Roti Ayam Lada Hitam



resep roti ayam lada hitam

Postingan terakhir di bulan Desember ya, yang artinya postingan terakhir di tahun 2016. Yipppi sudah berada di penghujung tahun. Nah karena masih belum masak yang berarti dan buat kue yang baru lagi maka saya tampilkan resep roti ayam lada hitam ini ya. 

Oh iya, bagi yang merayakan Natal dan Tahun Baru, saya mengucapkan selamat hari Natal ya, damai di hati damai di bumi dan selamat merayakan tahun baru 2017 semoga tahun depan menjadi tahun yang lebih baik, amin.

Rencana di akhir Desember ini saya dan Sophie akan keluar kota Batam, liburan ceritanya, uhuy.. jadi kami akan ke Semarang, hanya lewat sih..dan kalau ada waktu semoga bisa main-main di sana lalu kami akan ke Grobogan. Hmmm belum pernah ke Grobogan, jadi cukup penasaran. Dan kalau memungkinkan kami akan ke Surabaya juga, ahai benar-benar liburan sepertinya he he he. Sophie sudah tidak sabar lagi mau liburan, mau naik plane katanya. Sudah minta ini itu yang mau dia bawa. Boleh bawa mainan? begitu tanyanya? boleh bawa boneka?

Jadi nanti baru tahun depan ya kita ketemu lagi di postingan saya berikutnya. Buat yang liburan, selamat senang-senang berlibur ya, baik itu di rumah ataupun di tempat lain. 

Okey deh, bicara tentang roti lada hitam ini, masih sama ya, resep draft lagi he he he. Jadi buatnya sudah cukup lama neh. Dan masih sama ya menggunakan resep roti tanpa ulen. Roti ini memang kalau hangat empuk ya, sudah dingin walaupun tidak seempuk kala hangat tapi tidak keras selama disimpan di wadah tertutup, dan masih enak juga sampai keesokan harinya. Tapi memang kalau yang namanya roti kalau dibiarkan terbuka begitu saja, maka roti akan keras, walaupun roti pabrikan juga, sebut saja produk roti sari roti. 

Untuk adonan roti ini memang lengket, jadi taburi alas kerja dengan tepung dan juga lumuri tangan dengan sedikit tepung ketika mengolah rotinya.

Sippp untuk cara membuat rotinya, bisa melihat rujukan roti burger homemade tanpa ulen ya, hanya yang ini diberi isian. Jadi begitu roti sudah dibulatkan, ambil bulatan yang dibentuk duluan, pipihkan dengan tangan, isi dengan bahan isian, tutup dan bulatkan kembali.

Okey deh daripada kelamaan, saya tuliskan ya resepnya.. ini dia..silakan..

roti ayam lada hitam tanpa ulen

Roti Ayam Lada Hitam Tanpa Ulen

Bahan roti :
  • 125 ml susu cair hangat
  • 1 sendok makan gula pasir
  • 1 sendok teh ragi instan
  • 150 gr tepung terigu protein tinggi, misal merk cakra kembar
  • 50 gr tepung terigu protein rendah, misal merk kunci biru (masih kehabisan, jadi saya pakai tepung terigu protein sedang, misal merk segitiga biru)
  • 1/4 sendok teh garam
  • 1 sendok makan gula pasir
  • 1 butir kuning telur
  • 1 sendok makan margarin, lelehkan

Bahan olesan dan taburan :
  • 1 kuning telur + 1/4 sendok teh madu
  • wijen hitam secukupnya

Bahan isian lada hitam :
  • 200 gr fillet dada ayam, potong kecil dan tipis
  • 5 siung bawang putih, memarkan lalu cincang
  • 1 buah bawang bombay ukuran sedang, potong 2 lalu iris kurang lebih tebal 5mm, atau potong sesuai selera
  • 1/2 buah paprika merah, potong kotak
  • 1/2 buah paprika hijau, potong kotak
  • 2 sendok teh merica hitam, ulek kasar
  • 1 sendok teh minyak wijen
  • 1/2 sendok makan saus tiram
  • 2 sendok makan kecap manis
  • 1 sendok makan kecap asin
  • 1/4 sendok teh merica bubuk
  • 1 sendok makan minyak untuk menumis
  • 1/4 sendok teh garam jika dirasa kurang asin

