resep nastar klasik ncc

Nastar...nastar..aih jadi juga saya buat nastar ini, kali ini buat nastar klasik pakai resepnya NCC. Sudah lama ingin coba resep ini, nah baru ini deh kesampaian buat. Secara kalau ke swalayan, lihat deretan kue kering, ngiler dengan nastarnya. Satu toples nastar tidak ada yang murah, baik yang kelihatan enak maupun yang biasa saja. Wajar sih ya nastar dibandrol dengan harga mahal, secara membuatnya cukup menyita waktu dan harus dengan pengalaman juga.

Sedikit tricky kalau saya bilang, harus ketemu dengan resep yang pas dengan selera, perbandingan butter/mentega dengan margarin ini yang menentukan nastar enak atau tidak. Kalau mau enak ya tentu pakai butter kualitas bagus, kendalanya nastar akan melebar dan gepeng dengan suksesnya. Itulah mengapa nastar suka dicampur dengan margarin ya.

Dulu pernah buat nastar, pakai butter dan margarin, wuih rasanya enak... nah kali ini mau pakai resep NCC tapi menggunakan bahan yang lebih ekonomis, walaupun ada stok butter, tapi saya penasaran dengan palmia royal nih, ah coba buat dengan palmia royal...eng ing eng... sambil membentuk nastar H2C dengan hasilnya.

Dan ternyata, dengan palmia royal, rasa nastarnya enak, aroma butter yang harum, tapi bentuknya tidak berubah walaupun tanpa dimasukkan dulu ke dalam kulkas. Tapi dengan catatan tidak boleh lama memproses nastar ini, terutama di proses membulatkan adonan. Nah ada beberapa buah yang melebar, karena saya dibantu oleh asisten cilik yang terlalu memaksa ingin membantu. Jadi dengan semangat membentuk bola-bola nastar, sampai adonannya sangat lembut dibulatkan olehnya.

Kali ini saya sedang malas mencetak kulit nastar supaya kulitnya sama, jadi yang saya lakukan adalah timbang dulu adonan kulit seberat 8-10 gr, timbang beberapa adonan, lalu isi dengan selai yang sudah saya bulatkan dulu, beratnya kurang lebih 3-4 gr. Nah lalu bulatkan, setelah saya rasa pas besarnya dengan yang saya inginkan, berikutnya tidak menimbang lagi, hanya mengira-ngira saja banyaknya adonan kulit, dan walaupun bentuknya tidak begitu sama besar, tapi tidak begitu beda jauh. 

Jadi yang saya lakukan ini memang harus bisa mengira-ngira besarnya adonan ya, kalau tidak yakin, silakan timbang satu persatu adonan atau kalau mau adonan digilas, cetak bentuk bundar, isi selai lalu bulatkan. Okeh kalau metode mencetak nastar, pilih yang mana dirasa suka dan tidak merepotkan. Kalau saya sepertinya suka yang mengira-ngira karena untuk konsumsi sendiri, kalau untuk dijual beda lagi ya...

Oh iya, belakangan saya suka sekali nih menggunakan margarin merk palmia, biasanya dari dulu sukanya beli blueband. Enak mana sih blueband dengan palmia, kembali lagi kepada selera, kalau saya sekarang lebih suka palmia. Tidak sengaja pakai palmia, karena pas ke tbk stok blueband habis, terpaksa beli palmia, eh ternyata menurut saya lebih enak palmia. Upsss bukan iklan ya.... tapi semua kembali lagi kepada selera.... selera tidak pernah salah...

Nah karena saya hanya punya stok palmia royal sachet kemasan 200 gr, jadi sisanya yang 50 gr saya menggunakan margarin palmia. Secara campuran margarin dan butter di resep asli adalah 500 gr dan saya membuat setengah resep.

Di resep ini saya tidak menggunakan mixer ya untuk mengocok margarin dan menteganya dan gula halus, hanya menggunakan balloon whisk, kocok hanya asal lembut. Yang mau mengikuti resep asli, silakan gunakan mixer. 

Untuk resep selai nanasnya, saya gunakan resep selai nanas yang biasa saya buat... seperti yang pernah saya posting di resep nastar yang dulu.

Okey deh berikut resepnya ya...silakan...

Nastar Klasik
sumber : nastar NCC
oleh :Fatmah Bahalwan

Bahan kulit:

250 gr margarin
250 gr mentega
100 gr gula halus
4 btr kuning telur
700 gr tepung terigu
4 sdm susu bubuk fullcream

Bahan olesan:

3 btr kuning telur, kocok lepas dengan 1 sdt susu cair

Cara membuat:

  1. Kocok sebentar margarin, mentega, gula dan telur, cukup sampai tercampur saja.
  2. Masukkan tepung terigu dan susu bubuk, aduk perlahan hingga tercampur rata.
  3. Ambil sedikit adonan, bentuk bulat, isi dengan selai nanas. Susun diloyang tipis, beri jarak satu dengan yg lain.
  4. Oven dengan suhu 140’C selama lebih kurang 30 menit. Keluarkan dari oven, poles dengan bahan polesan, oven lagi hingga kuning mengkilat.
  5. Angkat, biarkan dingin. Susun dalam toples, tutup rapat.

