Tuna Pedas Kemangi



tuna pedas kemangi jamur tiram

Iyess mengalahkan rasa malas dulu, jadi hari ini saya mau update blog lagi, hmmm tetap ya resep draft dulu, secara memang sih saya sudah masak, tapi hanya masakan sederhana saja dan bukan masakan baru lagi. Belum buat kue-kue juga.

Nah saya tampilkan dulu resep tuna pedas kemangi ini, eits dengan campuran jamur tiram juga. Rasanya bagaimana? hmmm enak donk, apalagi kalau dimakan dengan nasi hangat, maknyuss.. seru sekali kalau sudah kegigit cabai rawit yang besar-besar tersebut. 

Kalau masakan ini tentu saja bukan makananya Sophie ataupun Adul Bedul si kucing gembul peliharaan Sophie, begitu kata Sophie. Jadi nih kemarin bapaknya iseng, Pipi mau tambah lagi tidak peliharaannya? mau... mau... jawab Sophie dengan antusias. Bapaknya tanya mau apa peliharaannya?ular? kuda? tidak mau.. langsung dijawab Sophie. Hmmm Pipi mau apa ya... oh iya.. Pipi mau bebek saja, nanti namanya L*l*, begitu jawabnya. 

Dul... nanti Dul main sama L*l* ya... begitu katanya kepada Adul Bedul. Tapi ya tentu saja tidak mungkin kan memelihara bebek di sini, bingung deh. Okelah kalau ikan, masih bisalah dipelihara, ini bebek.. halaman yang tidak seberapa mana bisa pelihara bebek. Akhirnya bapaknya Sophie katakan, bagaimana kalau pelihara bebek kuning saja? bebek kuning apa? begitu tanya Sophie. Itu loh bebek kuning yang biasa dibawa mandi itu loh, yang ada mommy sama anak-anaknya itu. Bebek itu ya.. begitu kata Sophie... ya sudah tidak apa-apa bebek itu saja...mommynya saja yang namanya L*l* begitu katanya lagi... uhuy akhirnya bebek ini ada solusinya he he he.

Sipp kembali ke resep tuna pedas kemangi ini, nah pada dasarnya sih resep ini ya resep isian nasi bakar tuna yang pernah saya buat. Karena ini tidak sebagai isian nasi bakar jadi potongan tunanya saya buat agak besar.


Tuna Pedas Kemangi

Bahan  :
  • 350 gr fillet tuna, potong dadu
  • 1 buah jeruk nipis
  • 250 gr jamur tiram, cuci bersih, sobek-sobek dan peras airnya
  • 2 genggam daun kemangi 
  • 3 siung bawang putih, geprek lalu iris
  • 5 butir bawang merah, iris
  • 20 butir cabai rawit hijau, utuh
  • 20 butir cabai rawit merah, utuh
  • 2 batang daun bawang, iri
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1 sendok makan minyak untuk menumis

Cara membuat :
  1. Kucuri potongan tuna dengan air jeruk nipis, diamkan 10 menit, bilas sisihkan.
  2. Tumis bawang putih sampai harum, masukkan bawang merah, tumis sampai harum dan berwarna kecoklatan
  3. Masukkan potongan tuna, cabai rawit merah dan hijau, aduk rata dan masak hingga tuna berubah warna, lalu tambahkan jamur tiram, masak hingga layu, masukkan kemangi, daun bawang, aduk rata
  4. Tambahkan garam, aduk rata dan masak hingga daun kemangi layu, cicipi rasanya, angkat


tuna kemangi masak pedas

Nah semoga resep tuna pedas kemangi ini bisa bermanfaat ya, silakan mencoba dan semoga cocok dengan selera ya...



Selamat mencoba...



NewerStories OlderStories Home

4 comments:

  1. Asyiikkk, harus bisa ngalahin malas mba Monic, soalnya banyak yang kangen, termasuk diriku. Heheheh.

    Wow.... Cabenya bikin merinding, mbak. Kebayang pedasnya kayak apa, hih, hah, huhhh. Gak kuat makan pedas-pedas soalnya.

    Wah, di rumah banyak bebek loh, mba. Peliharaan alm. Bapak. Suka banget liat bayi bebek dan suaranya yang lucu. Untung ya, ada bebek kuning yang gantiin bebek beneran, heheheh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. he he iya nih mba Ima, kadang malas kadang ya rajin..
      iya neh cabai rawitnya beneran mantap mba, pedes mantap pokoke

      oh iyakah ada bebek ya di rumah mba Ima? wah pasti Sophie senang deh kalau diajak main ke sana, iya gemes ya lihat bayi bebek, bener mba untung ada bebek kuning itu he he he

      Delete
  2. hahaha...lucu(kelakar) betul bapanya sophie bertanya pada anaknya..heheh
    kok ular & kuda..hahah...kat rumah akak ni tidak ada binatang peliharaan pun..dulu pernah ada hamster..ya semuanya mati akhirnya kerana semuanya malas jaga..haha
    Menu yang ini pasti pedas dan sedap..sebab nampak cili padinya melengkar2 posing ..:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kak kadang ya begitu deh kelakar bapaknya..oh iyakah kak, pernah pelihara hamster ya? Sophie malah tidak mau pelihara hamster, padahal lucu ya.. tapi memang kalau punya peliharaan harus rajin ya kak, kalau tidak ya mati he he he..

      iya kak, cili padinya banyak ini, jadi pedas mantap kak

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Silakan kalau mau mempromosikan blog/website, gunakan komentar dengan nama atau nama blog/website dan url, tetapi komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.