Cara membuat isian :
Marinade ayam dengan minyak wijen, saus tiram, kecap asin, kecap manis, merica bubuk, diamkan selama kurang lebih 10 menit
Tumis bawang putih dan bawang bombay sampai harum, tambahkan paprika, masukkan ayam yang sudah dibumbui, masak hingga ayam berubah warna, tambahkan merica hitam dan masak hingga matang, cicipi rasanya, tambahkan apa yang dirasa perlu

 Cara membuat roti dan penyelesaian:
  1. Di mangkuk cukup besar, tuang susu cair hangat, beri gula, aduk sampai gula larut. Taburkan ragi instant, tunggu sampai ragi instant larut kurang lebih 5 menit, lalu aduk dengan sendok sampai tercampur rata (kalau saya diamkan dulu lagi kurang lebih 5 - 10 menit sampai mucul gelembung-gelembung di permukaan yang menandakan ragi masih aktif)
  2. Di mangkuk yang lain campur terigu, gula dan garam, masukkan ke dalam larutan ragi instan, tambahkan kuning telur, aduk hingga membentuk adonan yang kenyal (saya gunakan sendok kayu)
  3. Beri mentega/margarin cair, aduk kembali dengan sendok kayu sebentar, lalu supaya rata saya aduk dengan tangan (mirip menguleni hanya tetap di dalam mangkuk dan hanya sampai tercampur rata, kira-kira selama kurang dari 1-2menit saja)
  4. Bentuk bulat adonan, tutup dengan plastik wrap (saya tutup dengan piring plastik saja), diamkan selama kurang lebih 20 menit
  5. Setelah 20 menit, kempiskan adonan, bulatkan kembali adonan dengan cara menarik bagian atas ke bawah sehingga membentuk bola. Lalu fermentasikan lagi selama 20 menit. Lakukan sampai 3 x proses ini, jadi total waktunya 1 jam ya
  6. Setelah proses 3x fermentasi, kempiskan adonan, bagi menjadi 6 bagian, dengan berat kurang lebih 70 gr, bulatkan masing-masing. Letakkan di wadah bertabur tepung tipis. Ambil satu bulatan yang pertama dibentuk, pipihkan lalu beri isian ayam lada hitam sebanyak kurang lebih 1 sendok makan, tutup dan bulatkan kembali, letakkan di loyang bersemir margarin. Lakukan hingga selesai. Diamkan selama kurang lebih 15-20 menit sampai mengembang kembali.
  7. Sementara itu panaskan oven, set di suhu 180 derajat celcius. Olesi permukaan roti dengan bahan olesan, taburi dengan wijen.
  8. Panggang selama kurang lebih 15- 20 menit atau sampai permukaan roti kecoklatan, keluarkan dari oven dan dinginkan sejenak.

resep black pepper chicken bread

Nah semoga resep roti ayam lada hitam ini bisa bermanfaat ya, silakan mencoba dan semoga cocok dengan selera ya...


Selamat mencoba...



NewerStories OlderStories Home

4 comments:

  1. Yaa... Bakalan kangen nih sama mba Monic, hu hu hu....
    Tapi gak pa-pa deh, kan mau liburan dan bersenang-senang jadi aku juga harus senang, heheheh.

    Selamat berlibur, mba Monic.
    Selamat Natal dan Tahun Baru.
    Sampai berjumpa lagi di dunia maya tahun depan. Heheheh

    Big hug. 😍

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai mba Ima... duh maaf ya.. baru sekarang bisa ditampilkan komentarnya... habis baru bisa sekarang neh onlinenya..
      terima kasih mba Ima... big hug...

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.