Chocolate Custard Muffins



chocolate custard muffin

Hari ini terpaksa sedikit rajin, pesanan anak wedhok, mau bawa muffin katanya, ya sudah saya buat deh chocolate custard muffin ini lagi, nah ini yang ketiga kalinya atau yang keempat kali saya buat ini, sedikit lupa. Jadi termasuk cukup sering buat muffin ini.

Nah salahnya juga kemarin malam tanya Sophie, Pipi mau bawa apa besok ke sekolah, dengan lembut dan tanpa teralihkan dari tabletnya karena asyik nonton, dia menjawab, muffin. Waduh.. begitu kata saya..muffin ya.. duh semoga tidak malas besok ya..

Bapaknya mendengar begitu langsung menyeletuk, kenapa juga ditanya kalau sekiranya malas, nah kalau sudah ditanya terus maunya muffin kan besok jadi buat muffin lah. Iya ya.. begitu kata saya, kenapa juga saya tanya. Ha ha ha... 

Tapi tadi pagi, karena memang sudah ada permintaan, hmmm dengan sedikit berat melangkah ke dapur, mempersiapkan semua bahan, untung semua tersedia, walaupun ada sedikit bahan yang kurang, bukan itemnya yang kurang, itemnya ada tapi takarannya kurang, ya tidak masalah, bisa dimaafkan kok he he he.. tidak begitu berpengaruh..

Nih seperti takaran maizena, ya..nanggung sekali, di resep tertera 50gr, dipaksa-paksa hanya mentok dapat 49gr, hi hi hi, kalau ini mah sangat bisa dimaklumi ya, hanya selisih 1 gr, lanjut mang.. lalu coklat masak, cukup banyak kurangnya, sampai 25gr, tapi tetap lanjut saja he he he.. yang lain, aman terkendali, semua cukup takaran.

Hmmm kalau bicara chocolate custard muffin ini, sudah banyak yang coba resep ini dan testimoninya bagus sekali. Ya iyalah saya saja yang mencoba muffin ini juga suka sekali dengan rasanya, sampai-sampai beberapa kali membuatnya. Selain mudah, karena tentu saja muffin ya, cukup mudah bagi saya, dan tekstur serta rasa yang membuatnya enak dan nagih istilahnya.

Jadi muffin yang saya buat kali ini untuk bekalnya Sophie, lebihkan juga buat diberi temannya Sophie, walaupun belum juga menepati janji untuk membawakan dia bekal pizza mini lagi yang mau diberi ke temannya. Lain kali kalau mood membuat pizza lagi.

Okey deh, kembali lagi ke resep chocolate custard muffin ini ya, resep pakai resep fenomenal dari blognya mba Hesti - Hesti's Kitchen - chocolate custard muffin. Resep yang entah sudah berapa banyak orang yang coba. Hasilnya memuaskan... jadi kalau googling resep ini, wuih bejibun kan dan resepnya ya itu juga he he he... resep asli sih dari website the guardian miliknya Dan Lepard - chocolate custard muffins. Nah dengan sedikit perubahan oleh mba Hesti di takaran baking powdernya dikurangi dari 2 1/2 sendok teh menjadi 1 1/2 sendok teh, dan brown sugar diganti dengan gula palem.

Sipp jadinya saya pakai contekan dari blognya mba Hesti saja, dengan sedikit perubahan, butter saya ganti margarin, selebihnya sama. Jadi thanks buat mba Hesti ya.. dan tentu saja buat Dan Lepard si pemilik resep asli, cihuy..


chocolate custard muffin hesti


Berikut resep chocolate custard muffin yang saya buat ya... ini dia.. silakan..

