Nasi Goreng Kunyit & Kemangi



resep nasi goreng kunyit kemangi

Aihhh kembali lagi ya saya dengan postingan nasi goreng, kali ini saya ada resep nasi goreng kunyit dan kemangi, nah ditambah juga campuran dada ayam dan ikan tuna, dicampur juga dengan irisan bayam dan dibuat super pedas...duh sudah kebayang tidak rasanya? oh iya supaya lebih enak saya tambahkan juga terasi di bumbu halusnya, bagaimana?

Sepertinya kalau ingin makan nasi goreng pedas, saya buat yang versi nasi goreng kunyit begini, duh mantap deh rasanya. Pernah dulu saya buat di Palembang, big bro serta ibu saya suka sekali dengan rasanya, pedas... tapi enak.. begitu komentarnya, ya iyalah ya.. pedasnya itu bikin nagih he he he..

Nah ada cerita sedikit, saya punya teman di Jakarta, dulu teman sekerja di Batam dan sekarang teman saya ini di Jakarta. Hmm ada perlombaan neh dalam rangka perayaan hari kemerdekaan RI, nah ceritanya mau buat nasi goreng. Jadi kita bbm-an, dan singkat cerita, teman saya ini memilih nasi goreng kunyit yang akan dibuat untuk lomba. 

Dan ternyata eng-ing-eng... nasi goreng kunyitnya menjadikannya juara I, wah saya katakan kok bisa? lah iya karena nasi goreng ini beda, peserta lain membuat nasi goreng biasa. Nah kategori biasa itu saya tidak tanya lebih lanjut. Saya ikut senang karena nasi goreng kunyitnya menjadi jawara, yipppiii...

Jadi nih ceritanya tadi pagi saya kok ingin makan nasi goreng pedas, eits ingin makannya sih kemarin malam ya, tapi ditahan sampai besok paginya, karena ribet juga kali ya buat nasi goreng malam-malam, pedas pula, he he he, mana bahan-bahan tidak lengkap.

Akhirnya ke pasar deh pagi harinya, beli bahan-bahan yang kurang, dan tada... jadilah nasi goreng kunyit ini. Nah sebelumnya saya sudah pernah posting nasi goreng kunyit dengan campuran brokoli, lalu ada nasi goreng kunyit dengan campuran sosis. Hmmm enak mana.. enak semua kakak... secara letak enaknya itu di bumbunya itu, campuran bahan lainnya hanya pelengkap. 

Aih bicara nasi goreng, sepertinya saya ini penggemar nasi goreng ya, sudah berapa neh resep nasi goreng yang saya posting di blog ini. Nah memang nasi goreng itu banyak sekali ya jenisnya, duh jadi bingung deh suka yang mana, sesuai selera saya semua he he he... Bagaimana dengan pembaca sekalian, penyuka nasi goreng? biasa saja atau malah tidak suka sama sekali dengan nasi goreng? uhuy kalau yang itu kembali lagi kepada selera ya...

Okey deh kembali lagi kepada nasi goreng kunyit dan kemangi ini, berikut resepnya ya, walaupun hanya resep nasi goreng, tapi semoga bisa menginspirasi tambahan jenis nasi goreng yang biasa dibuat... silakan..

Nasi Goreng Kunyit & Kemangi

Bahan :
  • 2 piring nasi putih
  • 50 gr dada ayam, potong sesuai selera
  • 50 gr tuna, potong sesuai selera
  • 5 batang bayam, potong-potong
  • 1 genggam daun kemangi
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1/4 sendok teh merica bubuk
  • 2 butir bawang merah, iris
  • 1/2 sendok makan saus tiram
  • 1 sendok makan minyak untuk menumis

Bumbu halus :
  • 5 siung bawang putih
  • 12 butir cabai rawit
  • 2 sachet terasi
  • 5 cm kunyit

Bahan pelengkap :
  • telur mata sapi
  • irisan tomat

Cara membuat :
Tumis bawang merah sampai harum dan mulai sedikit kering, masukkan bumbu halus, tumis sampai harum dan tidak langu, masukkan dada ayam dan tuna, aduk rata, masak hingga berubah warna, tambahkan daun bayam, aduk hingga mulai layu, masukkan nasi, beri garam, merica dan saus tiram, aduk rata, masak hingga bumbu meresap, sesaat sebelum diangkat masukkan kemangi, aduk dan masak hingga kemangi layu, cicipi rasanya, angkat dan siap dihidangkan.


nasi goreng kuning

Nah semoga resep nasi goreng kunyit (kuning) kemangi ini bisa bermanfaat ya, silakan mencoba dan semoga cocok dengan selera ya...


Selamat mencoba...



NewerStories OlderStories Home

8 comments:

  1. Tetap semangat ngeblog postingin resep2 enak ya mba...krn bukan aq aja kan yg menanti resep2 mba setiap hari. Bnyk kan fans nya mba Monic yg nungguin setiap hari....:)
    -Rini

    ReplyDelete
    Replies
    1. aih aih... terima kasih mba Rini, duh senangnya mba Rini belum bosan aja mampir ke sini, selalu meluangkan waktu menulis komentar di sini... hug hug....

      Delete
  2. Gini nih baru mba Monic. Setiap hari pas online, dapat notif mba Monic update blog. Jadi tidak merasa ada yang hilang lagi.

    Saya juga pecinta nasi goreng, mba Monic. Setiap makan di luar, walau banyak menu lain yang menarik, saya tetap pilih nasi goreng, hehehe...
    Apalagi buatan sendiri, pasti lebih sedap.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ha ha ha mba Ima bisa aja... eh btw terima kasih ya mba Ima sudah rajin sekali mampir dan meluangkan waktu menuliskan komentar di sini..
      he eh mba... toss dulu ya kita sebagai pencinta nasi goreng... wah seru tuh mba pesenan mba Ima nasi goreng aja.. buat sendiri memang sedap ya mba bisa suka-suka kita

      Delete
  3. Ya iya lah aq seneng mampir ke sini, yg punya blog ramah dan sering posting resep2 enak hehe...hug hug :)
    -Rini

    ReplyDelete
  4. Nasgor dikasih kunyit warnanya jadi tantik yah. Aku juga hobi nasgor dikasih kunyit gini

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba bener warnanya jadi ngejreng gitu ya... jadi tambah semangat makannya halah...

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.