya juga tonjolkan rasa tajam minyak wijennya. Yang tidak suka boleh kok kurangi minyak wijennya, hanya sedikit buat penambah aroma saja. Dan kembali lagi, kalau suka dengan rasa yang sedikit manis, boleh juga tambahkan kecap manis yang lebih banyak. Tapi jadinya tidak bakmi mewah seperti yang mie instant itu ya... bisa buat yang versi mie ayam jamur shitake dan mie ayam jamur kancing, kurang lebih sama resepnya.

Yang tidak suka dengan minyak wijen, hmmmm berarti pas dulu ya dengan resep ini, he he he...  okey deh berikut resep bakmi mewah ala saya ya.. silakan...

Bakmi Mewah
untuk 2-3 porsi

Bahan :
  • 2-3 porsi mie kuning (saya gunakan mie khusus untuk mie ayam, beli di pasar, atau bisa gunakan mie telur kering, masak hingga lunak)
  • 3 batang sawi hijau, potong-potong
  • 1 genggam tauge

Bahan tumisan ayam dan jamur :
  • 200 gr dada ayam, potong kotak ukuran cukup besar
  • 200 gr jamur kancing kalengan, bagi 2
  • 4 siung bawang putih, cincang
  • 1 buah bawang bombay ukuran sedang, potong kecil
  • 1 sendok makan minyak wijen
  • 1 sendok makan kecap asin gelap (dark soy sauce), atau gunakan kecap asin biasa
  • 1 sendok teh kecap manis
  • 1/2 sendok makan saus tiram
  • 1/4 sendok teh merica bubuk
  • 1 sendok makan minyak untuk menumis

Cara membuat :
  1. Bahan tumisan : tumis bawang putih sampai harum dan keemasan, masukkan bawang bombay, tumis sampai mulai transparan, tambahkan dada ayam, masak hingga berubah warna, masukkan jamur kancing, aduk rata, beri kecap manis, kecap asin, minyak wijen, saus tiram, merica bubuk, aduk rata, masak hingga matang, cicipi rasanya, angkat dan sisihkan
  2. Bakmi mewah : seduh mie, sawi hijau dan tauge, angkat dan tiriskan, letakkan di piring saji, beri tumisan ayam, tambahkan irisan cabai rawit atau sambal cabai rawit, siap dinikmati.


bakmi mewah ala ala

Nah semoga resep bakmi mewah ala-ala saya ini bisa bermanfaat ya, silakan mencoba dan semoga cocok dengan selera ya...


Selamat mencoba...


NewerStories OlderStories Home

6 comments:

  1. Seneng tiap hari mampir ke sini selalu ada aja resep2 baru mba Monic. Tiap hari lho mba aq mampir nungguin resep mba monic...haha. Bnyk yg dibookmark tp bnyk jg yg blm sempat dieksekusi. Mba Rina Audi jg salah satu foodie blogger fave aq mba.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wakakak... semoga tetap rajin ya mba saya-nya, ya walaupun terkadang malas sekali buat posting resep, padahal itu di draft blog sudah ada yang pada antri nunggu giliran tayang...he he he.. belum lagi foto-foto yang minta segera dimasukkan ke draft, aihh.. eits kalau bicara bookmark, tosss mba... banyak sudah yang dibookmark tapi banyak juga yang belum dieksekusi ha ha ha... mba Rina Audie, wah kalau resepnya mba Rina sudah berapa ya yang saya eksekusi, mulai mengingat-ingat tapi lupa, yang jelas banyak ha ha ha... belum lagi resep yang dibookmark,yang sampai hari ini belum juga saya buat, itu sosis solonya mba Rina, belum juga saya buat ha ha ha... resepnya mba Rina simple jadi enak ngikutinnya... ya kan mba..belum lagi orangnya ramah... haih haih... colek mba Rina dulu hi hi hi..

      Delete
  2. Selera kita sama, mba Monic. Saya juga suka mie ayam yang manis.

    Liat foto mba Monic jadi ngiler saya, padahal belum boleh makan mie instan. Ya sudah, hanya bisa menelan ludah, hehehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. toss mba Ima, enak ya kalau mie ayam manis itu...
      ha ha ha... sabar ya... ga sampai sebulan lagi kan...

      Delete
  3. Hiyaaaaa....eikeh punya fans rahasia ternyata hahahaaaa.....pada ngerumpiin dirikuh yah hahahahaaaa....
    Ih jadi kemecer liat bakmi mewahnya. Pingin bikin mie ayam sendiri kalo lihat ginian. Belum pernah bikin sendiri nih. Soalnya di dekat rumah ada penjual mie ayam yang cocok dengan lidah orang serumah. Manis juga....

    ReplyDelete
    Replies
    1. ha ha ha.. iya neh pada ngerumpiin mba Rina di sini, gimana kuping panas ga?
      iya mba kalau ada yang cocok rasanya malas kayaknya buat sendiri ya.. gampang beli..

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Silakan kalau mau mempromosikan blog/website, gunakan komentar dengan nama atau nama blog/website dan url, tetapi komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.