Resep Kue Favorit : Wingko Babat Nangka



resep wingko babat nangka

Buat lagi kue favorit saya wingko babat, kali ini pakai nangka. Dulu pernah buat sekali tapi tanpa nangka, nah itu saja sudah enak, apalagi diberi nangka, makin enak he he he. Jadi ceritanya saya ini kan menyetok tepung ketan, hmmm pas kebetulan ada nangka beli beberapa biji begitu, cukup mahal, tapi kok kayaknya enak ya makan nangka.

Kepikiran deh buat wingko lagi dengan nangka ini. Tapi eh sayang, keliling pasar tidak ada yang jual kelapa parut yang tanpa kulit arinya itu. Dulu ada, sekarang entah kenapa tidak ada lagi yang jual. Lalu minta tolong kepada penjual kelapa boleh tidak saya beli 1 kelapa tapi tolong diparutkan tanpa kena kulitnya, ealah entah malas entah mungkin aneh permintaan saya atau memang benar alasannya katanya mata pisau mesin parutnya baru saja diganti jadi tidak bisa memarut tanpa kena kulit ari. Ya sudahlah ditolak begitu jadinya saya malas deh berkeliling lagi ke penjual yang lain.

Akhirnya ya sudahlah di freezer masih ada kelapa parut yang memang saya stok sesekali kalau butuh kelapa parut, walaupun dengan kulit arinya juga. Rasanya jadi kurang afdol sih kalau menggunakan kelapa parut tua untuk santan, tapi apa boleh buat, susah menemukan kelapa parut muda setengah tua. Jadi kalau mengenai rasa, wingko yang ini tetap enak tapi masih kurang enak dibandingkan yang pernah saya buat sebelumnya.

Dan di postingan saya wingko babat tersebut ada mba Lyn yang tinggal di Batam juga mengatakan kalau memang untuk wingko babat ini enaknya menggunakan kelapa muda yang setengah tua. Dan mba Lyn ini pun mengatakan kalau mencari kelapa muda setengah tua di Batam susahnya minta ampun he he he.

Jadi kali ini kalau ada yang berminat membuat wingko babat sendiri, usahakan gunakan kelapa muda setengah tua, di sini maksudnya kelapa muda tapi yang sudah bisa diparut, begitu asumsi saya. 

Nah kali ini saya menggunakan resep yang kurang lebih sama dengan resep wingko babat yang pernah saya posting, hanya dengan sedikit modifikasi di bahan dan takaran, kali ini saya hanya membuat sedikit saja.

Berikut resepnya ya, silakan..

Wingko Babat Nangka

Bahan :
  • 80 ml santan (saya gunakan 65ml santan instan + air)
  • 4 sendok makan gula pasir
  • 1/2 sendok teh vanili bubuk
  • 1 lembar daun pandan
  • 125 gr tepung ketan
  • 100 gr kelapa parut (gunakan kelapa parut muda setengah tua)
  • 3 biji nangka, potong dadu
  • 1 sendok makan margarin (saya gunakan blueband cake & cookie)
  • 1/2 sendok teh garam

Cara membuat :
Rebus santan, gula, vanili bubuk dan daun pandan hingga mendidih, buang daun pandannya. Sementara itu di mangkuk campur tepung, garam, kelapa parut, margarin dan nangka. Tuang rebusan santan gula sedikit demi sedikit hingga adonan kalis dan bisa dibentuk pipih dengan mudah. Panaskan teflon, beri sedikit minyak, ambil secukupnya adonan, bentuk pipih, masak hingga bagian bawah kecoklatan, balik dan masak sisi sebaliknya hingga kecoklatan. Gunakan api kecil saja supaya wingko matang tetapi tidak gosong.


wingko babat resep

Nah semoga resep kue favorit saya ini yaitu wingko babat nangka ini bisa bermanfaat ya, silakan mencoba dan semoga cocok dengan selera...



Selamat mencoba...



NewerStories OlderStories Home

4 comments:

  1. wah nampak sedap ni Monica,
    rasanya macam kuih bingka ke?..
    ada nangka lagi sedap tu..tepung ketan tu tepung pulut ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai kak Ayu, rasanya beda dengan kue bingka kak, lebih bertekstur karena ada kelapa parutnya... kapan2 kak Ayu boleh coba he he he

      iya kak pakai nangka sedap.. benar kak tepung ketan itu tepung pulut

      Delete
  2. Iya, mba, kalau kue atau makanan lain menggunakan kelapa, baiknya memang menggunakan kelapa muda setengah tua, mba. Jadi rasanya manis gurih gitu.

    Ngiler euy lihat Wingkonya. Mudah banget kayaknya proses membuatnya. Tapi sayang karena pakai tepung ketan dan kelapa. Berarti masih menunggu sembuh total dulu baru nyobain makanan ini. Heheheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba Ima, hanya begitu deh, susah di Batam ini dapatkan kelapa muda setengah tua

      prosesnya memang mudah mba Ima, he eh kalau sudah sembuh total baru bisa makan ginian ya...sabar ya..

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Silakan kalau mau mempromosikan blog/website, gunakan komentar dengan nama atau nama blog/website dan url, tetapi komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.