Bola-bola Tape Topping Meses



bola bola tape toping meses

Jiahhh... penuh warna ya gambar bola-bola tape topping meses yang saya buat kali ini. Entahlah kok berapa hari lalu kepikiran beli meses warna-warni, pikiran saya sekali-sekali deh buat cemilan berwarna ngejreng. Tapi tidak terpikir sih buat bola-bola tape begini... ini ide kilat tadi pagi.

Kalau sudah ngejreng begini, tentu menarik perhatian anak kecil kan, jadilah bola-bola tape ini saya jadikan bekal Sophie ke sekolah. Ide singkat dan eksekusi cepat di pagi hari memang solusinya adalah gorengan he he he...

Eits tapi sayang nih tape yang saya gunakan kurang enak, tape singkong putih. Mana ada bagian yang masih keras lagi tapenya. Biasanya kalau buat bola-bola tape begini paling enak tuh menggunakan tape singkong kuning, duh hasilnya lembut, legit dan pastinya empuk deh, saya suka saya suka...

Nah tapi dengan tambahan topping menjadi lebih bagus di penampilan dan juga menambah rasa, apalagi nih menggunakan meses warna-warni, ada rasa khas coklat warna-warninya, ada sedikit rasa mint juga. 

Tadi pagi, begitu saya letakkan bola-bola tape goreng ini di wadah bekalnya, Sophie tanya, Pipi bawa apa hari ini ibu? lalu saya perlihatkan bekalnya, dan seperti biasa dia tersenyum.. wah cantik.. Pipi suka.. Pipi mau satu sekarang.. begitu katanya.. 

Tapi kalau menurut selera saya nih, makanan begini bukan kesukaan saya... hi hi hi.. secara toppingnya berlebihan..saya lebih suka kalau makanan begini toppingnya meses coklat saja. Tapi namanya juga membuat variasi makanan ya... sah-sah saja kan mencoba hal baru.. betul? Tapi sepertinya tidak boleh sering-sering neh ya buat yang beginian.. he he he..

Okey deh, sekarang langsung ke resep saja ya... yuk... mari.. oh iya pada dasarnya sama saja dengan resep bola-bola tape goreng atau godok tape yang pernah saya buat  sebelumnya ya...

Bola-bola Tape Topping Meses
untuk 16 buah

Bahan :
  • 65 gr tepung terigu protein sedang (saya gunakan merk bola salju)
  • 35 gr tepung beras
  • 3/4 sendok teh baking powder
  • 1/4 sendok teh garam
  • 200 gr tape yang sudah dibuang seratnya dan dihaluskan dengan sendok (tape suhu ruang)
  • 2 sendok makan gula pasir
  • 1 butir telur
  • 20 ml air
  • minyak untuk menggoreng secukupnya 
  • dark cooking coklat leleh, kurang lebih seberat 40gr
  • meses warna-warna secukupnya
Cara membuat :
  1. Di mangkuk, campur tepung beras, tepung terigu, baking powder dan garam, aduk rata, sisihkan
  2. Di mangkuk yang lain, campur tape, gula pasir, telur dan air, aduk rata lalu masukkan campuran ini ke dalam campuran tepung, aduk rata
  3. Panaskan minyak, ambil satu sendok makan adonan atau setengah sendok, tergantung selera besarnya, bentuk bulat dengan dua buah sendok, dorong adonan ke dalam minyak dengan sendok lainnya (adonan akan membulat ketika sudah matang)
  4. Goreng godok tape hingga matang kuning kecoklatan dengan api sedang-kecil
  5. Angkat dan tiriskan, dinginkan sejenak
  6. Celupkan salah satu permukaan ke coklat leleh, taburi dengan meses

godok tape toping meses warna


Nah semoga resep bola-bola tape topping meses kali ini bisa bermanfaat ya, silakan mencoba dan semoga cocok dengan selera ya...


Selamat mencoba...


NewerStories OlderStories Home

2 comments:

  1. Cerah ceria warnanya. Saya suka, saya suka. Tapi selera kita sama mba Monic. Saya juga lebih suka pake meses coklat aja daripada yang warna-warni begini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. he eh mba Ima, cerah ceria ya warnanya he he he.. toss ah.. suka pake meses coklat aja..

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.