Selai Nanas

Bahan:

4 bh nanas palembang, parut atau blender
200 gr gula pasir
1 sdt garam
1 potong kayu manis

Cara membuat:

Masak nanas halus bersama airnya, garam dan kayu manis hingga kering. Tuang gula pasir, masak terus dengan api kecil hingga kering dan liat. Angkat.

cara membuat nastar klasik

Nah dari resep NCC di atas, saya modifikasi sesuai dengan bahan dan cara saya ya.. berikut resep yang saya buat kali ini...hanya setengah resep dari resep asli.

Nastar Klasik

Bahan :
  • 200 gr palmia royal
  • 50 gr margarin palmia
  • 50 gr gula halus
  • 2 buah kuning telur
  • 350 gr tepung terigu protein rendah (saya gunakan merk kunci biru)
  • 2 sendok makan tepung maizena

Bahan olesan :
  • 2 buah kuning telur + 1/2 sendok teh madu, campur rata

Cara membuat :
  1. Campur tepung terigu dan tepung maizena, sisihkan
  2. Kocok sebentar palmia royal dan margarin dengan balloon whisk sampai lembut, masukkan gula halus, kocok sebentar lagi hingga tercampur rata, masukkan kuning telur, kocok sebentar saja asal rata
  3. Tambahkan campuran tepung, aduk rata dengan sendok kayu, kalau perlu aduk dengan tangan beralas sarung tangan plastik sebentar saja asal tercampur 
  4. Ambil sedikit adonan, timbang seberat kurang lebih 8-10gr, jika ingin lebih kecil, timbang 8 gr saja. Pipihkan tanpa perlu dibulatkan dulu, isi selai lalu bulatkan (catatan : proses membulatkan harus dilakukan dengan cepat supaya tidak terlalu lama adonan bersentuhan dengan tangan yang cukup panas, hal ini untuk mencegah nastar melebar kala dipanggang)
  5. Tata bulatan di loyang tanpa dioles margarin, lakukan sampai selesai
  6. Panggang di oven suhu 150 derajat celcius yang sudah dipanaskan sebelumnya, panggang selama kurang lebih 15 menit, keluarkan dari oven, olesi dengan bahan olesan, panggang kembali sampai matang (kurang lebih selama 15-20 menit, tergantung oven masing-masing)
  7. Keluarkan dari oven dan dinginkan

Selai Nanas

Bahan :
  • 1 buah nanas berat 1.3kg dengan kulit
  • 200 gr gula pasir
  • 3 batang kayu manis @4cm (kurangi atau skip jika tidak suka)
  • 8 butir cengkeh (kurangi atau skip jika tidak suka)

Cara membuat :
Kupas dan bersihkan nanas, parut dan masak hingga tidak berair lagi, masukkan gula pasir, kayu manis dan cengkeh, masak hingga kering, dinginkan, masukkan sebentar ke dalam kulkas hingga memadat (kurang lebih selama 30 menit), keluarkan dari kulkas dan bulatkan dengan besar sesuai selera

resep nastar ncc Fatmah Bahalwan

Nah semoga resep nastar klasik NCC yang saya buat kali ini bisa bermanfaat ya, silakan mencoba dan semoga cocok dengan selera ya...



Selamat mencoba...





resep eggless kastengels

Kukis lagi...lagi... kali ini saatnya eggless kastengels. Dari namanya kastengels ini tanpa telur di adonan ya, ya tetap pakai telur juga sih buat olesan. Nah saya buat kukis kastengels tanpa telur ini karena mau coba resep yang ini, cukup penasaran juga, bukan berarti sedang tidak ada stok telur di dapur ya..he he he... bukan juga pelit...ha ha ha... kalau pelit mah tidak buat kastengel secara lebih mahal keju donk daripada telur.

Nah dulu pernah buat kastengels versi ncc, hanya kejunya saya gunakan keju cheddar, ini enak rasanya, lalu buat kastengels versi Hesti's Kitchen, pakai keju edam, yang ini enak ngeju sekali rasanya. Buat kali ini kastengels eggless versi Just My Ordinary Kitchen-Ricke, pakai keju cheddar juga, tetap enak walaupun tanpa telur juga. 

