Martabak Es Krim



resep martabak es krim

Posting kudapan manis dulu neh, kalau istilah kerennya dessert begitu.. yup sudah terlihat kan dari gambar dan bisa terbaca dari judulnya, martabak es krim. Aih aih, saya sih selama ini buat martabak ya toppingnya kalau tidak coklat ya keju, nah kali ini buat yang agak norak sedikit ha ha ha...boleh donk ya..

Maunya sih buatnya yang versi mini, tapi apa mau dikata, cetakan martabak mini yang biasa juga digunakan untuk cetakan kue lumpur, kue serabi atau kue carabikang tidak ada euy, nah teflon mini juga tidak ada, ya sudah donk, masak sih mundur karena tidak punya cetakan, akhirnya pakai teflon besar saja, dan karena ini akan menonjolkan toppingnya tentu aneh kan kalau martabaknya dilipat, jadilah dibuat seperti pizza saja, dibagi dengan pisau pizza dan diberi topping suka-suka dannnnn ini nih yang buat beda di belakang judulnya, ada es krimnya..asyik kan... kalau main candy crush saga, tasty, sweet, delicious..ha ha ha... yang buat asyik main candy crush saga ya itu deh kalau sudah dengar kata-kata itu.. atau kalau versi candy crush soda.. yang paling asyik dengar kata sodalicious..

Nah versi martabak norak begini kalau saya katakan sih versi praktis dari martabak es krim ya, secara martabaknya pakai resep martabak rumahan yang menggunakan teflon, lalu es krimnya juga es krim yang praktis, hmmm apa tuh.. pernah coba es krim bubuk dari Haan? itu loh yang biasanya dijual dengan sachet dengan berbagai varian rasa, kalau mau membuatnya tinggal campur air es, mixer dengan kecepatan tinggi hingga mengembang dan lembut, masukkan ke dalam freezer salama kurang lebih 8 jam, jadi deh siap disantap.

martabak es krim premix haan

Sebenarnya kalau mau sedikit repot bisa juga sih menggunakan whipped cream dan biasanya ya saya gunakan merk Haan juga. Mau buat yang versi mangga, tinggal campur dengan jus mangga dingin, atau mau buah-buahan lain, tinggal campur dengan jusnya, lalu kocok deh sampai mengembang. Atau mau yang versi coklat, bisa campur dengan susu coklat dingin. Tapi kalau yang versi es krim sachet begini sudah tersedia rasanya.

Jadi ceritanya begini nih, masih ingat tidak postingan saya tentang TOKO WAHAB, itu ada di postingan resep cake buah kukus. Jadi toko Wahab ini kan toko bahan kue dan masakan ya, yang sedang mengembangkan usahanya untuk membantu UKM-UKM untuk mendapatkan bahan-bahan kue dan masakan dengan harga murah. Nah beberapa hari yang lalu toko Wahab mengirimkan es krim bubuk Haan ini dan beberapa jenis selai buah. Uhuy, terima kasih ya toko Wahab, kalau begini kan enak, bisa coba resep tapi bahannya gratis he he he...

Toko Wahab ini berada di Jakarta, tepatnya di Jalan Gunung Sahari I No.40, Senen-Jakarta Pusat. Jadi yang mau berbelanja bahan kue dan masakan dengan harga murah, silakan kunjungi tokonya ya. Atau bagi yang di luar Jakarta, jangan takut, Toko Wahab juga bisa diakses secara online, temukan bahan yang dicari di website TOKO WAHAB. Pengiriman barang ke luar daerah akan dilakukan oleh pihak ekspedisi. Nah jika ada pertanyaan, silakan hubungi tokonya ya.. ada nomor telepon yang tertera di websitenya.

Atau bagi yang baru mau merintis usaha makanan, bingung dengan usaha makanan apa, hmmm usaha martabak es krim sepertinya bisa juga dijadikan pilihan, tinggal persiapkan segala sesuatunya, dan tentu saja kalau mau memperoleh bahan baku martabak ini dengan harga murah atau harga grosir, silakan hubungi toko Wahab.

Hmm kembali lagi ke produk selainya ya, jadi selai ini cocok dijadikan topping martabak es krim ini, sebagai olesan martabak dan sebagai pemanis di es krimnya. Selai yang saya gunakan kali ini adalah selai buah merk Chobaku, bisa temukan di produk selai buah Chobaku toko Wahab. Selai ini kalau kata saya sih enak, dan terlihat lebih meyakinkan karena masih terlihat butirannya, halah...Jadi yang namanya selai buah tentu cocok juga buat isian roti, topping donat dan martabak atau hanya sebagai olesan roti tawar. Sippp... yang tertarik lebih jauh tentang si selai ini, monggo klik link tersebut ya.

Selain selai tentu toko Wahab ini menjual aneka tepung premix ya (tepung siap pakai yang sangat mudah digunakan, menghemat waktu, menghindari kesalahan pengukuran), termasuk premix ice cream merk Haan ini. Tidak hanya premix ice cream ya, ada juga premix muffin, premix pancake, dll, silakan cusss yuk ke websitenya di tepung premix toko Wahab. Kalau butuh info lebih jauh tentang tepung premix ini, silakan hubungi nomor telepon yang tertera di websitenya ya, dapatkan keuntungan dengan pembelian secara grosir.

