Telur Dadar Padang (Telur Bebek)



resep telur dadar padang

Hari ini saya kembali lagi mengudara he he he... nah resep yang saya tampilkan adalah resep telur dadar padang tapi yang versi telur bebek. Ingin juga coba sekali-sekali membuat olahan telur dadar padang ini pakai telur bebek.

Sebenarnya telur bebek sih bukan favorit saya, tapi sekali-sekali bolehlah dicoba. Apalagi kalau buat telur padang begini, memang biasanya menggunakan telur bebek. Lagian walaupun telur bebek lebih mahal daripada telur ayam, tapi sangat mudah mendapatkan telur bebek di pasar, terutama di pasar kaget, semua penjual telur ayam pasti menjual juga telur bebek, telur puyuh dan telur ayam kampung. 

Nah kalau ke rumah makan padang, yang khas dari telur dadarnya adalah telur dadarnya tebal, dan menjadi favorit saya setiap kali ke rumah makan padang sederhana, telur dadarnya memang tidak setebal telur dadar di rumah makan lain tapi sedap, he he he..

Dulu saya pernah buat telur dadar padang ini, tapi menggunakan telur ayam, boleh lihat di link ini telur dadar khas padang. Jadi dengan menggunakan resep yang sama, saya ganti saja telur ayam dengan telur bebek, hasilnya memang sedikit lebih tebal dari pada telur ayam. Dan kali ini saya tidak skip cabai merahnya. Dan untuk bumbunya saya uleg kasar saja.

Untuk membuat telur dadar padang ini syaratnya gunakan minyak yang cukup banyak ya, supaya telurnya bisa mengembang dan keriting di bagian tepinya dan gunakan api sedang saja. Oh iya di resep ini saya tidak menggunakan kaldu bubuk ataupun penyedap rasa ya, yang suka dan biasa menggunakannya, silakan ditambahkan sesuai selera, tentu rasanya lebih maknyuss.

Kalau dulu di Palembang, waktu kecil saya cukup sering mengkonsumsi telur bebek, secara ada tetangga belakang rumah pelihara bebek dan suka menjual telur bebeknya ke rumah. Nah kalau untuk olesan kue kering, ibu saya lebih suka menggunakan kuning telur bebek, jadi warnanya lebih kuning alami.

Ok sippp berikut langsung ke resep ya, sudah bingung mau menulis apa lagi he he he..

Telur Dadar Padang (Telur Bebek)

Bahan :
  • 3 butir telur bebek
  • 1 sendok makan tepung beras
  • 1 sendok makan kelapa parut
  • 3 butir bawang merah, uleg kasar
  • 2 siung bawang putih, uleg kasar
  • 3 buah cabai merah keriting, uleg kasar
  • 1 batang daun bawang, iris halus
  • 2 batang seledri, iris halus
  • 2 lembar daun jeruk, iris halus
  • 1/4 sendok teh garam
  • 1/4 sendok teh merica bubuk
  • minyak yang banyak untuk menggoreng telur

Cara membuat :

Kocok telur hingga berbuih, masukkan bahan-bahan lain, kocok kembali hingga rata. Goreng telur hingga matang, lalu balikkan dan masak kembali hingga matang dan garing. Angkat dan tiriskan minyaknya. Siap disajikan

resep telur bebek dadar khas padang

Nah semoga resep telur dadar padang dengan telur bebek ini bisa bermanfaat ya, silakan mencoba dan semoga cocok dengan selera ya...


Selamat mencoba...


NewerStories OlderStories Home

4 comments:

  1. Huaaaaa... 😢😢😢 Hiks... Hiks...
    Makanan kesukaanku ini, mba.
    Sayangnya belum boleh makan telur, padahal tadi pagi, Mama baru aja panen telur bebek sebanyak 20 butir dari dua ekor bebek. Mupeng banget, mba, hiks...hiks...hiks.
    Tempo hari aku coba nyicipi sepotong Brownies Oreo, eh...., paginya langsung kumat tuh sakit perut, sampai-sampai sempat demam juga. Jadi belum berani makan makanan yang ada telurnya. Tahan...., tahan.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. he he he sabar ya mba, nanti kalau sudah sembuh baru bisa lagi deh makan telur, wah enak panen telur sendiri..seru pasti ya panen telur
      waduh iyakah makan sepotong aja kumat ya, berarti memang harus disiplin dulu ya mba...iya tahan..tahan..

      Delete
  2. wah telur bebek(itek) ..kat spore ni telur bebk tak ada jual..yang ada telur masin bebek..enath kenapa tidak pass dijual disini..
    telur bebk ni kalau masak lemak cili padi sedap tau..
    pertama kali tahu ada telur dadar padang..

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh tidak ada yang jual telur bebek mentah di sana ya kak.. hanya telur masin saja ya.... aih iya masak lemak cili pada kayaknya memang sedap ya kak, kapan2 saya coba deh masak

      ini telur dadar padang karena memang khas dijual di rumah makan padang kak, jadi selain rendang, telur dadar ini juga menjadi menu wajib di rumah makan padang he he he

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Silakan kalau mau mempromosikan blog/website, gunakan komentar dengan nama atau nama blog/website dan url, tetapi komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.