Tujuan saya buat kastengels tanpa telur ini selain penasaran juga karena ingin menambah perbendarahaan resep aneka kastengels di blog ini, he he he...siapa tahu bermanfaat ya..kan... bahkan pernah coba buat juga kastengels roti tawar, halah... pokoknya mah selagi mood mencoba resep..coba saja...kalau sedang tidak mood..bye bye deh buat-buatan beginian.

Oh iya bicara kue khas hari raya, saya pernah lihat tayangan TV, salah seorang penyiar berita katakan, baginya kukis lebaran itu tidak bisa lepas dari yang namanya trio kukis, ada yang tahu apa saja trio kukis ini? yup... apalagi kalau bukan nastar, kastengels dan putri salju. Nah ketiga kue kering ini memang tidak pernah absen kan ya... walaupun kukis jadul tapi tetap selalu kekinian. Walaupun sudah ada beberapa modifikasi, tetap yang versi klasik menjadi idola banyak orang.

Bicara resep eggless kastengels ini, yang saya buat, sudahlah tidak pakai telur, eh pakai keju cheddar, eh pakai margarin semua, tidak ada campuran butter sama sekali, wah kalau begini benar-benar resep kastengels ekonomis kan ya... tapi tenang walaupun ekonomis, rasanya tetap enak kok.

Yang suka butter/mentega, gunakan saja ya..mau dicampur dengan margarin, silakan saja, karena kan sesuai selera, jadi suka-suka yang buat, kan kita yang makan jadi sesuaikan dengan selera kita saja. Yang suka ngeju sekali, silakan gunakan keju edam dan parmesan, yang tidak begitu suka ngeju, silakan gunakan keju cheddar, sipppp deh...

Nah langsung ke resep ya... berikut resepnya, silakan... (oh iya, saya hanya buat setengah resep dari resep tercantum di bawah dan menghasilkan 1 toples ukuran 500 gr)

Eggless Kastengels

Bahan :
  • 300 gr mentega (atau campuran mentega dan margarin, dengan perbandingan sesuai selera) -- saya gunakan full margarin
  • 350 gr tepung terigu protein sedang (saya gunakan protein rendah, merk kunci biru)
  • 50 gr tepung maizena
  • 2 sendok makan susu bubuk
  • 100 gr keju edam parut (saya gunakan keju cheddar semua)
  • 100 gr keju parmesan parut

Bahan olesan :
  • kuning telur, kocok lepas (saya gunakan 1 buah kuning telur + 1/2 sendok teh madu, campur rata)

Bahan taburan :
  • keju cheddar parut


Cara membuat :
  1. Campur dan ayak tepung maizena, terigu dan susu bubuk, sisihkan
  2. Kocok mentega dengan mixer sebentar saja sampai lunak, tidak perlu sampai putih (saya kocok hanya menggunakan balloon whisk sampai margarin lunak)
  3. Masukkan keju parut, aduk rata dengan sendok kayu, tambahkan campuran tepung, aduk dengan sendok kayu sampai rata
  4. Cetak adonan dengan cookie cutter sesuai selera (saya gunakan plastik wrap, letakkan adonan di antara 2 buah plastik wrap, gilas dengan ketebalan kurang lebih 5mm, cetak dengan cetakan kastengels), letakkan di loyang tanpa dioles margarin, lakukan sampai habis
  5. Beri olesan dan taburi dengan keju cheddar parut, panggang dengan suhu 125 derajat celcius sampai permukaan kuning kecoklatan (saya panggang dengan suhu 150 derajat celcius selama kurang lebih 25 menit) ---- ingat sesuaikan dengan oven masing-masing ya, beda oven beda karakter
  6. Keluarkan dari oven, dinginkan dan simpan di toples / wadah kedap udara


resep kastengels tanpa telur

Nah semoga resep eggless kastengels (kastengels tanpa telur) ini bisa bermanfaat ya, silakan mencoba dan semoga cocok dengan selera ya...


Selamat mencoba.....





resep sus kering keju

Halo...halo.... 2 hari absen posting, nah hari ini posting dulu ah... 2 hari tapi berasa lama, halah.. nah kali ini saya mau posting resep sus kering keju yang saya buat kemarin. Secara sudah lama tidak buat sus kering ini, dulu sekali pernah buat sus kering keju sawi hijau. Padahal sus kering begini favorit Sophie neh, renyah berasa keju. Dia bilang kukis ball keju.

Membuat sus kering sebenarnya cukup mudah, tapi ya tuh dia, memanggangnya yang cukup lama, lalu suhu oven harus pas. Nah untuk kali ini saya pakai resep sus kering dari sajian sedap. Beda tipis saja sih dengan resep sus kering sawi hijau.

Karena kali ini saya menggunakan keju cheddar, rasanya kurang ngeju ya dibanding dengan penggunaaan keju edam, tapi tetap kok berasa kejunya. Nah yang tidak begitu suka terlalu ngeju, gunakan keju cheddar sudah pas rasanya.

