Manisan Kedondong


manisan kedondong

Kalau buah yang asam-asam memang enaknya diolah menjadi manisan begini, jadi kalau kedondong ya enak diolah menjadi manisan. Kalau dibuat rujak sih oke juga, hanya untuk saya sendiri, kedondong yang dibuat rujak masih terlalu asam, sama asamnya dengan mangga muda. Mangga muda dan kedondong adalah buah yang saya sisihkan dahulu di rujak, kalau mood saya makan kalau tidak saya biarkan saja, upps satu lagi yang saya tidak suka di rujak adalah jambu air, entalah rasanya saya tidak suka jambu air di rujak.

Nah, manisan kedondong ini sih saya buat ketika Batam sedang panas-panasnya, jadi kala itu ingin makan yang segar-segar. Jadi ini termasuk resep yang sudah ngendon di draft. Secara Batam sekarang lumayan dingin, sudah mulai hujan lagi, hampir tiap hari hujan. Jadi sekarang di jalan komplek rumah berlumpur, secara sedang ada galian gas PGN, ceritanya mau pasang instalasi gas, lebih tepatnya biogas di rumah-rumah. Jadi di tiap rumah sudah mulai dipasang pipa saluran gas, di sepanjang jalan sudah ditanam pipa juga. Pokoknya komplek perumahan di mana saya tinggal sedang dalam kondisi berantakan. Entah kapan selesainya pekerjaan instalasi pipa gas ini.

Nah kembali ke kedondong ini, jadi kedondong bukanlah favorit saya, tetapi setelah diolah menjadi manisan yang cukup simple ini dan dengan cara yang sangat mudah, maka manisan kedondong menjadi kudapan yang enak disantap. 

Pada dasarnya, resep manisan kedondong ini sama saja dengan resep manisan mangga yang pernah saya buat sebelumnya. Jadi mudah sekali deh kalau sudah sekali buat tinggal modifikasi sedikit saja resepnya.

Kedondong ini, kalau di Batam bisa didapatkan dengan mudah di penjual buah atau pun di penjual di pasar yang khusus menjual buah-buahan untuk rujak. Jadi walaupun kedondong termasuk buah yang tidak banyak dijual, tetap bisa ditemukan.

Okey deh, lanjut ke cara membuat manisan kedondong homemade ini ya, soalnya saya sudah bingung mau menulis apa lagi, he he he...


Manisan Kedondong

Bahan :
  • 10 buah kedondong mengkal
  • 500 ml air
  • 1/2 cup gula pasir
  • 3 buah jeruk limau/calamansi

Cara membuat :
  1. Kupas kedondong, cuci bersih dan potong sesuai selera
  2. Campur gula dan air lalu masak hingga mendidih
  3. Sesaat sebelum diangkat masukkan perasan air jeruk limau, aduk rata
  4. Tuangkan ke dalam mangkuk berisi potongan kedondong, aduk rata
  5. Diamkan hingga dingin, masukkan ke dalam kulkas
  6. Santap ketika sudah dingin, semakin lama di kulkas semakin enak

resep manisan kedondong mudah


Silakan mencoba cara membuat manisan kedondong sendiri di rumah ya....semoga suka....


Selamat mencoba...



NewerStories OlderStories Home

2 comments:

  1. Hmmm....segerrr...
    Resep manisannya mirip dg andalanku bun...
    Tp kl aku mah ga pake perasan jeruk,.hanya saja ditambah irisan cabe merah kriting...
    Jd ada sensasi seger rada pedas gitu...

    Hmm... jd pgn bikin...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba seger ini ya, he eh mba enak kayaknya ditambahi cabe ya.. cuma karena buatnya ini supaya Sophie bisa makan juga, jadi minus cabe deh..
      sudah bikin belum mba?

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.