Chicken Mushroom & Broccoli Frittata



resep fritata ayam jamur dan brokoli

Hari ini posting resep frittata lagi ya, kali ini buat yang chicken mushroom & broccoli frittata, jiah... ya sebut saja frittata isian ayam, jamur dan brokoli ya, he he he... Nah ceritanya masih ya makanan yang dibawa Sophie ke sekolah. Ya lumayanlah, ada sayuran, ada telur juga, jadi cukup mengenyangkan dan tentunya terjamin, secara kan buat sendiri.

Okelah, sampai saat ini saya masih semangat membuat sendiri bekal makanan Sophie, semoga ke depan tetap semangat, secara suka bingung juga kalau beli kan ya... malah bingung kalau beli he he he... untung Sophie ini doyan saja kalau dibuatkan makanan, tidak pernah minta beli kalau untuk bekalnya sekolah... tahu dia kalau emaknya sok rajin buat-buat makanan he he he..

Oh iya, bicara masalah frittata ini, isiannya sih bebas-bebas saja, nah kalau mau buat yang lebih mengenyangkan bisa tambahkan pasta di dalamnya, seperti yang pernah saya buat yaitu frittata macaroni. Sayurannya juga bisa saja wortel, atau sayuran beku campur, atau juga bayam dan sawi, aih pokoknya sayurannya terserah selera kita saja ya.. yang penting anaknya suka..atau bisa juga kalau anaknya tidak suka, potong sayuran dengan ukuran sangat kecil, nah bisa tersamarkan deh bentuknya, jadi anak akan menikmati si frittata ini. Upss tapi ini bukan buat anak kecil saja loh, buat orang dewasa juga cocok, ini saya saja doyan.

Nah kali ini saya tidak menggunakan keju meleleh ya, hanya menggunakan keju cheddar parut saja untuk toppingnya, tapi rasanya sudah cukup gurih kok. Yang suka boleh pakai keju meleleh, mozarela atau quick melt, sesuaikan dengan selera dan ketersediaan bahan saja.

Tapi yang namanya membuat frittata itu sungguh boros telur, jadi kalau telur sedang mahal mungkin perlu dipertimbangkan untuk membuat frittata ini, ha ha ha... ini saja untuk 6 buah frittata seperti gambar menghabiskan 5 butir telur utuh, alamak, seperti buat cake saja ya.. aih tapi masih untunglah ya, setara dengan cake ekonomis, coba kalau setara dengan cake dengan puluhan kuning telur itu... tidak tahanlah yaw...

Okey deh, tanpa lama-lama lagi, berikut resep chicken mushroom n broccoli frittata ini ya, semoga bisa bermanfaat ya... silakan...

fritata ayam jamur kancing dan brokoli

Chicken Mushroom & Broccoli Frittata

Bahan :
  • 50 gr dada ayam, potong kotak kecil
  • 200 gr jamur kancing kalengan, bilas dengan air bersih, potong 2
  • 1 kuntum brokoli ukuran sedang, potong-potong
  • 5 siung bawang putih, cincang
  • 2 butir bawang merah, iris
  • 1/4 sendok teh garam
  • 1/8 sendok teh merica bubuk
  • 1 sendok makan minyak untuk menumis
  • 5 butir telur, kocok
  • 1/4 sendok teh garam
  • 1/8 sendok teh merica bubuk
  • 30 gr keju cheddar parut untuk taburan

Cara membuat :
Tumis bawang putih sampai harum dan keemasan, masukkan bawang merah, tumis hingga berwarna kecoklatan, masukkan potongan dada ayam, masak hingga berubah warna, tambahkan brokoli dan jamur kancing, tambahkan garam dan merica bubuk, masak hingga brokoli mulai berubah warna, tetapi masih renyah ya.. angkat dan sisihkan.
Kocok telur, tambahkan garam dan merica bubuk, kocok kembali hingga rata, sisihkan.
Siapkan wadah alumunium foil, isi dengan bahan tumisan, lakukan sampai habis, tuangkan kocokan telur, taburi dengan keju parut.
Panggang di oven suhu 180 derajat celcius yang sudah dipanaskan sebelumnya. Panggang selama kurang lebih 20-25 menit sampai permukaan kering dan kekuningan, sesuaikan dengan oven dan besar kecil cetakan. Keluarkan dari cetakan dan dinginkan (catatan : begitu keluar dari oven, frittata akan kelihatan sangat mengembang, tetapi akan menyusut ketika sudah mulai dingin).


cara membuat chicken mushroom broccoli frittata

Nah semoga resep chicken mushroom & broccoli frittata ini bisa bermanfaat ya, silakan mencoba dan semoga cocok dengan selera ya...


Selamat mencoba...



NewerStories OlderStories Home

2 comments:

  1. Hhhmmm... Makanan mewah ini, mba Monic. Saya belum pernah coba, rasanya gimana ya?

    Tetap semangat ya mba untuk membuatkan bekal sekolahnya Sophie. ^_^
    Saya penasaran sama bento yang akan mba Monic buat selanjutnya. Ditunggu lho...

    ReplyDelete
    Replies
    1. he he he ga juga kok mba... malah bahannya sederhana, bisa diganti dengan sayuran lain kok mba brokolinya, misalnya bayam atau wortel, buncis dan jagung juga bisa.. jamurnya juga bisa diganti jamur jenis lain
      hmmmm tapi ini pakai telur... masih puasa telur kan mba?
      rasanya sih gurih mba, rasa telur bersayur gitu he he he

      iya neh semangat, terima kasih mba Ima..... bentonya sudah tayang... masih berantakan kayaknya.. masih edisi 4 soalnya, semoga edisi selanjutnya lebih rapi ha ha ha...

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.