Untuk metode pemanggangan, saya menggunakan metode pemanggangan modifikasi dari resep sajian sedap dan resep sus kering sawi hijau, sambil sesekali tentunya mengecek kondisi sus keringnya selama dioven. Oh iya kalau membuat kue sus, baik itu sus kering atau sus vla, jangan membuka tutup oven selama proses pengovenan, karena sus akan kempes kalau belum kering dan kokoh.

Nah yang mau menambah koleksi pengisi toples hari raya, boleh juga donk membuat sus kering keju sendiri, daripada beli, pasti lebih mahal kan... yang mau intip resepnya, ini dia ya...

Sus Kering Keju

Bahan :
  • 100 gr margarin
  • 250 ml air
  • 1/4 sendok teh garam
  • 125 gr tepung terigu protein sedang (misal merk segitiga biru atau bola salju)
  • 75 gr keju cheddar parut (atau bisa gunakan keju edam)
  • 1 sendok teh baking powder (saya gunakan 1/2 sendok teh)
  • 3 butir telur (saya gunakan 4 butir telur ukuran kecil)

Cara membuat :
  1. Di panci, campur margarin, air dan garam, didihkan sambil diaduk, matikan api, masukkan tepung terigu, nyalakan kembali api kecil, aduk adonan sampai adonan kalis (padat dan begitu diaduk tidak lengket lagi di bagian dasar panci), angkat dan biarkan hangat (saya biarkan selama kurang lebih 5 menit)
  2. Tambahkan telur satu persatu sambil dikocok menggunakan mixer sampai adonan lembut, masukkan keju parut dan baking powder, kocok kembali sebentar dengan mixer. 
  3. Siapkan 2 buah kantong segitiga, satu kantong diberi spuit dan satu kantong diberi adonan. Semprotkan ke atas loyang beroles margarin tipis
  4. Panggang selama kurang lebih 15 menit dengan suhu 200 derajat celcius, kecilkan suhunya menjadi 135 derajat celcius, panggang kembali selama kurang lebih 35 menit sampai sus kering dan permukaan kuning kecoklatan (kenali oven masing-masing). Yang saya lakukan adalah panggang selama kurang lebih 15 menit dengan suhu 200 derajat celsius, kecilkan menjadi 150 derajat celcius, panggang selama kurang lebih 15 menit, keluarkan dari oven, satukan sus di satu loyang dan panggang sampai kering kurang lebih selama 10 menit.
  5. Keluarkan dari oven dan dinginkan

catatan : foto proses bisa lihat di resep sus kering sawi hijau ya... supaya ada bayangan proses membuat sus kering ini.

sus kering keju

Nah semoga resep sus kering keju ini bisa bermanfaat ya, silakan mencoba dan semoga cocok dengan selera ya....


Selamat mencoba.....





resep chocolate oreo cookies

Edisi cookies lagi ya...hari ini mumpung ada sedikit mood buat ngeblog, dimanfaatkan dulu moodnya, secara berapa hari ini entah kenapa kok malas sekali posting resep, padahal ya sudah banyak resep antri, halah... nah kali ini saya mau posting resep kukis coklat oreo atau Oreo Chocolate Cookies.

Ini ceritanya permintaan Sophie juga neh buat cookies begini, ketika saya cari-cari cookie cutter saya, nah ketemu dengan cookie cutter yang dibeli beberapa waktu lalu di Carrefour, cookie cutter warna-warni dengan aneka bentuk. Biasalah neh Sophie itu kalau saya ajak ke daerah peralatan kue selalu tertarik dengan cookie cutter, mungkin karena bentuknya yang lucu kali ya.

Nah dalam satu set cookie cutter ini ada 5 buah cookie cutter, tapi yang cukup bagus bentuknya dan lebih mudah digunakan hanya yang bentuk hati dan bunga ini. Jadilah 2 ini saja yang digunakan. Mulai deh sibuk kami berdua di dapur membuat cookies coklat oreo ini. Mempersiapkan adonan kukis ini tidaklah susah, secara saya tidak gunakan mixer, hanya menggunakan balloon whisk, tapi yang lama itu adalah mencetak kukisnya.

Mencetak cookies oreo ini sih samalah ya dengan cara mencetak adonan kue kering lainnya yang menggunakan cookie cutter, misal kastengels, putri salju atau sugar cookies atau kue kering lainnya dengan cetakan. Jadi adonan digilas dulu dengan ketebalan yang diinginkan lalu baru deh dicetak. Nah supaya mudah, letakkan adonan di antar 2 buah plastik wrap, baru digilas, dengan cara ini adonan sangat mudah digilas tanpa lengket di penggilas. Penggilas sendiri saya gunakan rolling pin dari bahan kayu. 