Chololate Custard Muffins

Bahan :
  • 50 gr tepung maizena
  • 3 sendok makan coklat bubuk
  • 100 gr gula palem / palm suiker
  • 225 ml air putih matang
  • 75 gr margarin atau butter
  • 125 gr dark cooking chocolate, potong kecil (kehabisan jadi hanya pakai 100gr)
  • 75 gr minyak sayur/minyak goreng
  • 1/2 sendok teh vanila bubuk
  • 2 butir telur
  • 125 gr gula pasir butiran halus
  • 125 gr tepung terigu protein sedang / serbaguna * campur jadi satu
  • 1 1/2 sendok teh baking powder *
  • chocochips untuk taburan

Cara membuat :
Panaskan oven, set di suhu 180 derajat celcius.
Di panci, campur tepung maizena, coklat bubuk, gula palem dan air, aduk sampai tidak bergerindil, masak dengan api kecil sambil diaduk sampai meletup, mengental dan licin, angkat. Masukkan margarin/butter berikut dark cooking coklat, aduk hingga meleleh, tambahkan satu butir telur, minyak dan vanila bubuk, aduk rata, masukkan sisa telur dan gula pasir, aduk lagi hingga licin dan kental. Masukkan campuran tepung terigu dan baking powder, aduk cepat asal rata, ingat jangan berlebihan atau overmix. Sendokkan atau tuang ke dalam paper cup, isi 3/4 saja, taburi dengan chocochips, panggang selama kurang lebih 20-25 menit sesuai dengan oven masing-masing, test tusuk, akan ada sedikit remah menempel di tusuk sate atau tusuk gigi. Keluarkan dari oven dan dinginkan.


resep chocolate custard muffin

Nah semoga resep chocolate custard muffin ini bisa bermanfaat ya, silakan mencoba dan semoga cocok dengan selera ya...


Selamat mencoba...



NewerStories OlderStories Home

10 comments:

  1. Resep muffin dr mba Hesti ini emang recommended ya, mba. Tp mba Hesti kok jarang posting lg ya mba...
    Mba Monic yg rajin ya update resep hehe...
    ~Rini

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba bener recommended banget deh, he eh mba, mba Hesti sudah jarang posting sekarang, ada kesibukan lain atau juga jenuh mungkin ya mba, secara mba Hesti kan dari thn 2010 sudah ngeblog, jaman mba Hesti mulai ngeblog aku masih belum ke dapur mba he he he..sekarang aja masih semangat update walaupun kadang ya malas juga

      Delete
  2. Helo monica,
    Wow muffinnya nampak moist gitu...akak masuk list dulu..
    Bila2 boleh buat ni... Tapi nak copy recipenya tak bolehlah dear...huhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kak, memang moist kak, silakan kapan2 ada mood boleh dicuba kak
      iya nih kak, belum bisa saya perbaiki kode html yang no selected, secara dulu blog saya ini pakai script anti right click and text selected, waktu jaman saya kesal dengan banyaknya konten saya yang dicuri kak, sudah cukup lama sekarang sudah bisa right click, itupun butuh waktu cukup lama saya mencari kode htmlnya he he he karena teman saya yang pasang, nah sekarang tidak bisa suruh teman lagi, sudah super sibuk, jadi harus usaha sendiri

      kalau mau print atau copy this recipe, kak Ayu bisa cari button print dan pdf, letaknya di bawah posting kak, dari situ bisa select dan copy text

      I am very sorry ya kak, tak bisa langsung select and copy, nanti kalau mood dan agak ringan kepala buat berpikir baru saya akan cari2 lagi kode html tersebut jadi bisa langsung select and copy

      Delete
  3. Liat yang coklat-coklat jadi kangen Brownies dan penasaran juga muffin ini rasanya gimana?
    Mbak Monic ih, bikin orang jadi mupeng dan ngiler deh. Ayo mbak tanggungjawab, heheheh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi hi hi sabar ya mba Ima, nanti tunggu sembuh dulu ya..

      Delete
  4. Buattemen minum teh sore ini enak banget apalagi kalo gerimis2

    ReplyDelete
  5. Skefo ya, mbak Monic dan mbak Rini, Mbak Hesti sekarang lebih aktif di Instagram. Mbak Monic punya IG juga ngak? Saya cari tidak ketemu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh iyakah, secara ga aktif di IG sih mba sayanya... emang ga ada IG mba

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Silakan kalau mau mempromosikan blog/website, gunakan komentar dengan nama atau nama blog/website dan url, tetapi komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.