Setup Pisang



resep setup pisang

Sebenarnya mood menulis sedang tidak ada neh, tapi tuntutan harus update, jiahhh, siapa yang menuntut buk? he he he... biasalah ya.. memang terkadang kalau sudah berapa hari tidak update blog itu terasa ada yang kurang, tapi berhubung sedang tidak mood terkadang ya sudahlah, nanti deh updatenya.. tapi hati nurani bicara...harus rajin update, paling tidak pembaca setia ketiban resep baru, walaupun hanya resep setup pisang yang super gampang ini, halahhh...

Nah kali ini mood saya memasak dan mood ngeblog dua-duanya jeblok, kompakan malas. Biasanya neh saya sudah punya sederet list di kepala apa yang mau saya coba buat, resep baru atau hanya resep modifikasi, paling tidak untuk bekal sekolahnya Sophie. Tapi rasa malas itu membuat buntu kepala, seperti tadi pagi, saya sudah bimbang mau buat apa ya untuk bekalnya Sophie, mau buat roti, duh malas, mau buat gorengan simpel, malas juga.

Hmmm kepikiran mau buat pastry saja, secara ada kulit puff  pastry di freezer, sudah dipikir-pikir mau buat apa, sambil ingat-ingat di kulkas punya bahan apa ya untuk puff pastry ini, aih tapi malas kembali melanda, duh repot ah kalau pastry, walaupun hanya pakai kulit pastry siap pakai.  Akhirnya, saya memutuskan, sudahlah buat nasi goreng saja, nasi goreng dengan caisim, telur dan dada ayam. Nah sebagai tambahan saya buat ayam tepung saja, ayam tepung versi chicken popcorn yang empuk bukan yang krispi.

Kemarin juga, bekalnya hanya minta roti tawar dengan selai kacang, duh pas sekali nak... kamu tahu emakmu lagi malas berkarya di dapur, he he he. Sehari sebelumnya hanya buat pizza roti tawar. Secara pesanan Sophie yang pizza mini belum bisa atau tepatnya belum mood untuk saya buat. Jadi masih hutang pizza mini neh. Nah besok, entah masih malas atau tidak.

Jadi kembali ke resep setup pisang ini, biasalah ya, resep yang ngendon di draft, resep penyelamat di kala malas masak atau foto-foto. Ceritanya resep ini sudah lama sekali ada di draft, resep tahun lalu, apa? begitu lamanya kah? he eh benar kok..

Nah setup pisang ini sih sama saja ya dengan setup rambutan resepnya plek, beda di rambutan ganti pisang. Kalau mau bisa juga ganti salak atau apel atau juga nanas. Untuk pisangnya kali ini saya gunakan pisang kapas, ternyata masih mengkal, ada rasa sepet sedikit, kalau pakai pisang kepok tentu lebih enak neh... jadi kayak makan kolak, tapi tidak bersantan.

gambar pisang kapas

Setup ini menurut saya enak dinikmati hangat ataupun dingin, keduanya sama enak, kalau hangat enak karena berempah, ada kayumanis dan cengkeh, kalau dingin, segar dan wangi, jadi pas di segala suasana.

Jadi di cuaca yang menurut saya tidak menentu ini, yang kalau sedang tidak hujan, panasnya ampun-ampun, tetapi kalau hujan sedikit dingin, maka menyantap setup pisang cukup enak.

Upss saya baru menyadari kalau foto setup pisang dan setup rambutan sama persis. Kok bisa ya, serius loh kedua minuman ini saya buat beda waktu. Nah mungkin masih menyisa di ingatan saya format dan gaya foto setup rambutan. Hulala... sama...hanya beda di alas, ketika melihat kedua foto ini saya hanya bilang, loh kok... loh kok bisa..ah tapi namanya saya, malas sekali kalau mau foto ulang, ya sudah biarkan saja ya...namanya juga usaha he he he.. penasaran dengan foto kedua resep ini, monggo silakan klik resep setup rambutan.

Okey dokey, sudah ya celotehnya, lanjut ke resep saja, silakan..

Setup Pisang

Bahan :
  • 2 buah pisang, bisa gunakan pisang kepok, raja (saya gunakan pisang kapas, kupas, potong melintang atau sesuai selera)
  • 2 batang kayu manis @3cm (kurangi jika tidak begitu suka aroma kayu manis yang kuat)
  • 5 butir cengkeh
  • 500 ml air
  • 6 sendok makan gula pasir (sesuaikan dengan selera)
  • 1 buah jeruk calamansi/jeruk limau (atau bisa gunakan jeruk nipis)

Cara membuat :
  1. Di panci, campur air, gula, kayu manis dan cengkeh, masak hingga air mendidih dan gula larut
  2. Cicipi rasanya, tambahkan gula jika perlu, atau jika kemanisan tambahkan air
  3. Masukkan potongan pisang ke dalam panci, masak sebentar saja kurang lebih 1 menit, angkat dan tuangkan ke dalam wadah
  4. Beri perasan air jeruk calamansi atau air jeruk nipis, aduk rata
  5. Jika mau disantap hangat, tuang ke dalam gelas saji
  6. Masukkan ke dalam kulkas jika ingin disantap dingin
  7. Hidangkan jika sudah dingin, atau jika suka beri es batu 

resep mudah setup pisang

Nah semoga resep setup pisang ini bisa bermanfaat ya, silakan mencoba dan semoga cocok dengan selera ya...


Selamat mencoba..



NewerStories OlderStories Home

4 comments:

  1. Hus... Hus... Malas... Sana jauh-jauh!
    Semoga mba Monic tidak malas lagi ya!
    Resep ini cocok mba buat saya. Pengen nyobain ah.
    Makasih banyak, mba Monic atas resep simplenya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi ho hi ho... semoga jadi rajin...
      iya ya cucok, ga pake lemak, ga pake santan ga pake susu...klop deh..
      sipp dicoba mba Ima, semoga cocok dengan selera ya

      Delete
  2. Kalo dingin abis di simpen di kulkas enak banget, nyokap ku selalu buat ini buat buka puasa

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh mas Cumi suka ya dengan setup pisang versi dingin, iya mas memang enak ya kalau dingin gitu..

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.