Oh iya untuk toppingnya sangat mudah, hanya butuh coklat leleh dan oreo tanpa krim yang dihaluskan. Nah coklatnya ditim ya, sama halnya seperti melelehkan coklat kalau ingin membuat coklat praline, coklat lolipop ataupun olahan coklat lain. Karena ini menggunakan coklat putih, sebaiknya melelehkan coklatnya cukup dengan air panas saja, jangan sampai air mendidih. Jadi siapkan panci berisi air, lalu siapkan mangkuk stainless steel yang berisi irisan coklat putih (ingat untuk mengiris coklat dengan ukuran yang kecil supaya cepat meleleh). Letakkan mangkuk berisi coklat di atas panci berisi air panas, aduk-aduk dengan sendok hingga coklat meleleh.

Di sini saya menggunakan coklat putih merk mercolade, jenis coklat compound yang sangat mudah didapatkan di pasaran, bisa beli di toko bahan kue ataupun di swalayan. Tapi memang untuk harga lebih murah di toko bahan kue. Selain merk mercolade, bisa juga gunakan merk colatta ataupun merk tulip. Merk lain saya belum pernah coba, siapa tahu ada yang bagus juga. Ciri coklat yang bagus adalah ketika dilelehkan dengan menggunakan air panas, coklatnya akan meleleh bukan menggumpal, nah kalau menggumpal berarti coklatnya tidak bagus ya, tidak bisa digunakan.

Okey deh, kembali ke resep kukis coklat oreo ini ya, nah berikut resepnya ya... silakan.... oh iya di sini saya menggunakan margarin, kalau mau menggunakan mentega/butter, silakan saja ya, atau mau dicampur, silakan...

Oh iya lagi, sekalian ya dibahas sedikit tentang beda margarin dan mentega/butter. Kalau di resep cookies atau cake, suka ada margarin, butter/mentega... nah margarin itu terbuat dari  bahan nabati ya, sebut saja merk yang umum di pasaran, blueband, simas, palmia, forvita. Lalu mentega atau butter ini terbuat dari produk hewani (susu), dan merk di pasaran adalah elle&vire, anchor, orchid, wijsman, hollman, lurpak. Di kemasan sendiri suka tertulis ya butter ataupun margarin.

Nah kalau dari segi rasa, memang kalau menurut saya lebih enak menggunakan butter/mentega, tapi itu kembali lagi ke selera. Selain itu biasanya kalau menggunakan butter/mentega di kue kering, biasanya bentuknya akan melebar, jadi butter ini cocok untuk cookies yang melebar seperti bentuk cookies goodtime (upss sebut merk), adonan hanya disendokkan atau dibentuk bola nah ketika dipanggang cookies akan melebar. Jadi tidak begitu pas jika akan membuat cookies dengan bentuk yang dipertahankan, biasanya akan dicampur dengan margarin, sebut saja nastar. Jika menggunakan full butter maka eng ing eng, nastar akan melebar dengan suksesnya ketika dipanggang, itulah kenapa biasanya membuat nastar menggunakan butter dan margarin dengan perbandingan tertentu.

Atau kalau mau menggunakan margarin dengan aroma butter (disini margarinnya sudah dicampur dengan butter dengan perbandingan tertentu, di pasaran sudah ada yang namanya blue band cake n cookies atau palmia royal, nah ini tekstur margarin kokoh tetapi harum butter).

Upss kepanjangan lagi... ini dia resepnya...silakan...

Kukis Coklat Oreo
untuk 1 toples 500 gr

Bahan :
  • 150 gr margarin (saya gunakan merk palmia)
  • 60 gr gula halus
  • 1 kuning telur
  • 200 gr tepung terigu protein rendah (saya gunakan merk kunci biru)
  • 30 gr coklat bubuk
  • 20 gr tepung maizena

Topping :
  • 50 gr coklat putih compound (lelehkan)
  • oreo tanpa krim secukupnya (haluskan)

Cara membuat :
  1. Di mangkuk, ayak tepung terigu, coklat bubuk dan maizena, sisihkan. Di mangkuk yang lain campur margarin dan gula halus, kocok dengan balloon whisk hingga tercampur rata dan lembut
    membuat oreo kukis coklat
  2. Masukkan kuning telur, aduk rata kembali, lalu masukkan tepung secara bertahap, aduk dengan sendok kayu, setelah mulai tercampur, aduk perlahan dengan tangan beralas sarung tangan plastik, jangan berlebihan mengaduknya, cukup asal tercampur dengan baik
    cara membuat coklat kukis oreo
  3. Siapkan plastik wrap, letakkan secukupnya adonan di antara plastik wrap, tutup kemudian gilas dengan ketebalan kurang lebih 4-5 mm, cetak dengan cookie cutter, letakkan di loyang tanpa dioles margarin
  4. Lakukan sampai selesai
  5. Panggang di oven yang sudah dipanaskan sebelumnya yang di set di suhu 150 derajat celcius selama kurang lebih 20-25 menit sampai kukis kelihatan kering dan sudah mulai harum (tergantung oven masing-masing, kenali oven masing-masing ya), keluarkan dari oven dan dinginkan

Penyelesaian :
Siapkan coklat leleh dan oreo halus, celupkan kukis coklat ke dalam coklat putih leleh di bagian permukaan saja, lalu letakkan di loyang, lakukan untuk beberapa kukis, misalnya 7 buah kukis, lalu beri topping oreo sebelum coklat putih mengeras. Lakukan lagi hingga selesai dengan catatan jika coklat putih sudah mulai mengeras, tim kembali.

