Nasi Goreng Seledri



resep nasi goreng seledri

Belakangan ini memang mood masak, membuat kue ataupun menulis di blog kok semakin menurun ya.. jadi yang tadinya rajin sekali hampir tiap hari posting, sekarang kok malas-malasan ya.. ya begitulah ya, semua juga blogger juga pasti ada masa-masa begini ya, tinggal kembali bagaimana menyemangati diri untuk selalu update. 

Jadi ceritanya saya ini berapa hari yang lalu itu entah kenapa kok iseng ya ingin mencoba menjahit, paling tidak untuk menjahit pakaian Sophie. Walaupun sampai saat ini belum juga kesampaian beli mesin jahit. Sudah tanya-tanya harga mesin jahit di mall. Lalu sudah cek online juga. Nah ketika saya sudah cocok dengan harga dan type mesin jahitnya, ealah kok malah kosong stoknya. Jadi ketika saya telepon customer carenya, kala itu ada stoknya. Lalu saya tanya pengiriman, tarif ekspedisinya, tapi karena lambat responnya, jadinya ketika saya sudah deal dengan jasa ekspedisi yang saya pilih dan konfirmasi type yang sebelumnya, eh malahan customer carenya katakan stoknya kosong. Nah loh.. jadi menunggu konfirmasi pengiriman saja mau 2 hari, dan ketika deal 2 hari, eh stoknya kosong. Jadilah penonton kecewa.

Ditawarkan tipe lain dengan harga yang lebih tinggi, hmmm saya pikir-pikir dulu deh. Tunggu tahun depan saja deh begitu pikir saya. Jadi selama belum ada mesin jahitnya, sibuk deh nonton youtube dulu, mencari jenis-jenis pakaian yang mudah dibuat. Eits tapi karena penasaran, nekat deh saya beli bahan, tentu bahan murah ya, beli benang dan perlengkapan jahit. Lalu saya coba deh.. jahit manual... dududu... memang lama, selagi menjahit membatin, enak nih kalau pakai mesin.. cepat selesai.

Yang buat lama itu kalau sudah gonta- ganti benang. Tahu kan kalau menjahit manual itu benang tidak bisa panjang-panjang. Jadi saya coba buatkan rok untuk Sophie, walaupun jahitan tangan tapi cukup lumayanlah, yang penting anaknya suka. Sampai-sampai mau dipakai terus tuh roknya. Ih tapi puas deh rasanya, ternyata saya bisa juga walaupun hanya rok sederhana. Itu pun saya pakai bahan murah, 10 ribu permeter. Nah belinya juga di toko peralatan jahit yang hanya menjual bahan pelapis bukan bahan pakaian.

Sebenarnya mau beli bahan kain pakaian tapi keliling pertokoan dekat rumah tidak ada toko bahan. Dulu sempat ada, eh sudah tidak ada lagi. Nah ketika beli benang dll, ada yang beli kain di kios tersebut, wah ada ya pikir saya, ah beli deh kan buat latihan jadi tidak masalah deh. Di wanti-wanti si pemilik kios, ini bukan bahan pakaian ya bu.. ini bahan pelapis pakaian. Oh iya pak.. begitu jawab saya. Hmmm memang tipis, tapi karena saya lapis 2 tidak kelihatan kok kalau yang saya gunakan itu bahan pelapis. Hi hi hi.. namanya juga baru latihan, boleh donk ya. 

rok latihan


Jadi hafalkan cara membuatnya dari youtube, mulai deh sibuk, ternyata mudah sekali membuatnya, ya tapi karena menjahit dengan tangan jadinya cukup lama. Jadi nanti kalau sudah beli mesin jahitnya baru mau mulai belajar lagi. Paling nanti kalau mau menjahit dengan tangan lagi, ya jahitan yang sama tapi beda warna saja ha ha ha..

Seiring dengan mood menjahit yang datang, eh mood memasak hilang, jadi saya malas sekali memasak, saya pilih beli lauk saja deh. Ada warung dekat rumah yang masakannya enak, cocok di lidah dan harganya masih masuk akal. Masakannya adalah masakan melayu, masakan rumahan begitu, tidak neko-neko. Ikan, ayam, tahu disambal, lalu ada juga ayam kecap, sambal campur-campur, cumi masak hitam. Ya begitu-begitu saja jenisnya, tapi kaya sekali bumbu. Jadi sementara bolak-balik ke sana dulu he he he.

Nah supaya tidak sepi blog saya ini, jadilah saya pilihkan resep sangat sederhana dari kumpulan resep yang ada di draft, kali ini saya pilihkan resep nasi goreng seledri. Saya beri judul begini karena memang nasi goreng ini banyak menggunakan daun seledri jadinya harum seledri. Dan yang ini saya buat tidak pedas, supaya Sophie juga bisa makan.

