Black Forest Pudding



resep puding black forest

Jiahhh akhirnya keturutan juga membuat black forest pudding ini, setelah sekian lama, akhirnya... padahal kalau dari segi bahan dan cara membuat sih sederhana saja, lalu semua bahan sebenarnya ada semua di dapur saya, tapi mengapa ya tertunda terus? again... why?

Nah yang namanya puding black forest, tentu bagus kalau gelap warnanya ya.. jadi sedikit lebih gelap kalau kita perhatikan dibandingkan dengan puding coklat ala KFC seperti yang pernah saya posting sebelumnya. Hmmm kebetulan neh saya pas beli coklat bubuk di toko bahan kue yang warnanya sangat gelap, merek Elmer.

Biasanya kalau coklat bubuk, saya seringnya menggunakan merek tulip, berhubung sedang kehabisan, jadi si koko di tbk menyarankan 2 jenis coklat bubuk, kalau untuk mendapatkan warna gelap Elmer ini juaranya dan kalau untuk rasa creamer bolehlah, begitu deh, jadi kalau mau dapatkan warna dan rasa gabungkan kedua jenis coklat bubuk ini. Tapi untuk membuat black forest pudding ini saya menggunakan coklat hitam elmer saja, secara dari segi aroma sih sudah enak si elmer ini dan saya sedang ingin membuat puding yang lebih gelap warnanya.

Hmmm kalau enaknya neh si puding black forest ini dihias cream juga, dan cocoknya kalau puding ya menggunakan whipped cream. Walaupun ada stok whipped cream bubuk di dapur, tapi kembali lagi, saya malas... akhirnya saya hias dengan cherry merah saja, yang tidak bertangkai, 1/4 bagian pula saya gunakan ck ck ck... yang penting ada hiasannya saja he he he....

Dari satu resep di bawah ini menghasilkan 36 buah cup ukuran kecil seperti tampak pada gambar, banyak juga kan? jadi buat acara apapun yang butuh snack bisa jadi pilihan neh pudding black forest ini. 

Oh iya di resep ini menggunakan kuning telur, nah sayangnya ketika memisahkan si putih dan si kuning, si putih ikut bercampur, alhasil ketika sudah dicampur dengan adonan puding, ulala... ternyata si puding berserabut, halooo kakak... saya tidak mau buat puding karang atau puding lumut ini.. saya tidak butuh serabut telurnya.... akhirnya menambah pekerjaan tambahan, adonan agar-agarnya saya saring dulu sebelum dituang ke cup-cup ini.

Uppps sebelum lupa, saya buat puding black forest ini lihat resepnya di blognya mba Sashy- Sashy Little Kitchen - puding blackforest. Resep ini sumbernya dari mba Sugi Bae. Terima kasih mba Sashy dan mba Sugi atas resep puding blackforestnya. 

Okeh deh, berikut langsung ke resep ya... silakan...

cara buat puding blackforest

Black Forest Pudding
untuk 36 cup ukuran kecil

Bahan :
  • 1 sachet / 7gr agar-agar bubuk coklat
  • 1 kaleng susu kental manis coklat
  • 60 gr dark cooking coklat (saya gunakan 80 gr, tanggung sisa soalnya...)
  • 1200 ml air
  • 1 sendok makan coklat bubuk
  • 2 kuning telur

Cara membuat :
  1. Campur semua bahan kecuali coklat bubuk dan kuning telur, masak sampai mendidih dan dark cooking coklat larut sempurna. 
  2. Tuang 1 sendok sayur larutan agar-agar ke dalam coklat bubuk aduk rata lalu tuang kembali ke dalam larutan agar-agar
  3. Kocok kuning telur sampai rata, tuangi dengan 2 sendok sayur adonan agar-agar, aduk rata lalu tuang kembali ke dalam laurtan agar-agar sambil diaduk rata.
  4. Matikan api hilangkan uap panas, tuang ke cup/loyang (saya saring sebelum dituang ke cup)
  5. Semprotkan whipped cream hias dengan coklat serut dan cherry (saya hanya hias dengan potongan cherry merah)


resep puding blackforest mudah

Nah semoga resep black forest pudding kali ini bisa bermanfaat ya, silakan mencoba dan semoga cocok dengan selera ya...


Selamat mencoba...




NewerStories OlderStories Home

2 comments:

  1. Wow, pakai satu kaleng SKM? Tapi airnya juga banyak jadi sepadanlah. Saya biasanya pakai satu kaleng untuk 2 bungkus agar-agar. Teksturnya gimana, mba? Saya sukanya yang padat, hehehe....

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba pakai satu kaleng skm ini... teksturnya sedikit lebih lembut mba... mirip-mirip puding sutra begitu mba.. kalau mau padat kayaknya bisa pakai 2 bungkus mba untuk resep ini

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.