Biarkan coklat mengeras, kemudian simpan di dalam toples.


resep cara buat kukis coklat oreo

Nah semoga resep kukis coklat oreo ini bisa bermanfaat ya, bisa menambah koleksi kue kering lebaran juga... memberi inspirasi varian kue kering... silakan mencoba dan semoga cocok dengan selera ya...


Selamat mencoba...





resep cornflakes madu renyah

Olahan cornflakes begini memang termasuk olahan yang cukup mudah menurut saya. Nah inilah dia, satu lagi olahan cornflakes yaitu cornflakes madu. Makanan ini termasuk cemilan juga iya dan cocok juga sebagai snack imut pengisi toples buat hari raya. 

Nah menurut saya neh, cornflakes madu ini sih cocok dibuat bagi orang yang terbatas dengan waktu dan tenaga juga kali ya, secara membuatnya juga sangat mudah. Ya beda tipis dengan membuat cornflakes coklat, hanya yang ini butuh dipanggang sebentar. 

Yang mau menambah koleksi jualan kue kering toples, nah boleh donk item cornflakes madu ini jadi salah satu varian. Rasanya enak menurut saya, walaupun hanya dengan bahan yang tidak banyak ragamnya ini. 

Hmmmm kalau dijual berapa ini ya satu toplesnya? kalau pasaran, di Batam loh ya, harga kue kering tahun 2016 ini, bisa jadi di atas 30 ribu ini harga per toplesnya. Apa untung ya? kalau begitu yuk coba kita hitung kasar harga jual cornflakes madu ini. Perhitungannya tidaklah beda dengan perhitungan harga jual cornflakes coklat dan kue kering kurma, ya begitu-begitu juga cara hitungnya. 

Nah untuk bahan-bahannya, kali ini saya gunakan cornflakes yang dibeli di toko bahan kue. Harganya 12 ribu rupiah per 250gr. Kalau mau menggunakan cornflakes kemasan kotak yang beli di swalayan juga bisa hanya tentu akan beda harga ya, kalau untuk dijual sebaiknya beli cornflakesnya di tbk saja, lebih murah. Sebagai bahan campurannya adalah margarin, yang mau menggunakan butter/mentega juga silakan, harga disesuaikan lagi.

Topping yang saya gunakan adalah campuran buah kering, belinya juga di toko bahan kue. Topping ini sesuai dengan selera juga, bisa sukade, kismis, kacang panggang, atau bahkan trimits (gula-gula warna-warni butiran kecil, seperti toppingnya cornflakes coklat). Sesuaikan lagi perhitungan dengan bahan yang digunakan.

Berikut perhitungan kasar cornflakes madu ini ya... bahan di bawah ini menghasilkan 2 toples ukuran 500 gr, masing-masing toples berisi 30 buah cornflakes madu.

Bahan yang dibutuhkan:
  • 60 gr margarin = 60gr/1000gr x Rp.15.000 = Rp.900
  • 120 gr madu = 120gr/500gr x Rp.54.000 = Rp.12.960
  • 120 gr gula pasir = 120gr/1000gr x Rp.12.000 = Rp.1.440
  • 150 gr cornflakes = 150gr/250gr x Rp.12.000 = Rp.7.200
  • 50 gr buah kering campur = 50 gr/100gr x Rp. 7.000 = Rp.3.500
  • pemakaian gas : Rp. 500 (perkiraan kasar, karena saya menggunakan oven gas, silakan perkirakan sendiri untuk pemakaian oven listrik)
  • harga 2 buah toples = 2x Rp.3.500 = Rp.7.000
  • paper cup = Rp.2000
Total semua bahan =  Rp.900 + Rp.12.960 + Rp.1.440 + Rp.7.200 + Rp.3.500 + Rp.500 + Rp.7.000 + Rp.2.000 = Rp. 35.500

Jika mengharapkan untung 50% maka perhitungan harga jualnya = 50% x Rp.35.500 + Rp.35.500 = Rp.53.250, dibulatkan Rp. 54.000
Maka untuk harga 1 toples = Rp.54.000/2 = Rp.27.000 

