Resep Empanada Tuna



resep empanada tuna

Edisi resep malam mingguan neh... empanada tuna, hmmm kalau bicara empanada, sudah lama sekali saya ingin membuat empanada ini, apalagi kalau dulu itu sering sekali blogwalking ke blogger berdarah latino. Jadinya bawaan ngiler dengan snack yang satu ini. Sebenarnya empanada ini ya mirip pastel juga ya, mirip epok-epok juga bahkan ya mirip samosa juga hanya beda bentuk. Intinya adonan pastry diisi dengan bahan isian baik gurih ataupun manis.

Nah ternyata empanada ini tidak hanya dipanggang lho ternyata juga bisa digoreng deep fried, lah jadi mirip pastel kan ya kalau digoreng. Hmmm mau tahu lebih jauh dan melihat beberapa varian empanada, link berikut ini bisa jadi referensi, All About Empanada - di blognya Laila Pujol. Dari sini juga saya ambil referensi resep kulit empanada yang saya buat kali ini, dengan sedikit modifikasi dan takaran saya ubah dari cup menjadi gram.

Kalau bicara rasa, maka menurut saya empanada tuna ini malah mirip dengan tuna puff, ya iyalah ya kan isiannya itu yang dominan rasanya. Nah untuk isiannya saya gunakan tuna kaleng, tuna in brine. Saya tumis bersama sayuran beku campur yang dibumbui bawang putih, bawang bombay dan merica bubuk. Saya tidak tambahkan lagi garam karena tuna kalengnya sudah cukup asin.

Oh iya berhubung ada stok telur puyuh rebus, jadinya saya masukkan juga neh telur puyuh menjadi bahan isian empanada ini. 

Nah untuk membentuk kulitnya, bebas ya, bisa digilas dulu baru dicetak bundar, bisa dengan mangkuk atau apapun yang berbentuk bundar. Atau adonan dibagi dulu kemudian baru masing-masing digilas, nah setelah digilas boleh langsung diisi atau juga bisa dicetak lagi dengan cetakan bundar. Kali ini saya lakukan membagi adonan dulu, gilas lalu cetak dengan mangkuk. Jadilah adonan kulitnya rapi jadi mudah untuk dipilin bagian tepinya.

Tentu kalau dengan cara ini ada adonan kulit berlebih, nah dari adonan berlebih itu bisa lagi dibentuk setelah digabungkan dengan sisa-sisa adonan kulit berlebih lainnya. Jadi misalnya kita bagi menjadi 8 bagian, bisa-bisa jadi 9 atau 10 bagian tergantung besar kecilnya lingkaran yang kita cetak. Kali ini saya lupa, jadi 9 atau 10 ya.. tapi untuk pembagian awal adalah 8 saja.

Untuk kali ini saya sama sekali tidak ada proses membuatnya ya...entalah riweuh di dapur jadi tidak sempat untuk foto-foto. Yang butuh bayangan cara membentuknya, silakan lihat di blognya Laila Pujol ya. Upps tapi kalau sudah biasa membuat pastel ataupun epok-epok pasti sudah terbayanglah caranya kan... sippp....

Okey deh tanpa lama-lama lagi, berikut resepnya ya... silakan...

Empanada Tuna

Bahan kulit :
  • 180 gr tepung terigu protein sedang, misal merk segitiga biru atau bola salju
  • 1/4 sendok teh garam
  • 85 gr mentega atau bisa juga gunakan margarin
  • 1 butir telur ukuran kecil
  • 20-40 ml susu cair suhu ruang

Bahan isian :
  • 1 kaleng tuna in brine berat 185gr, hancurkan potongan tuna dengan garpu
  • 150 gr sayuran beku campur, lihat cara membuat homemade frozen mixed vegetables
  • 1 buah bawang bombay ukuran sedang, potong ukuran kecil
  • 5 siung bawang putih, cincang
  • 1/4 sendok teh merica bubuk
  • 9-10 butir telur puyuh rebus, bagi 2 masing-masing

