Pisang Epe' Original



resep pisang epe

Upss kali ini saya posting resep pisang epe' rasa original. Jiahhh... akhirnya saya buat juga neh pisang epe', secara memang pisang epe' adalah salah satu jenis makanan yang sudah masuk dalam daftar resep yang akan saya coba. 

Nah saya tahu ada makanan begini saya lupa di mana, sepertinya dari tayangan televisi liputan kuliner khas Makassar. Walaupun saya belum pernah ke Makassar, dan belum pernah mencicipi si pisang epe' asli di sana, tapi tidak ada salahnya buat kan..he he he..

Penulisan pisang epe yang diberi tanda koma atas ini memang khas dari daerah sana sepertinya, soalnya banyak juga penulisan bahasa Toraja dengan tanda koma atas ini, sebut saja yang sudah saya posting resepnya pa'piong bura'. Penulisan ini dibaca k setahu saya, jadinya pakpiong burak, pisang epe' dibaca epek.. cmiiw ya...

Nah walaupun saya ini berdarah Toraja tetapi saya belum pernah ke sana, duh kasihan deh.. dulu sih ada kesempatan ketika saya masih di Surabaya, orangtua saya mengajak saya ke sana. Jadi orang tua saya meluncur ke Surabaya dari Palembang, ketemu saya di Surabaya. Kebetulan mereka mau ke Toraja karena ada acara Rambu Solo' nenek (tantenya bapak saya). Waktu itu saya menolak dengan alasan masih UTS, halah.. padahal sih sebenarnya bisa, UTS ya tinggal berapa hari saja, bisa diatur jadwalnya. Yang utama karena saya takut he he he.. sudah terbayang deh berada di sana... saya sudah parno duluan karena saya sudah pernah melihat acara Rambu Solo' ini di televisi. 

Padahal tentu menambah pengalaman ya... paling tidak bisa menginjakkan kaki di Tana Toraja. Nah kalau sudah begini, sudah jauh dan sudah tidak ada lagi kepentingan ke sana, lah kapan lagi ya he he he..

Okey deh kembali ke pisang epe' ini, saya mempercepat mengeksekusi pisang epe' ini karena ketika saya blogwalking di blog sahabat baru saya.. mba Sitti Taslimah, ada cara membuat pisang epe' ini, nah sudah terbayang enaknya menikmati pisang bakar dengan saus gula merah, halah..

Jadilah ke pasar mencari pisang kepok, tetapi kok saya lihat pisang kepoknya pada mentah semua yang dalam kondisi gembul begitu, nah yang matang kok kurus-kurus tidak meyakinkan, akhirnya saya melirik pisang lain, saya sudah kira ini adalah pisang raja. Dan ketika saya pegang-pegang pisangnya, benar si penjual langsung katakan, pisang rajanya kak, masak pohon, bukan karbitan, enak itu... bisa dibakar, digoreng, dibuat kolak, pokoknya enak deh... promosi si penjualnya. Nah kebetulan juga ada daun pandan, perkilo dijual seharga 8 ribu rupiah. Lah dikira saya mau beli satu kilo, halah yang benar saja wakakak....

Nah untuk sausnya ini, saya perkirakan sendiri takarannya, karena namanya juga baru coba-coba, jadi saya buat sausnya dengan 100gr gula merah dan 100ml air. Ternyata terlalu encer ya... kok penampakannya jadi mirip cuko pempek ha ha ha...

Lain kali kalau saya buat, saya coba perkental sausnya. Secara kayaknya seru kalau sedikit lebih kental sausnya ya... tapi rasanya enak... walaupun sederhana tapi boleh tahan rasanya.. duh saya suka sekali deh dengan pisang epe' ini.

Nah saya coba juga pisang epe' ini diberi taburan meses, lalu diberi cinnamon sugar, dan ternyata menurut selera saya, pisang epe' saus gula merah tetaplah juara, jiahhhh....

Okey deh, resep pisang epe' ini saya buat dengan referensi resep pisang epe' rasa original - Dapur Ima miliknya mba Sitti Taslimah. Terima kasih resepnya mba Ima.. lain kali saya buat lagi dengan saus yang lebih kental.. supaya lebih mengundang selera ha ha ha..

Berikut resep pisang epe' yang saya buat ya, sudah ada sedikit modifikasi dari resepnya mba Ima.. ini dia resepnya, silakan...

Pisang Epe' Original

Bahan :
  • 5 buah pisang raja atau pisang kepok yang sudah matang tapi tidak terlalu matang
  • sedikit mentega atau margarin untuk mengoles teflon

Bahan saus : (jika ingin kental, tambahkan gula merahnya atau kurangi airnya)
  • 100 gr gula merah atau aren
  • 100 ml air
  • 1 lembar daun pandan
  • 1/4 sendok teh garam

Cara membuat :

Untuk saus : iris gula merah, campur dengan air dan daun pandan, masak hingga mendidih dan gula larut, saring

Untuk pisang epe' : kupas pisang, panggang di teflon yang sudah diberi sedikit margarin/mentega (atau bisa tanpa margarin/mentega), panggang hingga matang semua sisi, angkat lalu letakkan di piring, tekan dengan piring satu lagi hingga pisang melebar, tekannya perlahan saja supaya pisang tidak hancur. Letakkan di piring saji, siram dengan saus, siap dinikmati.


resep pisang epe rasa asli

Nah semoga resep pisang epe' original ini bisa bisa bermanfaat ya, semoga tertarik untuk mencobanya juga, semoga cocok dengan selera ya...


Selamat mencoba...



NewerStories OlderStories Home

4 comments:

  1. Enak nih...cocok buat cemilan musim hujan mba. Ntar aq tambah kelapa parut ahh...hehe. Di Medan lg musim hujan mba. Tiap mlm hujan. Gimana dgn cuaca di Batam mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba cocok buat cemilan musim hujan ya.. oh iya tambah kelapa parut kayaknya makin enak deh..
      sama mba di Batam juga musim hujan beberapa hari ini, tapi hujannya bentaran doank, habis itu panas lagi beuh...

      Delete
  2. Mba Monic sayang terimakasih banyak ya... Sudah sering-sering promosiin saya. Makasiiiih banget. 😃

    Jadi mba Monic pakai pisang raja? Apa gak sepet, mba, pisangnya? Di sini, pisang epe' hanya dibuat dari pisang kepok mba. Pisang raja buat pisang ijo atau pallu butung aja. Tapi kalau pencinta pisang, pisang apapun ya OK aja kan, mba? 😀😀😀

    Iya, mba. Kalau 100 ml air terlalu encer. Kali ketiga buat pisang epe', saya sudah buat sausnya juga. 100 gr gula, 50 ml air.

    Pisang Epe' original emang juara, mba. Apalagi buatan mba Monic pakai tambahan daun pandan. Pasti mantap sangat tuh, mba. 😃

    ReplyDelete
    Replies
    1. he he he sama-sama mba Ima, terima kasih resepnya juga ya...
      he eh mba, pakai pisang raja, ga sepet sih, cuma ada rasa asem sedikit he he he.. saya sudah coba pakai pisang kepok juga mba, kemaren kebetulan dapet pisang kepoknya, enak semua, pakai pisang kepok ataupun pisang raja
      iya mba terlalu encer sausnya, eh tapi dimasukkan kulkas jadinya ga begitu encer banget, agak kental sedikit, he eh ntar buat saus lagi, mau buat lebih kental mba.. sipp memang juara deh pisang epe' original ini mba

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Silakan kalau mau mempromosikan blog/website, gunakan komentar dengan nama atau nama blog/website dan url, tetapi komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.