Jika mengharapkan untung 100% maka perhitungan harga jualnya = 100% x Rp.35.500 + Rp.35.500 = Rp.71.000
Maka untuk harga 1 toples = Rp.71.000/2 = Rp.35.500 (nah masih cukup wajar kan harga per toplesnya walaupun sudah mengambil keuntungan 100%)


Okey deh setelah tahu perhitungan kasarnya, berikut kalau mau sekalian dengan resepnya ya... (oh iya takaran gula boleh dikurangi sedikit, karena menurut saya cornflakes madu ini sedikit terlalu manis, tapi manisnya enak...he he he... jadi yang tidak begitu suka manis dan takut manis karena sudah manis orangnya, takut kalah saingan manisnya, halah, boleh kurangi takaran gulanya, bisa coba 80 gr - 100 gr)

Cornflakes Madu
diadaptasi dari resepi cornflakes madu rangup - therafim

Bahan :
  • 150 gr cornflakes
  • 60 gr margarin (atau gunakan butter/mentega seperti resep asli)
  • 120 gr gula pasir butiran halus (atau gunakan brown sugar, seperti resep asli)
  • 120 gr/ml madu
  • 50 gr buah kering campur, cincang (untuk topping)

Cara membuat :
Di panci, campur madu, gula pasir dan margarin, panaskan dengan api kecil hingga larut, angkat, masukkan cornflakes, aduk rata. Siapkan loyang dan paper cup, isi paper cup dengan cornflakes secukupnya (gunakan sendok), tata di loyang (catatan : jika cornflakes sudah keras dan susah disendokkan, bisa dipanaskan sebentar dengan api kecil). Beri topping, lakukan sampai selesai. Sementara itu panaskan oven set di suhu 150 derajat celcius. Panggang selama kurang lebih 10 menit, dinginkan dan masukkan ke dalam toples.

cara membuat cornflakes madu


Okey deh, semoga resep dan perhitungan harga jual dari cornflakes madu topping buah kering ini bisa bermanfaat ya, jangan lupa...topping bisa sesuai selera ya, gunakan kismis, sukade, kacang ataupun trimits jika suka...

resep cornflakes madu


Selamat mencoba...




resep manisan nanas apel salak

Manisan campuran buah nanas, apel dan salak ini saya buat sih sebenarnya sudah beberapa waktu yang lalu, biasalah ya resep draft ceritanya. Resep draft adalah penyelamat di kala sedang malas memasak ataupun jeprat jepret. 

Beberapa hari ini saya masih memasak sih, tapi sedang tidak mood melakukan proses foto, nanti kapan-kapan kalau masak yang sama baru deh foto lagi. Begitulah memang kadang kalau tidak mood jadilah tidak terlaksana.

Kembali ke resep manisan ini, buah-buahan yang saya gunakan ini berdasarkan stok yang tersedia saja di kulkas, dan ternyata gabungan ketiga buah ini memberikan rasa yang cukup enak jika dibuat manisan begini, disantap dingin, hmmmm maknyus.

Kalau semisal kuahnya sedikit diencerkan dan buah-buahnya dipotong ukuran agak kecil, sudah bisa jadi minuman es buah neh. Jadi manisan ini bisa juga dibuat versi es buah ya, tetap enak. Silakan modifikasi resep di bawah ini menjadi es buah dengan menambahkan jumlah air dan atur lagi pemakaian gulanya, sesuaikan dengan selera. Nikmati dengan potongan es batu... bisa juga ditambahkan variasi buahnya, seperti bengkuang ataupun pepaya, seperti halnya es buah murah meriah yang pernah saya buat dan malah sering sekali saya buat dulu. Ditambahkan selasih? enak juga...

Resep manisan mangga pernah saya posting sebelumnya, nah resep manisan nanas apel dan salak ini beda tipislah dengan resep tersebut. Yang ada stok mangga muda, ingin buat manisan mangga, hayuk dibuat, mudah kok... hasilnya tentu lebih enak kan kalau buat sendiri, lebih yakin dengan bahan-bahan yang digunakan, tanpa pengawet, tanpa pewarna dan tanpa pemanis buatan. Lebih tenang untuk menyantapnya.

Okey deh, tanpa lama-lama lagi, berikut resep manisannya ya...