Nah yang namanya nasi goreng, halah mudah kan ya, jadilah resep ini sih hanya sekedar pemberi inspirasi saja ya. Karena tentunya nasi goreng itu memang dibuat dengan bahan yang tersedia saja di dapur. Kunci membuat nasi goreng enak adalah gunakan api besar, terasa deh bedanya.

Okey deh, yuk lanjut ke resep ya..

Nasi Goreng Seledri

Bahan :
  • 2 piring nasi putih dingin
  • 3 buah fish cake, iris serong atau gunakan bakso ikan atau juga bisa ganti sosis
  • 1 buah tomat ukuran kecil, potong kotak kecil
  • 8 batang daun seledri, iris-iris
  • 1 bongkol brokoli ukuran kecil, potong-potong
  • 1 butir telur
  • 5 siung bawang putih cincang
  • 1/2 sendok makan saus tiram
  • 1 sendok makan kecap ikan
  • 1/4 sendok teh garam
  • 1 sendok makan kecap manis
  • 1/4 sendok teh merica bubuk
  • 1 sendok makan minyak untuk menumis

Cara membuat :
Dengan api besar tumis bawang putih sampai harum, masukkan telur, orak-arik sampai matang, tambahkan fish cake, aduk rata, tambahkan brokoli, masak sampai mulai berubah warna, tambahkan tomat, daun seledri, nasi. Beri saus tiram, kecap manis, kecap ikan, merica bubuk, aduk rata. Masak hingga tercampur rata. Cicipi rasanya, jika dirasa kurang asin bisa tambahkan garam, aduk rata dan siap dihidangkan hangat.

resep nasi goreng mudah

Nah semoga resep nasi goreng seledri yang saya buat kali ini bisa menjadi tambahan ide untuk membuat nasi goreng sendiri di rumah ya..


Selamat mencoba...


NewerStories OlderStories Home

4 comments:

  1. Ayo dong mba Monic, tetap semangat ke dapur, ngeblog dan menjahit.
    Emang sih, mba. Kalo punya kesukaan baru, biasanya yang lama ditinggalin, tapi nanti pasti balik lagi kok. Jadi mba Monic bisa tetap bebikinan di dapur, ngeblog dan menjahit juga.

    Roknya cantik loh, mbak. Saya bisa menjahit 'sedikit', tapi mesin jahit di rumah peninggalan alm. Ibu, sudah lama tak saya sentuh. Dulu, saya suka menggunakannya waktu masih SMA, bikin rok, jilbab dan ikat rambut. Sekarang mesinnya udah jelek tak terawat.

    Iya ya, kita kompakan posting Seledri. Sehati dong kita berdua ya, mbak. Heheheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya nih mba, maunya tetap semangat semua ya... aih aih semoga ya..terima kasih ya mba Ima supportnya
      he he terima kasih ya kalau jahitan ala kadarnya itu dibilang cantik, jadi semangat neh ha ha ha...
      oh iyakah mba Ima sudah mulai menjahit waktu SMA, wah keren, tidak lupa kan kalau menjahit lagi?
      tos tos..seledri

      Delete
  2. Helo Monica
    wah begitu juga mood akak kadang2..macam malas mau update blog..kadang2
    rasa mau berhenti aje..tapi kadang2 rasa sayang pula sebab banyak resepi yang telah dicuba & menjadi satu khazanah buat akak & mungkin anak2 dimasa akan datang..ya turun naik turun naik moodnya..biasalah tukan...hehe

    wah sekarang sudah bertukar minat ya..suka menjahit..kalau disuruh pulih jahit atau masak akak akan pilih masak..sebab akak tak minat menjahit!..hahaha..kalau butang baju tertanggal sungguhlah malas nak jahit balik..ya tukar baju ajelah..heheh..
    nasi goreng sederi nampak sedap, baunya aje sudah naikkan aroma ..sedap ni!

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ya kak, semakin lama memang mood naik turun, iya kak sayang memang kalau berhenti ngeblog ya, bermanfaat buat kita dan orang lain

      ha ha ha kak Ayu bisa saja, tapi saya dulu juga seperti kak Ayu loh kak, sama sekali tidak suka menjahit, kalaupun ada yang perlu dijahit suruh bapaknya Sophie saja, saya malas memegang jarum dan benang pun
      tapi sekarang karena ingin buat baju untuk Sophie, jadi ada keinginan untuk menjahit

      iya kak baunya seledri memang sedap harum

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Silakan kalau mau mempromosikan blog/website, gunakan komentar dengan nama atau nama blog/website dan url, tetapi komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.