Muffin Lemon Keju



muffin lemon keju

Helo helo... apa kabar? lama juga saya tidak update blog neh, pengaruh liburan juga kali ya, jadinya santai santai saja..ahai sebenarnya tidak juga, mungkin masih pengaruh mood ngeblog yang naik turun.

Oh iya bicara liburan, bagaimana rencana liburannya? di rumah saja atau jalan-jalan di sekitar tempat tinggal atau malah liburan keluar kota. Ke mana pun liburannya tetap asyik kan selama bersama orang-orang terdekat.

Kalau di Batam sendiri, kalau sudah masuk hari-hari libur begini rasanya kok sepi ya, atau hanya perasaan saya saja neh. Tapi iya sih di jalanan juga tidak sepadat hari-hari biasa. Pada liburan keluar kota sepertinya. 

Nah karena saya ini sedang libur juga dengan aktifitas membuat kue, halah.. pakai acara libur juga ya, jadi ceritanya kali ini saya gunakan resep draft lagi.. lagi? ahai untungnya itu kalau mood sedang tinggi saya suka mencoba resep itu sehari bisa lebih dari 1. Jadi ceritanya tabungan resep begitu ha ha ha.. jadi ketika ada masanya saya libur, lebih tepatnya meliburkan diri, stok resep selalu tersedia. 

Seperti kali ini ya, saya posting resep muffin lemon keju yang sudah beberapa waktu lalu saya buat. Muffin ini saya buat untuk bekalnya Sophie. Nah karena tidak mau ribet, saya gunakan cetakan silikon untuk membuat muffin ini. Perpaduan lemon dan keju itu enak loh... duh harum lemon dan gurih keju rasanya enak, saya suka dengan muffin begini. 

Dan untuk resep ini saya modifikasi sendiri baik di bahan dan takaran. Dan karena ingin tekstur yang moist saya menggunakan buttermilk di adonan muffin ini. Oh iya dulu pernah buat muffin lemon keju juga, dan rasanya juga sedap. 

Sippp ahhh... berikut langsung ke resep ya.. sudah kehabisan kata-kata he he he..

Muffin Lemon Keju

Bahan :
  • 225 gr tepung terigu protein sedang (misal merk bola salju atau segitiga biru)
  • 1/2 sendok teh baking powder
  • 1/2 sendok teh baking soda
  • 1/4 sendok teh garam
  • 2 butir telur
  • 100 gr gula pasir
  • 6 sendok makan minyak sayur
  • 1 sendok makan jus lemon
  • 1 sendok teh parutan kulit lemon
  • 240 ml buttermilk (susu cair dicampur dengan 1 sendok makan jus lemon atau air jeruk nipis atau cuka)
  • 75 gr keju cheddar (30 gr diparut untuk taburan, 45 gr potong dadu kecil)

Cara membuat :
Siapkan cetakan, atau bisa gunakan paper cup, di sini saya menggunakan cetakan silikon. Panaskan oven, set di suhu 180 derajat celcius. 
Di mangkuk, campur tepung terigu, baking powder, baking soda dan garam, sisihkan. Di mangkuk lainnya campur telur dan gula, kocok dengan balloon whisk hingga gula mulai larut, tambahkan minyak, jus lemon, parutan kulit lemon dan buttermilk, kocok sebentar dengan balloon whisk hingga tercampur rata. Tuangkan ke dalam campuran tepung, aduk cepat asal rata, tambahkan keju dadu, aduk rata kembali, Tuangkan ke dalam cetakan muffin 3/4 penuh, taburi dengan keju parut, panggang selama kurang lebih 15-20 menit, tergantung oven masing-masing dan besar kecil cetakan muffin. Test tusuk, keluarkan dari oven dan dinginkan.


resep muffin keju lemon

Nah semoga resep muffin lemon keju ini bisa bermanfaat ya, silakan mencoba dan semoga cocok dengan selera ya...


Selamat mencoba...



NewerStories OlderStories Home

4 comments:

  1. Ngomongin liburan, mba Monic liburan kemana nih?
    Kalo aku sih di rumah aja ngak kemana-mana. Emang gak pernah liburan sih dari dulu, heheheh.
    Suatu saat pengen liburan ke rumah mba Monic ah kalau bisa, heheheh.

    Muffinnya bikin penasaran, karena belum pernah merasakan perpaduan lemon dan keju. Di sini juga tidak ada lemon, mba. Jadi kalau mau bikin roti lemon tidak bisa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. rencananya saya dan Sophie akan ke Jawa Tengah mba.. he eh kalau ada kesempatan liburan ke sini ya.. ditunggu loh ya he he he..

      hmmm suatu saat kalau di sana ada lemon boleh dicoba mba, ga bisa dikirim dari sini lemonnya.. kalau ga salah ada peraturan di ekspedisi ga boleh euy..sayang ya..

      hmmm lada hitam di sana ada ga? oregano juga ga ada ya?

      Delete
  2. Wah... Mau ke Jawa Tengah ya, mba? Asssyyikkk.... Selamat liburan, mba.

    Oh gitu ya, mbak. Baru tahu tuh.
    Iya, mba. Di sini bahan-bahan untuk masak dan bikin kue masih terbatas. Maklumlah di kampung, heheheh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah lama tidak nongol neh saya...
      maaf ya mba Ima, baru bisa ditampilkan komentarnya..he eh ya mba memang kadang tergantung daerah juga.. di batam juga kadang tidak semua tersedia bahan2nya..tapi memang lebih banyak variannya

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Silakan kalau mau mempromosikan blog/website, gunakan komentar dengan nama atau nama blog/website dan url, tetapi komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.