Bento #2 : Hello Kitty



membuat bento hello kitty

Masih edisi bento neh, ini bento #2 : Hello Kitty, maunya sih bentuk hello kitty ya, tapi bentuknya belum bagus euy, haiya... tapi tidak masalah, secara Sophie sudah tersenyum lebar melihat bekal hari ini, itu sudah cukup, next time saya mau coba buat yang lebih bagus, lebih rapi dan lebih variatif. Namanya juga belajar ya kan.. bertahap.. he he he...

Kalau Sophie bukan menyebutnya hello kitty, tapi kitty halo, sejak dia mulai kenal karakter, dia dari dulu menyebutnya begitu, begitu sudah mulai besar, tetap saja kitty halo, dikoreksi oleh kami tetap tidak mau, dia bilang dia suka kitty halo, ya sudahlah nak...halah...

Membuat bento kali ini, masih ya bekal dari wara-wari di dunia maya, lihat sana-sini, entah berapa yang sudah saya lihat, hmmm akhirnya kembali lagi kepada selera masalah bentuk, makanan pendamping nasi serta susunan di wadah makanan, kalau yang ini kembali lagi kepada selera. 

Masih tanpa peralatan bento, hanya menggunakan gunting, cookie cutter, spuit butter cream, pisau, jadilah bentuk bento ala kadarnya yang saya buat. Nah kali ini saya membuat bento ini dengan susunan nasi, chicken teriyaki yang dicampur buncis, tumis fusilli yang dicampur sayuran beku campur dan potongan kecil dada ayam, rebusan wortel dan brokoli, lagi? yup.. masih awal jadi belum bisa lepas dari brokoli dan wortel. Lalu ada telur puyuh rebus yang saya hias sedikit dengan memberi potongan wortel rebus di bagian atasnya dan memberi mata dan mulut dengan saus teriyaki.

Belum punya nori punch sih, jadi untuk mata ukuran kecil susah membentuknya hanya dengan gunting, hmmm mungkin nanti ke depan saya bisa membeli nori punch ini. Jadi lebih mudah... Untuk membentuk pita hello kitty saya menggunakan keju slice pink. Kebetulan di kulkas ada keju ini, merk prochiz, dimanfaatkan saja deh.

Untuk membentuk pita hello kitty, hanya membutuhkan spuit atau kalau ada gunakan cookie cutter lingkaran kecil, sesuaikan dengan ukuran kepala hello kittynya juga. Jadi bentuk 3 bulatan, lalu 2 bulatan dipotong juga dengan spuit tersebut sedikit di ujungnya, lalu baru deh disatukan dengan bulatan utuh, jadilah bentuk pita.
membentuk bow hello kitty

Untuk membentuk telur puyuh karakter, beri mata dan mulut dengan saus teriyaki atau bisa gunakan kecap, bentuk dengan menggunakan tusuk gigi atau tusuk sate. Nah di bagian atasnya telur puyuh diiris dengan pisau kurang dari setengah, lalu selipkan potongan wortel rebus, tada... mudah kan..
karakter telur puyuh
telur puyuh karakter
telur puyuh untuk bento
telur puyuh karakter 2
memberi karaktek telur puyuh
telur puyuh karakter 3

Membentuk nasinya sama dengan cara membentuk bento baymax, siapkan plastik wrap, isi dengan nasi yang diambil langsung dari rice cooker, tutup lalu padatkan sambil dibentuk menyerupai kepala hello kitty, ingat untuk membentuk telinganya sekalian ya...

Lalu jangan lupa, masih dalam kondisi terbungkus, letakkan di wadah makanan, kira-kira di mana akan diletakkan, sudah direka-reka juga susunan bahan-bahan pendamping lainnya. Oh iya sebelum memulai membentuk bento ini, sudah direka ya bahan-bahan yang akan disiapkan, sayuran, buah dan lauk pauknya jadi sudah ada bayangan posisi masing-masing bahan di wadah makanan.

Sippp, berikut saya cantumkan resep chicken teriyaki dan buncis ya dan juga tumisan fusilli simple yang saya buat... ini dia...

