Nasi Lemak



resep nasi lemak

Sudah masuk bulan Oktober saja neh kita ya, ternyata kita sudah berada di penghujung tahun 2016, halah... belum ya.. masih beberapa bulan lagi ya..he he he... Oke deh mari kita buka bulan Oktober ini dengan resep nasi lemak. What nasi lemak lagi? 

Iya neh secara pemilik blog kemarin sedang ingin makan nasi lemak, ya sudah buat saja, secara nasi lemak begini sih menurut saya tidak begitu susah membuatnya. Memang ya kalau bicara nasi lemak, nasi ini merupakan nasi yang kerap dijual di Batam sebagai sarapan. Nah di dekat rumah saya, cukup banyak penjual nasi lemak. Standar nasi lemak yang dijual dengan pelengkap kering tempe, bihun goreng seadanya dan telur rebus yang dikucuri sambal merah.

Ceritanya beberapa hari yang lalu mencoba nasi lemak di tempat yang baru, ealah ternyata penonton kecewa, nasi lemaknya tidaklah begitu enak rasanya. Jadilah punya niat buat sendiri deh.. lebih puas pastinya, dan makanan pendampingnya bisa dibuat sesuai dengan selera. Nah kalau nasi lemak ini, saya sukanya selain dengan sambal, harus ada kacang goreng dan teri goreng, baru deh nikmat nasi lemaknya, halah... ini kembali kepada selera kalau yang satu ini.

Pendamping nasi lemak itu suka-suka ya, bisa ayam goreng, telur dadar, telur bulat, ikan goreng, sambal teri, dll, menyesuaikan dengan selera pembuatnya. Beberapa resep nasi lemak sudah saya coba dan sudah saya posting di blog ini ya, sebut saja nasi lemak pandan dengan rice cooker, lalu ada nasi lemak ala nasi lemak lover. Nah kali ini saya buat nasi lemak dengan referensi dari blognya Kak Ayu - Curlybabe's Satisfaction - nasi lemak sedap dan sambal bilis nasi lemak. 

Takaran dan menu pendamping saya sesuaikan sendiri dengan selera saya. Selain itu kali ini saya masak tidak menggunakan rice cooker, hanya menggunakan kukusan, karena di rice cooker masak nasi putih biasa. Nah yang mau memasak dengan rice cooker, setelah santan mendidih, boleh tuang ke dalam panci berisi beras yang sudah dicuci dan ditiriskan, lalu masak deh seperti memasak nasi biasa di rice cooker.

Apa yang berbeda dengan nasi lemak sebelumnya? kali ini santannya dimasak dulu supaya nasi lemaknya semakin gurih. Nah karena ini versi kukus, jadi saya masak nasi lemak ini, terlebih dahulu saya tumis bawang bombay, serai, masukkan santan, daun pandan, garam, gula kemudian masak hingga mendidih, masukkan beras yang sudah dicuci baru deh masak hingga santan terserap beras, kemudian pindahkan ke kukusan, masak hingga matang.

Oh iya di resep ini, kak Ayu perasakan sedikit dengan aji, nah aji ini adalah penyedap rasa ya, jadi kalau yang biasa menggunakan penyedap rasa ataupun kaldu bubuk di nasi gurih begini, silakan saja tambahkan sesuai selera ya.. berhubung saya memang tidak menyetok penyedap rasa maka saya tidak tambahkan. 

Okey deh, berikut resep nasi lemak yang saya buat ya... 

Nasi Lemak

Bahan :
  • 500 gr beras, cuci bersih, tiriskan
  • 600 ml santan (saya gunakan 2x65ml santan instan +air)
  • 1 buah bawang bombay ukuran sedang, iris
  • 1 batang serai, ambil bagian putihnya, memarkan
  • 2 cm jahe, memarkan
  • 2 lembar daun pandan, simpulkan
  • 1 sendok teh garam
  • 1/2 sendok makan gula
  • 1/4 sendok teh merica hitam bubuk, atau bisa haluskan merica hitam butiran, atau kalau tidak ada bisa gunakan merica putih
  • 1 sendok makan minyak untuk menumis

Cara membuat :
Tumis bawang bombay sampai transparan, masukkan serai dan jahe, tumis sampai harum, masukkan santan dan daun pandan, aduk rata. Masukkan gula, garam, merica hitam, masak hingga mendidih, cicipi rasanya, masukkan beras, aduk rata dan masak hingga santan terserap beras, sementara itu panaskan kukusan hingga airnya mendidih. Pindahkan beras ke dalam kukusan, masak hingga matang.

Sajikan nasi lemak dengan pelengkapnya, pelengkapnya sesuai selera ya... saya sajikan dengan bihun goreng, silakan boleh cari resep bihun goreng di blog ini ya... nah aneka sambal juga boleh search ya.. atau kalau punya resep andalan sendiri, silakan dikreasikan sesuai dengan selera.


cara membuat nasi lemak


Nah semoga resep nasi lemak kali ini bisa bermanfaat ya, silakan mencoba dan semoga cocok dengan selera ya...



Selamat mencoba...



NewerStories OlderStories Home

8 comments:

  1. Hhmmmmm... Dari fotonya saja sudah kebayang enaknya, apalagi pake kacang, TOP BGT pastinya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. he eh mba Ima, lebih enak sedikit daripada beli ha ha ha... wuih nasi lemak ini benar-benar pantangan mba Ima ya he he he, ada telur, santan, kacang, teri.. hadeuh... timun aja ya boleh ya...

      Delete
  2. Iya,mba. Makanan pantang yang sukses bikin ngiler. Hehehe...

    Mba, mau tanya nih?
    Kok akhir-akhir ini tidak posting tiap hari? Biasanya kan tiap hari ada tulisan baru di blognya mba Monic. Mba Monic sehat kan? Gak lagi sakit? Atau mba Monic ada kesibukan yang lain ya? Ihhh... Udah kayak wartawan aja nih, pertanyaan saya banyak amat, hehehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ya mba, makanan pantang he he he..
      iya neh neh mba Ima, kok sekarang sedang tidak begitu mood membuat tulisan baru setiap hari, biasanya sih kalau sedang tidak mood ya saya paksakan juga, nah ini sedang tidak mood ya saya biarkan saja he he he, tapi semoga tidak keterusan ya malasnya..

      terima kasih mba Ima atas perhatiannya, semoga saya tetap semangat ya..

      Delete
  3. Nasi lemak alias nasi uduk. Sego liwet yen wong jowo hihi....pelengkapnya duh bikin ngeces ituh....

    ReplyDelete
    Replies
    1. He eh mba, podo wae yo... eh kalau di palembang nasi gemuk mba yang kayak gini he he he...

      Delete
  4. Halo Monica,
    waduh sudah banyak recipe akak ketinggalan ni..
    semuanya sedap2 belaka..terimakasih ya sudi mencuba nasi lemak sedap ni..akak pun sekarang kalau masak nasi lemak ya guna recipe ini aje..hehe..akak link your blog to mine ok..:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai hai kak Ayu..
      iya kak, memang sedap nasi lemaknya, lebih gurih ya.. ok kak, thank you very much ya kak..

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.