Matcha Dorayaki



resep matcha dorayaki

Postingan lanjutan di bulan Oktober ini, walaupun belum terlalu mood buat ngeblog, tapi tetap lanjut he he he, nah kali ini saya posting resep matcha dorayaki. Dorayaki ini saya buat sudah beberapa hari yang lalu, buat dorayaki ini untuk bekalnya Sophie. Dorayaki ini saya buat polosan saja, jadi tanpa tambahan selai lagi.

Saya suka sekali membuat dorayaki, karena mudah sekali membuatnya, ya mirip-mirip pancake begitu deh, hanya lebih simple dorayaki, karena bahan-bahannya juga sederhana dan memasaknya juga mudah, karena saya pakai teflon yang cukup besar, jadi sekali buat bisa 3 buah dorayaki, sungguh menghemat waktu.

Resepnya sama ya pakai resep dorayaki yang biasa saya buat, hanya kali ini saya modifikasi dengan tambahan bubuk matcha. Secara sudah cukup lama juga ingin mencoba dorayaki matcha ini. Dan rasanya cukup berasa green tea-nya, walaupun warnanya tidaklah begitu hijau.

Oh iya bicara tentang frekuensi ngeblog saya neh, memang belakangan ini saya sedikit malas untuk ngeblog, halah biasanya rajin ya saya. Entahlah namanya juga mood ya, kadang bagus kadang tidak. Dan memang mungkin sekarang sedang jenuh saja neh sayanya. Biasalah ya, memang kecenderungan blogger ada yang begitu, di saat sedang rajin, maka mungkin bisa sehari lebih dari 1 postingan diterbitkan. Lah kalau malas, bisa berhari-hari, berminggu-minggu, bahkan berbulan-bulan, upss ada juga yang sampai tahunan. 

Aih semoga saya tetap rajinlah ya, walaupun tidak tiap hari juga. Ya memang di usia blog saya yang hampir 3 tahun ini, belakangan memang semakin sedikit ya postingan saya, eits tapi saya punya target kok, satu bulan itu kalau lancar paling tidak harus kurang lebih 20 postingan yang saya buat dan terbitkan. Jadi memang kalau rajin di atas 20 post, dan kalau malas ya di bawah 20 post, he he he..

Nah kalau mengikuti perjalanan blog saya, haih haih... ada tidak ya yang mengikuti? atau yang baru ketemu blog saya dan iseng melihat lebih jauh isi blog saya, tentu bisa melihat kalau di awal tahun membuat blog ini, dalam sehari saya bisa posting sampai 2 atau 3. Itu biasalah ya, namanya juga semangat ya, ha ha ha.. lalu target mengendur, waktu itu target saya sehari satu, nah semakin ke sini target mengendur lagi, halah semoga nanti target saya tidak semakin mengendur lagi... semangat kakak...

Okey deh kembali ke resep matcha dorayaki ini, yang mau intip-intip resepnya, ini dia, semoga bisa menginspirasi ya.. silakan.. (resep sama saja dengan resep dorayaki selai nanas dan dorayaki pasta kacang merah atau juga dorayaki selai kacang coklat)

Matcha Dorayaki
untuk 15 buah dorayaki ukuran kurang lebih 6-7cm 

Bahan :
  • 2 butir telur
  • 80 gr gula pasir
  • 1 sendok makan madu
  • 1/2 sendok teh baking soda/soda kue
  • 130 gr tepung terigu protein rendah
  • 2 sendok teh bubuk matcha
  • 50 ml air
  • 1/4 sendok teh garam (saya tambahkan sendiri)

Cara membuat :
  1. Campur baking soda dan tepung dan bubuk matcha, aduk rata, jika perlu diayak, sisihkan
  2. Di mangkuk ukuran sedang, campur telur, madu dan gula, aduk dengan whisk hingga sedikit mengembang dan gula mulai larut (saya aduk kurang lebih selama 2 menit)
  3. Masukkan campuran tepung terigu, aduk dengan whisk asal rata, kemudian tambahkan air, aduk rata kembali dengan cepat, diamkan selama kurang lebih 10 menit
  4. Ketika sudah 10 menit, adonan akan kelihatan muncul gelembung udara di permukaannya, aduk kembali sebentar
  5. Panaskan teflon, olesi minyak tipis saja kemudian lap dengan tisu atau lap bersih (saya tidak oles lagi dengan minyak)
  6. Tuangkan adonan menggunakan sendok sayur (saya hanya tuang 3/4 sendok sayur), biarkan adonan menyebar membentuk bundar, diamkan sampai muncul gelembung udara di permukaan dorayaki dan bagian tepinya kering (gunakan api kecil)
  7. Balikkan dorayaki, masak sebentar saja sampai bagian bawah kecoklatan
  8. Angkat, lakukan sampai adonan habis. Hidangkan dorayaki polosan atau dengan selai kesukaan.

resep green tea dorayaki

Nah semoga resep green tea dorayaki ini bisa bermanfaat, silakan mencoba dan semoga cocok dengan selera ya...


Selamat mencoba...


NewerStories OlderStories Home

6 comments:

  1. Hai ! Hai! Mbak Monic. Tetap semangat ngeblognya. Tentu saja dlm hidup ini jenuh,malas,rajin ,ceria datang silih berganti. Karena saya suka dengan semua posting an mbak saya tetap dengan setia menunggu. Salam manis

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai hai mba Sunarty, terima kasih banyak mba...duh senangnya dapat komentar begini..jadi tambah semangat neh he he he...
      Salam manis selalu juga, sukses buat mba Sunarty dan keluarga ya..

      Delete
  2. Menul2 ya mba dorayaki nya...ihh, pengen nyomot deh hahaa. Aq blm pernah bikin mba. Krn agak kapok pas bikin pancake bantat semua. Kan hampir sama cara bikinnya dgn pancake kan mba? Mgkn dulu krn aq ngaduknya terlalu kuat sampe licin adonan pancake nya...
    -Rini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba Rini, bener menul-menul dorayakinya, makanya saya senang buat dorayaki ya gitu mba, menul2 empuk gitu, dimakan polosan aja sudah enak..ayo mba coba bikin, mudah..
      oalah bikin pancake bantat ya..he eh kayaknya karena terlalu semangat ngaduk kali ya jadi bantat.. cobain yang pake buttermilk mba, empuk loh pancakenya..

      Delete
  3. Semangat terus ya, mba Monic. Di luar sana ternyata banyak yang menantikan tulisan-tulisan baru mba Monic meski tak mengungkapkannya lewat komentar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba Ima, terima kasih ya..atas dukungan mba Ima dan belum bosan juga mampir di sini dan selalu meluangkan waktu untuk berkomentar di sini... hug hug

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Silakan kalau mau mempromosikan blog/website, gunakan komentar dengan nama atau nama blog/website dan url, tetapi komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.