Ayam & Buncis Teriyaki

Bahan :
  • 50 gr dada ayam, potong-potong
  • 5 batang buncis, potong-potong
  • 1/2 buah bawang bombay ukuran kecil, potong kecil
  • 2 siung bawang putih, cincang
  • 1 sendok makan saus teriyaki
  • 1 sendok teh dark soya sauce/ kecap asin warna gelap, atau bisa gunakan kecap asin biasa
  • 1/2 sendok makan minyak untuk menumis

Cara membuat :
Tumis bawang putih sampai harum dan keemasan, masukkan bawang bombay, tumis sampai mulai transparan, masukkan dada ayam, masak hingga berubah warna, tambahkan buncis, aduk rata, tambahkan saus teriyaki dan kecap asin, aduk rata, masak hingga matang, cicipi rasanya, angkat dan sisihkan, siap untuk disusun di wadah bento.


Tumis Fusilli

Bahan :
  • 30 gr fusilli, masak sampai aldente
  • 30 gr dada ayam, potong kecil
  • 2 siung bawang putih, cincang
  • 1/2 buah bawang bombay ukuran kecil, potong kecil
  • 1 genggam sayuran beku campur, lihat cara membuat sayuran beku campur di homemade frozen mixed vegetables
  • 1/4 sendok teh garam
  • 1/8 sendok teh merica bubuk
  • 1/2 sendok makan minyak untuk menumis

Cara membuat :
Tumis bawang putih sampai harum dan keemasan, masukkan bawang bombay, tumis sampai mulai transparan, masukkan dada ayam, masak hingga berubah warna, tambahkan sayuran beku campur, tambahkan garam dan merica, masak hingga matang, cicipi rasanya, angkat dan sisihkan.


Menyusun Bento Hello Kitty :
Susun nasi yang sudah dibentuk kepala hello kitty, lepaskan plastik wrapnya, letakkan di wadah. Beri mata dan kumis dengan nori yang sudah dibentuk. Beri hidung berupa jagung rebus. Beri pita berupa keju slice. Lalu susun chicken teriyaki dan pasta serta telur puyuh, buah dan brokoli sesuai selera.


resep bento hello kitty

Nah semoga cara membuat Bento #2 : Hello Kitty ini bisa bermanfaat walaupun bentuknya masih acak adut... he he he... semoga tetap bisa memberikan inspirasi...


Selamat mencoba...




NewerStories OlderStories Home

10 comments:

  1. Aiiihh...rajin bgt mama nya sophie. Untung anak qu gk minta bento mba. Soalnya aq gk telaten bikin kyk begini. Oiya...sekali2 sophie difotoin donk mba pas lg menikmati masakan mama nya heheee. -Rini @Medan

    ReplyDelete
    Replies
    1. he he he... iya mba Rini, ini kerajinan emaknya Sophie padahal Sophienya juga ga minta sih, dasar emaknya aja ha ha ha... ya mumpung masih mood mba..
      he eh mba sekali sekali ntar difotoin deh Sophie-nya..
      terima kasih mba Rini sudah sering mampir ke sini ya.. bagaimana kabar keluarga mba?

      Delete
  2. Saya juga mau kalau dibuatkan bekal secantik ini. Suka deh liat fotonya, pasti rasanya juga enak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. he he he iya mba Ima, kalau dibuatkan enak ya rasanya tinggal santap..
      he eh rasanya enak sesuai selera saya mba.. ga tau deh kalau selera mba Ima ha ha ha...

      Delete
  3. Hadeuh kalau saya di kasih bekal makanan kaya gitu gak bakal di makan da soalnya saya sama desain dan bentuk nya yang lucu :-) hhe

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas Effendi bisa aja neh... wah kalau ga dimakan malah sayang donk mas ha ha ha...

      Delete
  4. Alhamdulillah sehat mba...oiya, nasi tomatnya enak loh mba. Aq dah coba...

    ReplyDelete
    Replies
    1. aih syukurlah mba keluarga pada sehat ya.. oh iyakah mba sudah coba nasi tomatnya? wah senang deh kalau mba Rini suka..

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.