Pad Kee Mao (Thai Drunken Noodles)



pad kee mao

Ceritanya saya masih ada stok mie beras basah di kulkas, nah sudah bosan kan dengan resep kwetiau biasa. Setelah beberapa hari yang lalu membuat pad see ew, kali ini saya coba juga masih kategori Thai food- pad kee mao atau Thai drunken noodles

Ada beberapa versi mengatakan kalau mie ini disebut drunken noodles karena ada penggunaan rice wine, padahal tidak ada penggunaan alkohol pada masakan asli Thailand, ada juga yang mengatakan kalau menyantap mie ini selalu disandingkan dengan minum bir, atau ada juga yang mengatakan kalau ada seorang pemabuk yang membuat mie ini dengan bahan yang tersedia. Apapun itu, namanya juga nama ya.. bisa macam-macam versi... nah kalau bicara makanan... sebagai penikmat makanan, saya sih yang mana saja namanya hayuks... yang penting rasanya...ha ha ha..

Bicara pad kee mao ini, seperti halnya resep-resep lainnya, tentu tidak semua sama ya, ada bahan yang sama, ada yang tidak, nah tergantung kita kan mau menggunakan bahan apa saja, selama tentu tidak begitu menyimpang dari aslinya, betul?

Kalau bicara rasa, pad kee mao ini cenderung pedas, dan yang umum di resep pad kee mao ini adalah penggunaan Thai basil atau kemangi Thailand. Kalau kemangi di Indonesia disebut dengan Indonesian basil. Nah kalau dari penampakan beda tipis dengan Thai basil, kalau dari segi rasa, jangan tanya saya kakak, belum pernah coba makan Thai basil he he he...

Tidak ada Thai basil, jangan putus asa, walaupun rasanya tidak akan otentik dengan pad kee mao yang ada di Thailand, gunakan saja kemangi atau Indonesian basil. Namanya juga usaha kan... yang penting kan rasa di balik makanan tersebut.. ya kan..

Pada dasarnya pad kee mao ini adalah kwetiau goreng tapi dengan tambahan kemangi, he he he.. eh tapi kalau pad kee mao ini tidak diberi tambahan sayuran lainnya lagi, walaupun ada juga beberapa yang menambahkan chinese broccoli, baby corn (jagung muda) ataupun tauge

Nah kali ini saya masih juga mengacu pada resepnya pad kee mao milik Nagi - recipe tin eats. Secara memang saya tahu makanan begini dari blognya Nagi ini. Baru deh saya membandingkan dengan resep-resep lainnya yang pada kesimpulannya kurang lebih sama.

Oh iya bicara pad kee mao ini, ada juga resep yang mirip, tapi itu tumisan ayam kemangi, dan memang adalah Thai food juga, rasanya bagaimana? enak...itu kata saya ya.. secara paduan kemangi dan rasa pedasnya itu mantap.. kalau mau lihat boleh klik link ini : ayam tumis cabai kemangi ala Thai.

Resep milik Nagi hanya referensi, selebihnya, suka-suka saya dengan takaran dan bahan. Jadi beginilah yang saya buat... berikut resepnya ya.. silakan..

Pad Kee Mao (Thai Drunken Noodles)

Bahan :
  • 200 gr mie beras /kwetiau basah
  • 150 gr dada ayam, potong sesuai selera
  • 2 genggam daun kemangi
  • 5 butir cabai rawit merah, iris tipis
  • 1 batang daun bawang, potong-potong (upps yang ini saya lupa gunakan)
  • 5 siung bawang putih, memarkan, cincang
  • 1/4 sendok teh merica bubuk
  • 1 sendok makan minyak untuk menumis

Bahan saus : campur jadi satu
  • 2 sendok makan kecap manis
  • 1 sendok makan kecap asin gelap
  • 1 sendok makan saus tiram
  • 1 sendok makan air

Cara membuat :
Bilas mie beras basah dengan air matang suhu ruang, tiriskan, sisihkan. Dengan api besar, tumis bawang putih sampai harum, masukkan irisan cabai rawit, masak sebentar, masukkan potongan dada ayam, masak hingga berubah warna, masukkan mie beras, tambahkan saus, aduk rata, beri merica bubuk, aduk rata kembali, masukkan kemangi dan daun bawang, aduk rata, cicipi rasanya, angkat dan siap dihidangkan dengan segera.


resep pad kee mao thai drunken noodles

Nah semoga resep pad kee mao (Thai drunken noodles) ini bisa bermanfaat ya, silakan mencoba dan semoga cocok dengan selera ya...



Selamat mencoba...



NewerStories OlderStories Home

6 comments:

  1. Mba...aq td eksekusi nasi goreng kunyit pedas buat makan siang. Alhamdulillah orang2 di rumah pd suka mba.
    ~Rini

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah wah... senang deh kalau disuka ya..berarti cucok ya mba dengan selera orang2 rumah...aih aih senang..

      Delete
  2. Wuihhh... Cabenya menggoda, mba. Padahal belum boleh makan cabe-cabean, ups....pedas-pedas maksudnya, hehehe...

    Setelah Demam masakan Palembang, sekarang demam masakan Thailand ya, mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. he eh mba Ima, lihat cabe kok ya mesti menggoda ya.. tahan dulu ya.. belum boleh..

      hi hi hi iya neh, mba Ima tahu aja sekarang demam masakan Thailand.. waduh..

      Delete
  3. Hai mbak monic... sudah lama gak mampir kesini, sekali mampir males pulang. Postingannya menggoda semua he..he...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai hai hai mba Lenny mampir lagi.. iya ya mba sudah lama tidak mampir, duh ada tamu lama neh.. siapin teh dan cemilan dulu he he he...
      mba Lenny sibuk dengan orderan cake ya.. semoga makin sukses ya mba..

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.