Muffin Pisang Coklat



resep muffin pisang coklat

Hari ini resep draft dulu ya, secara yang punya blog masak biasa hari ini, bekal Sophie juga hanya roti bakar, jiahhhh masak masuk blog juga, he he he walaupun kalau sedang eror ya masuk blog juga ha ha ha... Jadi ceritanya beberapa waktu yang lalu saya buat muffin pisang coklat ini, buat bekal Sophie juga sih..

Resepnya sama dengan resep brownies pisang versi panggang, hanya karena saya buat versi muffin jadinya saya hanya tambahkan takaran baking powdernya dan beri juga baking soda. Maksud hati memang karena ingin buat muffin neh, jadilah begitu ya.

Oh iya, ada tidak ya pembaca yang bertanya-tanya, tiap saat buat makanan, nah kemana saja tuh makanan? apa dihabiskan sendiri? aje gile kalau dihabiskan sendiri he he he... secara penghuni rumah hanya 3 orang dan 1 kucing. Kucingnya jelas tidak suka kue-kue dan masakan lainnya. Nah anaknya masih kecil, makannya juga tidak banyak... bapaknya tidak terlalu doyan kue-kue-an, jadi emaknya yang habiskan kah?

Sedikit cerita ya.. kalau untuk kue-kue-an sejak Sophie sekolah saya sering buat aneka kue, saya coba beri para guru Sophie di sekolah. Paling tidak membantu saya menghabiskan makanan yang saya buat. Memang sih di awal para guru merasa tidak enak dan menolak, tetapi ketika saya jelaskan, kalau sebisa mungkin saya ini buat makanan untuk bekalnya Sophie, nah saya sudah buat versi resep yang sedikit saja supaya hasilnya tidak banyak. Dan saya katakan saya tetap butuh orang yang mau bantu menghabiskan... karena Sophie itu bosenan, tidak mau bawa bekal yang sama sampai dua kali. Hari baru, bekal baru... begitu..

Beda kalau masakan yang disantap dengan nasi, saya masak mengikiuti selera bapaknya Sophie juga, jadi kalau masakan harian, buatnya sedikit, buat kami santap, kalau masak agak banyak khusus untuk makanan yang bisa dihangatkan lagi. Begitu...

Uppsss... ini cerita tidak penting ya... ahai siapa tahu ada yang kepo dikemanakan saja makanan yang dibuat? ha ha ha...

Jadi memang dilema juga kalau hobi masak tapi anggota kurang banyak untuk menghabiskan makanan yang dimasak, jadi beruntunglah para emak dan kakak yang hobi masak dan punya pasukan khusus penyantap...he he he...

Oh iya, belakangan saya perhatikan sejak saya foto-foto di lokasi dekat dengan tempat cuci piring dan tanpa menggunakan tripod, kok hasilnya kurang memuaskan ya...he he he... memang sekarang ini saya sukanya foto kilat, tanpa banyak properti tanpa banyak persiapan, jadi sampai sekarang ini, di sinilah tempat favorit saya, dan jadilah seringnya foto dari jarak dekat dengan properti yang itu-itu saja, harap maklum ya..

Seringnya saya terlalu capek setelah selesai memasak harus mempersiapkan properti foto lagi. Nah kendala lagi kalau cuaca mendung, alhasil fotonya makin tidak jelas, jiahhhh alasan ya.. 

Aih aih... sudah ah, makin lama saya makin ngalor ngidul.. berikut resep saja ya... silakan..

Muffin Pisang Coklat

Bahan :
  • 110 gr tepung terigu protein sedang
  • 30 gr coklat bubuk 
  • 1 sendok teh baking powder
  • 1/2 sendok teh baking soda
  • 115 gr gula pasir butiran halus
  • 3 butir telur ukuran sedang, kocok lepas
  • 100 gr dark cooking chocolate
  • 3 sendok makan butter atau margarin
  • 1/2 sendok teh vanilla bubuk
  • 300 gr pisang ambon/cavendish/berangan (saya gunakan  pisang berangan)
  • chocochips untuk taburan
Cara membuat :
  1. Panaskan oven, set di suhu 180 derajat celcius, siapkan paper cup
  2. Ayak tepung terigu, coklat bubuk, baking soda dan baking powder, sisihkan
  3. Tim coklat dengan api sangat kecil, ketika sudah meleleh masukkan butter/margarin. Kemudian masukkan gula pasir
  4. Aduk sampai gula pasir agak larut, angkat dan dinginkan sejenak
  5. Di mangkuk yang agak besar campur pisang dan telur serta vanilla, aduk rata, masukkan campuran coklat ke dalam campuran pisang, aduk rata
  6. Kemudian masukkan tepung dalam 2 atau 3 kali tahap. Aduk untuk setiap tahapan
  7. Tuangkan ke dalam paper cup 3/4 penuh, taburi dengan chocochips
  8. Panggang selama kurang lebih 20-25 menit, ketika test tusuk hasilnya masih ada remah moist yang menempel (waktu panggang tergantung oven dan besar kecil paper cup)
  9. Keluarkan dari oven dan dinginkan

muffin pisang dobel coklat

Nah semoga resep muffin pisang coklat ini bisa bermanfaat ya, silakan mencoba dan semoga sesuai dengan selera ya...


Selamat mencoba..



NewerStories OlderStories Home

6 comments:

  1. Enaknya tu muffin. Keliatan moist ya, mba...comot atu ahh!!! Hahaaaa
    ~Rini

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba Rini, ini moist mba walaupun dipanggang... silakan dicomot gambarnya mba he he he

      Delete
  2. Walah-walah mbak Monic, sampai segitunya buat menghabiskan makanannya saja pakai guru sophie. Sini aku juga mau ikut menghabiskannya.... Kucingnya mbak monic, kalau nggak mau di paksa buat makan,,, siapa tahu dapat jempol dari kucingnya,,, hehehehe pizzzz

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas begitu deh, kalau dekat enak nih bisa dapat bantuan dari mas Anis juga he he he...
      he eh maunya sih kucingnya makan juga, tapi ogah kucingnya gitu mas..

      Delete
  3. Kirim ke sini, mba Monic kue-kuenya. Di rumah banyak pasukan yang akan menghabiskannya. Saya kalau buat kue malah sering tidak cukup dimakan satu keluarga. Begitulah kalau masih tinggal sama orangtua dan saudara, ada ipar dan ponakan juga, jadi pasukan tempurnya banyak. Heheheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah seru kalau pasukan tempurnya banyak he he he... kalau banyak begitu jadinya semangat di dapur... buat apa aja pasti laris ya.. he he he

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.