Bento #6 : Heart & Star with Dolphins



kreasi bento sederhana


Yuhuuuu... waduh 2 hari saya absen posting neh...saya posting bento dulu saja ya... kali ini bento #6 : heart & star with dolphins. Iya neh, saya sibuk tanggal 12, secara sibuk buat acara ulang tahunnya Sophie neh di tanggal 13. Hanya buat cake ulang tahun, lalu saya buat snack yang terdiri dari 4 jenis, muffin pisang chocochips, puding labu kuning nata de coco, ekado ala-ala dan bakwan jagung.

Nah cake ulang tahunnya saya buat black forest saja, tapi buatnya 2 buah, ini dia yang buat capek he he he.. secara saya sudah berburu loyang besar neh, paling tidak loyang 28x28 cm, ealah ternyata kok tidak ada ya, di tbk saya cari, di toko peralatan dapur dan juga di swalayan, kosong. Ya sudahlah, saya gunakan saja loyang 20cm yang saya punya, hanya buat 2 buah. Hmmm saya sih ingin buat 2 buah sebenarnya supaya teman-teman Sophie puas makan cake-nya. 

Niat hati saya masih ingin buat roti juga, tapi apa daya, saya sudah terlalu capek dan diburu waktu, nah jadilah cake dan snack yang saya buat tidak sempat saya abadikan. Semua saya kerjakan sendiri, mulai dari belanja, persiapan bahan, membuatnya sampai mengemasnya. Ternyata capek... he he he... apalagi proses beres-beres peralatan...mulai deh menghayal... coba ada yang bantuin beres-beres.. kan lumayan..halah...

Suatu tantangan juga sih membuat snack dalam jumlah banyak, ya tidak banyak-banyak juga sih, 40 porsi masing-masing. Nah biasanya saya memasak dan membuat kue-kue hanya dalam porsi kecil, jadi membuat banyak begini, terasa sekali capeknya..jadi beberapa hari sebelumnya sih saya sudah rencanakan, snack apa yang buatnya tidak lama, tidak capek..ya itu deh snack yang akhirnya saya putuskan untuk dibuat, kalau ada waktu buat roti, kalau.. he he he.. ternyata tidak cukup waktunya.

Setelah selesai dibuat, harus dikemas lagi, harus juga dipikirkan cara mengemas dan kemasannya. Hmm yang ini juga butuh waktu... jadi managemen waktu sangat diperlukan dalam hal ini, ya lumayanlah.. belajar ya..

Oh iya, untuk kemasan snacknya, saya gunakan kertas saja, itu loh kertas coklat yang biasa untuk gorengan. Murah.. 100 pcs hanya 13 ribu rupiah. Daripada kemasan box ataupun plastik. Jadi muffin dan puding saya masukkan saja, nah ekado dan bakwan kan gorengan tuh, jadi saya letakkan dulu di paper cup besar, 1 cup bisa masuk keduanya, lalu saya masukkan lagi ke plastik berpelekat. Hmmm belajar juga cara memasukkan yang cepat ke dalam plastik berpelekat begini, meniru cara mba-mba yang kerja di Holland Bakery, he he he...

snack anak kemasan kertas

Akhirnya selesai juga tepat waktu, senang...cake ulang tahun dan snack sukses diantar ke sekolah Sophie tepat waktu, lega.. tapi ya itu akhirnya tepar kelelahan, perlahan tapi pasti mulai mencicil perabotan kotor, akhirnya selesai juga... tapi berbonus kelelahan ha ha ha...

Oh iya, bicara bento kali ini, bento yang ini cukup sedehana dan tidak begitu susah kalau saya katakan. Nuggetnya saya tidak buat sendiri, beli, entah kenapa kok Sophie kali ini mau makan nugget, biasanya ogah. Lalu hanya buat mie goreng dengan dicampur sawi hijau dan ayam, lalu ada tumis brokoli dan ayam.

Sehari sebelumnya Sophie bilang, kalau dia mau besoknya bekalnya mie dan nasi. Pipi mau bawa mie sama nasi, kayak temen Pipi, bawa mie sama nasi, Pipi mau pakai sayur juga, begitu katanya. Sipp deh kalau begitu... akhirnya ya sudah jadilah bento seperti ini... requestnya Pipi dengan sedikit tambahan dari emaknya. Kalau tidak ditambah-tambah begitu kurang seru... kurang kerjaan emaknya nanti...he he he...

Untuk tumis brokoli dan ayamnya biasa ya, saya hanya tumis bawang putih sampai harum, masukkan dada ayam, masak hingga berubah warna, tambahkan brokoli, masak hingga berubah warna, beri sedikit air, beri garam dan merica bubuk, masak hingga matang. 

Untuk mie gorengnya, gunakan mie telur kering, masak hingga lunak, angkat lalu tiriskan, bumbunya hanya bawang putih cincang. Tumis bawang putih sampai harum, masukkan dada ayam, masak hingga berubah warna, masukkan sawi hijau, masak hingga mulai layu, masukkan mie telur, beri kecap asin, kecap manis, merica bubuk, aduk rata, masak hingga matang.