Bahan olesan : campur rata
  • 1 buah kuning telur
  • 1/4 sendok teh madu

Cara membuat :
  1. Bahan isian : tumis bawang putih dan bawang bombay sampai harum, masukkan sayuran campur dan tuna kaleng, beri merica bubuk, aduk dan  masak hingga matang, dinginkan sejenak
  2. Untuk kulit : campur tepung terigu dan garam, tambahkan mentega/margarin, aduk dengan garpu hingga berbutir, tambahkan telur, aduk dengan tangan hingga tercampur, tambahkan susu cair perlahan sampai didapatkan adonan yang lembut dan menyatu (jangan menambahkan susu sekaligus), bulatkan adonan, bungkus dengan plastik wrap, simpan di kulkas 1-2 hari, atau bisa digunakan langsung, nah kali ini saya gunakan langsung.
  3. Bagi adonan menjadi beberapa bagian, saya bagi menjadi 8 bagian, bulatkan masing-masing, ambil satu adonan, gilas hingga setebal kurang lebih 2mm, cetak bundar dengan mangkuk atau cetakan bundar lainnya, saya cetak dengan mangkuk diameter kurang lebih 10cm. Sisihkan bagian adonan kulit berlebih untuk disatukan dengan kulit berlebih lainnya.
  4. Isi dengan bahan isian di bagian tengah, tambahkan telur puyuh rebus, susun telur di atas isian, lalu lipat lalu rekatkan dan pilin seperti halnya memilin pastel atau panada atau epok-epok, atau bisa juga tekan dengan garpu.
  5. Letakkan di loyang yang sudah dioles minyak/butter/margarin. Lakukan hingga semua adonan kulit termasuk kulit berlebih sebelumnya habis.
  6. Sementara itu melakukan proses di atas, panaskan oven, set di suhu 180 derajat celcius
  7. Olesi permukaan empanada dengan campuran kuning telur dan madu
  8. Panggang selama kurang lebih 15-20 menit sampai permukaan kuning keemasan
  9. Keluarkan dari oven dan dinginkan

resep membuat tuna empanada

Nah semoga resep empanada tuna ini bisa bermanfaat ya, silakan mencoba dan semoga cocok dengan selera ya...


Selamat mencoba...




NewerStories OlderStories Home

8 comments:

  1. Ngileeeerr, euy! Mau donk mba monic empanada nya...hehe! Rini @medan

    ReplyDelete
    Replies
    1. hayooo mba Rini, dibuat biar ga ngiler he he he...

      Delete
  2. Sama dengan Panada ya, mba Monic? Saya paling suka Panada isi ikan. Mmmmmmm.... jadi ngiler saya liat foto mba Monic. Hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. lebih mirip pastel sih mba kayaknya, kalau panada kan kulitnya pake adonan roti, tapi isinya ikan, jadi lebih mirip panada ya he he he...

      Delete
  3. Oohhh... kupikir sama dengan Panada, ternyata mirip pastel toh alias Jalangkote versi Sulawesi. Dapat ilmu baru lagi nih. Terimakasih banyak mba Monic.

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh iya mba mirip jalangkote, jadi yang ini jalangkote versi panggang.. terima kasih kembali mba Ima

      Delete
  4. Mbak monic, mau tanya.. Resep ini empanada ini tekstur kulitnya lebih ke crunchy ato lembut yaa? Makasi atas jawabanyya.. Soalnya pingin bikin versi isi udang tapi kulitnya pingin yg garing krispi hehe..

    -ummu ghazi-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kulitnya empanada ini crunchy di tepi-tepinya aja Ummu, kalau di tengahnya dia cenderung lembut...
      kalau mau crunchy coba resep epok-epok, kalau yang ini crunchy hanya digoreng he he he.... belum pernah coba panggang

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Silakan kalau mau mempromosikan blog/website, gunakan komentar dengan nama atau nama blog/website dan url, tetapi komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.