Ovaltine & Chocochips Muffins



ovaltine chocochips muffin

Terinspirasi dari resep muffin milo di blognya kak Ayu, akhirnya sedikit semangat membuat muffin ini, aih muffin kan ya, mudah sekali membuatnya, jadi mulai deh coba lagi baking. Berhubung stok ovaltine masih ada dan milo tidak ada jadilah milo diganti ovaltine saja. Jadilah saya buat ovaltine dan chocochips muffins ini.

Timbangan habis baterai, belum sempat beli baterai pengganti, nah jadilah karena saya malas mengkonversi ukuran maka saya lihat rujukan resep lain yang menggunakan takaran cup. Dan dengan bahan yang kurang lebih sama dengan resep yang kak Ayu gunakan, jadilah penggabungan kedua resep ini dengan beberapa modifikasi.

Untuk melihat resep yang kak Ayu buat, ini dia linknya ya, muffin milo - curlybabe's satisfaction dan ini resep rujukan saya yang kedua, chocolate chip and milo muffins - create bake make. Kedua resep ini menggunakan tepung self raising, berhubung tidak ada, ya sudah menggunakan baking soda dan baking powder dengan  takaran biasa untuk muffin dan cake tanpa mixer. Terima kasih kak Ayu untuk resep muffinnya ya.. rasanya enak kak..

Membuat muffin ini saya dibantu oleh Sophie, ya walaupun hanya sekedar mengaduk bahan kering serta bahan basah dan juga menaburkan chocochips sebagai topping. Begitu sudah matang tentu saja dia bersemangat untuk menyantapnya. Habis satu minta lagi, tapi setelah yang kedua tidak habis, kenyang katanya.

Walaupun masih kecil, tapi Sophie itu selalu bersemangat kalau diajak membuat kue, tentu kue yang sederhana yang hanya diaduk-aduk begitu. Hmmmm walaupun masih kecil juga tapi dia sudah ada chef favorit, biasa ya chef televisi tentu saja. Siapakah chef favorit Sophie? yup Ili Sulaiman, pemenang food hero dari Malaysia. Setiap ada Ili, baik itu acara by the sea with Ili atau hanya sekedar iklan tayangan, Sophie akan tersenyum, lalu tertawa dan akan ribut juga, ibu... Ili... bapak Ili.. lalu dia akan ikuti mengucapkan by the sea with Ili.

Suatu ketika dia katakan, Pipi itu suka sama Ili, Pipi itu teman sama Ili. Bapak teman sama Ili tidak? lantas bapaknya katakan, tidak, bapak tidak teman sama Ili. Ayolah bapak, temanlah sama Ili, begitu katanya lagi. Biar kita teman sama Ili..duh saya yang mendengar tersenyum-senyum sendiri.

Nah ketika proses foto-foto, dilihatnya saya sedang menyiapkan alas foto berupa kertas kado, lalu dia mulai sibuk juga, dia ambil rautan kelinci dan mainan es krimnya, lalu minta rautan kelincinya diletakkan di antara muffin-muffin tersebut. Jadilah foto muffinnya begini, jadi harap maklum ya he he he...

Ok sippp, langsung ke resep ya.. ini dia silakan.. (oh iya takaran menggunakan cup ya, yang mau mengkonversi ke gram, silakan lihat konversi cup ke garam dan ml, atau kalau mau bisa langsung lihat resep di blognya kak Ayu di link di atas, takaran menggunakan gram)


Ovaltine & Chocochips Muffins

Bahan :
  • 1 1/2 cup tepung terigu protein rendah (misal merk hana emas dari bungasari atau kunci biru dari bogasari)
  • 1/2 sendok teh baking powder
  • 1/2 sendok teh baking soda
  • 1/4 sendok teh garam
  • 1 sendok makan coklat bubuk
  • 1/2 cup milo atau ovaltine, saya gunakan ovaltine
  • 2 butir telur ukuran kecil
  • 1/2 sendok teh vanili bubuk
  • 2/3 cup susu cair
  • 1/3 cup gula pasir
  • 1/3 cup gula palem
  • 1/3 cup minyak sayur (bisa juga gunakan butter atau margarin leleh)
  • 50 gr chocochips, sisakan sedikit untuk taburan

Cara membuat :
Siapkan paper cup, panaskan oven, set di suhu 180 derajat celcius. Di mangkuk cukup besar, campur tepung terigu, milo/ovaltine, coklat bubuk, baking powder, baking soda, garam, aduk saja dengan balloon whisk, sisihkan. Di mangkuk lainnya, kocok telur dan gula pasir dan gula palem hingga gula mulai larut, gunakan saja balloon whisk, lalu masukkan minyak/butter/margarin leleh, susu cair, vanili bubuk, aduk rata. Tuangkan bahan kering ke dalam bahan basah, aduk cepat asal rata, masih ada gumpalan, adonan tidak mulus, biarkan saja. Masukkan chocochips, aduk kembali, tuang ke dalam paper cup sampai 3/4 penuh, taburi dengan chocochips. Panggang selama kurang lebih 20-25 menit hingga matang (lakukan test tusuk), keluarkan dari oven dan dinginkan.


muffin ovaltine chocochips

Nah semoga resep ovaltine & chocochips muffins ini bisa bermanfaat ya, silakan mencoba dan semoga cocok dengan selera ya...


Selamat mencoba...



NewerStories OlderStories Home

4 comments:

  1. Hahaha.... si Sophie Pipi lucu banget deh ih.

    Baru mau aku tanyain lho, mbak. Pake alas foto apa? Ternyata kertas kado toh. Udah lama juga pengen beli kertas kado untuk alas foto, tapi belum kesampaian. Liat foto dan penjelasannya mba Monic, jadi kepikiran lagi. Besok-besok mau beli juga ah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya gitu deh mba tingkahnya Sophie.. iya mba pakai kertas kado, jadi ceritanya belakangan ini saya membeli beberapa kertas kado, soalnya kok lucu2 deh kertas kadonya, murah lagi..

      Delete
  2. Monic,
    muffinnya kelihatan very chocolaty..compared dengan akak punya..
    lagi nampak sedap ni..terimakasih ya sudi mmencuba..ovaltine pun ovaltine ya Monica..asal ada rasa seakan2 kan...

    Oh Sophie suka nonton Ili sulaiman ya..wah..kecil2 sudah pandai ya..
    ada potential suka masak macam mamanya nanti sudah besar ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. karena pakai gula palem kali ya kak, lebih gelap
      terima kasih sudah berkongsi resep ini kak, mudah buatnya dan enak hasilnya, ini Sophie doyan sekali kak
      iya ovaltine pun ovaltine kak

      he eh kak suka dia menonton Ili Sulaiman, mungkin karena suka dengan suara dan senyumnya Ili kali ya kak..
      iya suka masak juga ini kayaknya si Sophie kak he he he

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Silakan kalau mau mempromosikan blog/website, gunakan komentar dengan nama atau nama blog/website dan url, tetapi komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.