Untuk semua bahannya saya buat porsi kecil semua ya... jadi untuk porsi sesuaikan dengan kebutuhan masing-masing ya...

Nah untuk pemanis, saya tambahkan keju pink bentuk lumba-lumba. Gunakan cookie cutter sesuai dengan selera ya..

Tada.... beginilah penampilan bento yang sederhana kali ini ya, semoga bisa menginspirasi walaupun penampilannya seadanya... semoga bermanfaat... jangan lupa kalau iseng boleh lihat bento-bento sederhana lainnya yang sudah saya buat di link ini : Bento

kreasi bento mudah dan simple


Selamat berkreasi dengan bento ya....




NewerStories OlderStories Home

14 comments:

  1. hallo mba monic.... mba itu dolphinonya pake keju apa y setahuku kok cm yg kuning aja warnanya, trimakasih --anni--

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai mba Anni, itu pake keju prochiz yang rasa strawberry mba, ini baru beberapa bulan ini ketemu di swalayan mba, nah jadilah kalau ke swalayan pasti beli kalau stok di rumah habis... eh pas ngebento kok lucu kalau pakai keju pink he he he..

      Delete
    2. HBD Sophie wish u all the best, aku kok blm pernah liat y klo di swalayan keju pink banyaknya yg kuning ntar coba tak cari2 disini trimakasih mba monic

      Delete
    3. Terima kasih tante Anni... he eh mba di sini juga tidak semua swalayan yang jual keju pink ini..
      sama-sama mba Anni

      Delete
  2. Hi, mba Monic...wah Sophie ultah ya. Happy B'day ya sayang. Ultah anak qu yg kecil berdekatan sm ultahnya Sophie. Anak qu 16 Okt nnt mba...yg ke-4 hehe. Sophie yg keberapa mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba..Sophie ultah, yang ke-5 mba, wah deketan ya mba..he he he..
      terima kasih ya tante Rini...uppss bener kan ini mba Rini-Medan?

      Delete
  3. Selamat ulang tahun ananda Sophie.
    Semoga panjang umur, sehat selalu, tambah pintar dan jadi kebanggaan papa mama.

    Wah sayang banget kue ultahnya tidak bisa diabadikan.

    Iya, mba Rini komentarnya kok suka anonymous gitu ya? Saya jadi penasaran sama mba Rini. Salam kenal, mba Rini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih tante Ima... he eh ya mba.. beneran ga sempat, riweuh, rusuh, berantakan, bingung motonya... nah itu kebeneran aja disempatkan foto kemasan snacknya sebelum dianter..

      hi hi hi.. iya nih mba Rini.. kadang lupa tulis nama, lah untung gaya nulisnya mba Rini ini khas jadi tahu deh kalau yang nulis mba Rini.. trus mba Rini memang komentator setia selain mba Imba he he he...

      Delete
  4. Tau aja ni mba Monic :)Iya...mba, ini Rini. Lupa ketik nama...hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. he he he ketahuan kok kalau mba Rini yang komen..

      Delete
  5. udah 2 X nyoba tapi gagal..hmhmm

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mba Alya, hmmm saya bingung neh, mba Alya nyoba apa yang gagal ya? perasaan saya ga tulis resep di postingan kali ini, hanya gambaran ngebento.
      Mba Alya baca keseluruhan postingan saya tidak ya? nah 2x gagal nyoba apa ya? nyoba buat nugget? nuggetnya saya beli, nyoba buat tumisan brokoli dan ayam? ini hanya tumisan biasa kok bisa gagal? nyoba buat mie goreng? belum pernah buat mie goreng pakai mie telur? bisa kok pakai mie instan... gagal cetak nasinya.. bisa kok nasinya disebarkan saja..gagal nyetak dolphin pakai cookie cutter? ga pakai juga ga papa...
      Jadi kalau ngebento itu saya rasa tidak ada istilah gagal dan berhasil deh, itu kan tergantung kreasi masing-masing..tidak harus sama plek dengan bento yang saya buat kali ini, bento ini hanya sebagai gambaran saja..
      jadi gagalnya di mana ya? saya garuk-garuk kepala...

      atau mba Alya salah masuk ya... mungkin ini komentar untuk postingan saya yang lain, misalnya postingan cake.. wajar kalau gagal.. postingan epok-epok..wajar juga kalau gagal

      atau malah mungkin ini komentar asal ya..biar sedikit fenomenal begitu..

      duh maaf ya kalau saya bilang begitu... soalnya sangat tidak nyambung dengan isi postingan saya kali ini.. secara URL mba mengarah ke obat gatal2... maaf sekali lagi ya..

      Delete
  6. Ohh...klo aq yg comment bs ketahuan ya, mba?

    Hi, mba Ima...salam kenal jg ya. Msh gaptek aq mba. Jd anonymous dulu hahaaa

    ~Rini

    ReplyDelete
    Replies
    1. ha ha ha iya...mba Rini..ketahuan.. soalnya komentator setianya blog saya ini... yang pake anonymous ya mba Rini ha ha ha..

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.