Nah kembali ke resep  martabak es krim ini ya, untuk resep martabaknya saya masih menggunakan resep martabak teflom mudah yang sudah pernah saya posting di sini martabak manis teflon, hanya kali ini ada sedikit modifikasi saya kurangi sedikit takaran tepung terigunya dan saya ganti dengan tepung tapioka supaya lebih kenyal. Untuk resep di bawah menghasilkan 2 buah martabak ukuran teflon 26cm. 

Cukup merepotkan juga sih mempersiapkan topping dan es krim ini, karena ini kan mau difoto cantik begitu ya...halah... tapi apa daya, mau saya fotonya cantik menggemaskan tapi begitu saja kemampuan saya.. secara parno duluan,coba bayangkan nih saya sudah susun martabaknya di alas dan saya letakkan di meja (uppps pinjam meja Sophie dulu), lalu berpacu dengan waktu menyendokkan es krimnya, secara kan kalau di Batam yang udaranya aduhai panasnya repot pokoknya kalau ada es krim yang terlibat, tapi lega... cuaca cukup mendukung, mendung sesekali hujan, jadilah es krimnya mau diajak kerja sama.
resep martabak teflon es krim

Okehlah kakak, terlalu panjang ya celoteh saya, berikut langsung ke resep ya... silakan...

Es Krim Haan

Bahan :
  • 1 sachet es krim bubuk Haan rasa strawberry kemasan 85gr + air es 150ml
  • 1 sachet es krim bubuk Haan rasa vanilla kemasan 85gr + air es 150ml
  • 1 sachet es krim bubuk Haan rasa coklat kemasan 85gr + air es 150ml

Cara membuat :
Untuk satu jenis rasa tuangkan bubuk es krim ke mangkuk kocok, tuang dengan air es sebanyak 150 ml, kocok dengan mixer kecepatan tinggi selama kurang lebih 3-5 menit sampai mengembang dan lembut. Matikan mixer, tuangkan ke wadah bertutup, tutup rapat dan simpan di dalam freezer selama kurang lebih 8 jam. Lakukan untuk bubuk es krim rasa lainnya.

Catatan : 
Gunakan air es yang sangat dingin karena kalau kurang dingin tidak akan mengembang bagus, siapkan dulu es krimnya hingga jadi baru kemudian membuat martabaknya.



Martabak Manis Teflon

Bahan :
  • 200 gr tepung terigu protein sedang
  • 50 gr tepung tapioka
  • 50 gr gula pasir
  • 1/4 sendok teh ragi instan
  • 1/4 sendok teh soda kue (penting : masukan soda kue sebelum adonan dituang di teflon)
  • 350 ml air
  • 1 butir telur, kocok lepas
  • 1/4 sendok teh garam

Pelengkap :
  • gula pasir
  • margarin
  • susu kental manis
  • keju parut
  • dcc serut
  • selai buah

Cara membuat :
  1. Di mangkuk, campur terigu, gula pasir, ragi instan, telur, garam, tuang air perlahan
  2. Aduk dengan balloon whisk hingga adonan mulus dan tidak bergerindil lagi 
  3. Diamkan selama kurang lebih 30 menit tanpa ditutup
  4. Panaskan teflon dengan api sedang (pastikan benar-benar panas, dengan catatan, teflon tidak perlu dioles minyak atau margarin)
  5. Beri soda kue ke adonan, aduk rata
  6. Tuang ke dalam teflon ukuran 26cm sebanyak setengah bagian
  7. Ratakan dengan bagian dasar sendok sehingga adonan bisa menyebar sampai ke tepi teflon
  8. Begitu sudah mulai bersarang (muncul pori-pori), tutup teflon lalu kecilkan api
  9. Begitu sudah mulai kering permukaan, taburi dengan gula pasir (optional), lalu tutup lagi sebentar hingga bagian tepi mengeras
  10. Angkat, oles margarin, beri susu kental manis dan beri topping, begitu sudah tidak begitu panas lagi sendokkan es krim, beri selai di atas es krim, siap dinikmati.

Catatan :
Jika suka menikmati martabak yang masih hangat, beri es krim ketika martabak masih hangat, lalu segera santap, karena es krim akan sangat cepat meleleh dalam kondisi yang masih hangat. 

resep martabak es krim mudah

Nah semoga resep martabak es krim ini bisa bermanfaat ya, silakan mencoba dan semoga cocok dengan selera ya...


Selamat mencoba....




NewerStories OlderStories Home

4 comments:

  1. Martabak ice cream..sedapnya..
    nampak jadi rongga2nya tu..kalau disini dipanggil apam balik..
    intinya kacang..dibubuh sedikit cream corn..dan yang ada chocolate rice..:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kak sedap, tapi so sweet he he he..iya kak rongganya jadi, betul sama ya kak hanya beda nama

      Delete
  2. Duh... Enaknya, mbak. Ngiler pisan euy....
    Sayangnya pakai telur dan es krimnya pasti mengandung susu yang berarti banyak lemaknya. Telan ludah lagi deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba, sangat berlemak.. sabar ya..
      pengen juga buat cemilan yang masuk kategori boleh makan mba Ima, hmmm kapan ya...
      aih tapi mba Ima pinter, makanannya sudah bisa buat sendiri, enak tanpa telur, tanpa susu tanpa santan

      setelah pizza sekarang serabi ya..serabinya enak kliatannya bersarang banget, empuk walaupun tanpa telur

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Silakan kalau mau mempromosikan blog/website, gunakan komentar dengan nama atau nama blog/website dan url, tetapi komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.