Pempek Godo-godo



pempek godo godo palembang

Duh jangan bosan ya, ini pempek godo-godo lagi yang saya posting. Pada dasarnya sama saja dengan pempek godo-godo yang sebelumnya, nah yang ini pakai ubi jalar kuning dan ada campuran udangnya. Dan sebagai pengganti cukonya saya hanya menggunakan saus cocolan iris yang terdiri dari bawang merah, bawang putih, cabai rawit, tomat serta kecap dan diberi air jeruk nipis. Rasanya tetap enak sebagai cocolan pempek godo-godo ini.

Tadinya saya pikir ubi jalar kuning tidak akan enak dipakai untuk pempek godo-godo ini, eh ternyata enak-enak saja. Hmmm tahu kan ubi jalar kuning ini kulit luarnya merah dan biasanya suka digunakan abang gorengan untuk ubi gorengnya.

Nah di cuaca mendung selalu ini, enak kan kalau menikmati gorengan. Jadi yang tertarik membuat gorengan, boleh coba salah satu gorengan berbahan dasar ubi jalar ini. Walaupun tanpa cuko ataupun cocolan seperti yang saya buat kali ini, dengan dicocol saus sambal atau dengan cabai rawit pun tetap enak.

Eits... sedikit beda topik dulu, wah tidak terasa ya sudah di penghujung bulan November, wah sebulan lagi sudah berganti tahun. Cepat sekali waktu berlalu, terkadang saya suka ingat ketika saya masih sekolah, duh sudah sangat lama sekali ternyata. Apalagi kalau lihat anak-anak sekolah neh, bukan anak TK atau SD yang saya perhatikan tapi anak SMP atau SMA, he he he..mulai deh ada kilasan masa-masa SMP dan SMA... ternyata waktu itu saya masih sangat muda ha ha ha..

Ya kalau sekarang ternyata memang makin lama makin terasa cepat waktu berlalu, detik berganti detik, menit berganti menit, jam berganti jam, hari berganti hari... dan akhirnya tahun berganti tahun.. masa demi masa terlewati, ceileh...

Dan tahun depan, anak saya si Sophie gembul ini sudah mau masuk SD, wakakak... sudah semakin besar juga dia. Barusan bulan kemarin dia ulang tahun yang ke-5 dan tadi masak sudah mau ulang tahun lagi katanya. Lalu saya katakan ya belum donk, masih lama lagi, nanti Adul Bedul dulu yang ulang tahun baru Pipi.

Adul Bedul ini memang umurnya selisih kurang lebih 7 bulan saja dengan Sophie. Jadi kami ambil si Bedul ini di pasar ketika dia masih kecil, yang kami perkirakan umurnya satu bulan. Hmmm jadi berdasarkan tanggal pengambilan kami kurangkan satu bulan, nah itu deh tanggal ulang tahun Bedul. Nah anehnya sampai sekarang Bedul ini tidak mau terlalu dekat dengan Sophie, dari pertama Sophie lahir Bedul ini sudah menjaga jarak. Walaupun Sophie semakin besar semakin baik terhadap Bedul, sudah bisa mengganti air minum Bedul, sudah bisa mengambilkan ikan di dapur lalu memberikannya kepada Bedul, membukakan pintu kalau Bedul minta keluar atau masuk rumah. Tapi tetap saja Bedul tidak mau terlalu dekat dengan Sophie.

Ya begitu deh, mungkin karena ada perasaan tersaingi kali ya, dulu sebelum Sophie lahir Bedul ini memang jadi pusat perhatian kami. Nah ketika Sophie lahir mulai deh sedikit tidak diperhatikan Bedulnya. Mungkin walaupun namanya kucing tetap bisa merasakan kali ya... eits tapi ini mungkin ya, saya bukan pakar kucing he he he..

Upsss sudah ya cerita beda topiknya... lanjut ke resep... walaupun kurang lebih sama dengan resep pempek godo-godo khas Palembang dan pempek godo-godo talas, berikut saya tuliskan lagi resepnya ya... silakan..

Pempek Godo-godo

Bahan :
  • 350 gr ubi jalar kuning, potong korek api (atau bisa gunakan ubi jalar putih atau talas)
  • 120 gr tepung terigu protein sedang
  • 60 gr tepung kanji/tapioka
  • 2 butir telur, kocok lepas
  • 1 batang daun bawang, iris halus
  • 2 batang seledri, iris halus
  • 4 siung bawang putih, haluskan
  • 100 gr daging ayam cincang
  • 100 gr udang tanpa kulit dan kepala, bersihkan kotorang punggungnya lalu cuci dan cincang
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1/4 sendok teh merica bubuk
  • 100 - 125 ml air

Cara membuat :
  1. Masukkan potongan ubi jalar ke dalam mangkuk ukuran sedang, tambahkan tepung terigu dan tepung tapioka, garam, merica bubuk, bawang putih halus, daging ayam cincang, udang cincang, irisan daun bawang dan daun seledri, aduk rata
  2. Tambahkan telur kocok, aduk rata kembali
  3. Terakhir tambahkan air, sesuaikan jumlah air sendiri ya...jika dirasa kurang tambahkan lagi, aduk rata
  4. Ambil adonan sesendok demi sesendok
  5. Goreng dengan minyak panas dan api sedang hingga matang dan garing.
  6. Perhatikan supaya ketika menggoreng semua bagian terendam dengan minyak supaya godo-godonya garing di luar tetapi matang sampai ke dalam

Saus Cocolan :

Bahan :
  • 2 butir bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 10 butir cabai rawit
  • 1 buah tomat ukuran kecil
  • 3 sendok makan kecap manis
  • 1/4 sendok teh garam
  • 2 buah jeruk nipis, peras airnya

Cara membuat :
Iris bawang merah, cabai, tomat, lalu memarkan bawang putih dan iris. Di mangkuk campur semua bahan, aduk rata, biarkan beberapa saat hingga keluar airnya. Siap dijadikan saus cocolan godo godo.

Catatan : untuk takaran bahan saus cocolan bisa disesuaikan dengans selera ya.. yang ini hanya patokan saja.

pempek godo godo saus simpel

Nah semoga resep pempek godo-godo beserta saus cocolan simpel ini bisa bermanfaat ya, silakan mencoba dan semoga cocok dengan selera ya...



Selamat mencoba...



NewerStories OlderStories Home

2 comments:

  1. Aih..., aih...., si Bedul cemburu ya sama Sophie? Heheheh....

    Gorengan lagi...., gorengan lagi...
    Mbak Monic iihhh, suka godain aja deh. Heheheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba Ima sepertinya begitu... he he he...

      uppsss tidak bermaksud menggoda dengan gorengan loh ya hi hi hi

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.