Manisan Nanas, Apel & Salak

Bahan :
  • 1 buah nanas ukuran kecil, kurang lebih berat 500 gr, kupas potong-potong
  • 5 buah salak, kupas buang biji dan potong-potong
  • 1 buah apel ukuran sedang, bagi menjadi 8 bagian, masing-masing potong 2
  • 200 ml air
  • 100 gr gula pasir
  • 1 buah lemon
  • 1/4 sendok teh garam

Cara membuat :
  1. Di panci campur air dan gula, masak hingga gula larut dan larutan mendidih, beri garam, aduk rata, angkat dan biarkan hingga hangat
  2. Tuangkan ke dalam mangkuk berisi campuran buah, aduk rata, tambahkan jus lemon, aduk rata kembali, biarkan hingga dingin di suhu ruang (catatan : apel dan salak dipotong-potong sebaiknya ketika sedang menunggu larutan gula menghangat supaya begitu selesai memotong buah, bisa langsung dituangkan sehingga buah tidak menghitam)
  3. Masukkan ke dalam kulkas, biarkan hingga dingin, santap kala dingin

cara buat manisan apel nanas salak

Nah sukup mudah kan membuat manisan nanas, apel dan salak ini, jadi silakan mencoba resep ini ya, siapa tahu cocok dengan selera ya...


Selamat mencoba...



resep puding roti tawar pandan coklat

Resep puding lagi dulu ya, nah kali ini adalah resep puding roti tawar pandan coklat. Ide resepnya sih dari puding roti tawar coklat yang dulu pernah saya buat dan posting di blog ini. Sekarang buat yang versi pandan dan menggunakan santan bukan susu cair.

Tekstur puding ini lembut, wangi pandan dan menyantap puding ini membuat kenyang, ya iyalah kan ada roti tawarnya. Jadi memang puding ini sebagai hidangan segar dingin tapi mengenyangkan. 

Nah tadinya hampir batal saya membuat puding ini, secara kan roti tawar, santan dan telur diblender bersamaan, ealah ketika saya lepaskan tuh gelas blender dari motornya, ternyata bagian bawah gelas yang bisa dibuka tutup terlepas dengan mulusnya, dan byar...tumpah semua hasil blenderan saya. Hmmm kesal sih ya kalau begini... Sophie bilang jus rotinya tumpah..

Padahal saat itu saya sedang memanaskan larutan agar-agar gula dan jus pandan, terpaksa deh matikan kompor sejenak. Sempat bingung batal atau teruskan ya.. berhubung stok jus roti ini masih ada, ya sudahlah buat lagi jus rotinya. Tentu dengan lebih hati-hati supaya tidak tumpah lagi. Ah untunglah semua proses berjalan mulus.

Nah untuk membuat puding roti ini, pastikan memasukkan jus rotinya ketika larutan agar-agar panas saja ya, jangan sampai mendidih, begitu jus roti sudah dituang, aduk cepat supaya jus roti dan larutan agar-agar menyatu dengan baik. Adonan puding roti ini cukup kental ya...tapi smooth atau halus, tidak bergumpal.

Yang kuatir ada rasa amis telur, menurut saya telurnya tidak berasa aromanya, lebih kuat ke rasa pandannya. Jadi yang tidak suka amis telur, bisa coba juga resep ini. Untuk masalah motif, terserah ya... kalau biasanya puding roti tawar, tuang dulu adonan tanpa coklat secukupnya di loyang, lanjut dengan adonan coklat lalu bergantian dengan adonan tanpa coklat begitu seterusnya sampai semua adonan habis.

Nah berhubung saya mau sedikit beda, jadi saya tuang adonan hijau agak banyak, lalu saya tuang adonan coklat di beberapa tempat di atas adonan hijau, lalu saya bentuk motif marmer dengan tusukan sate. Tapi sayang saya belum mahir membentuk motifnya, jadinya ya begitu deh. Ada sisa adonan, saya tuang juga di cetakan kecil silikon.

puding marmer roti tawar pandan

Untuk gulanya, takaran yang saya buat menurut saya agak kurang manis, secara saya gunakan gula pasir butiran halus. Nah yang suka lebih manis, silakan tambah takaran gulanya sesuai selera ya. Saya hanya gunakan 7 sendok makan gula pasir.

Okey deh tanpa lama-lama berikut resep puding roti tawar pandan coklat ini ya, resep modifikasi dari resep puding roti tawar coklat, yuk ini resepnya, silakan....

Puding Roti Tawar Pandan Coklat

Bahan :
  • 1 sachet agar-agar plain (7gr)
  • 7-10 sendok makan gula pasir (saya gunakan 7 sdm, terasa kurang manis)
  • 500 ml jus pandan (600 ml air dan 15 lembar daun pandan diblender, saring dan takar 500 ml)
  • 7 lembar roti tawar berkulit
  • 500 ml santan sedang ( 2x65ml santan instan plus air hingga 500ml)
  • 2 butir telur
  • 2 sendok makan coklat bubuk, larutkan dengan sedikit air panas

Cara membuat :
Siapkan loyang, basahi dengan sedikit air, sisihkan. Blender hingga halus santan, roti tawar dan telur, sisihkan. Campur jus pandan, gula pasir dan agar-agar, aduk hingga agar-agar larut, nyalakan api kompor, panaskan campuran agar-agar (jangan sampai mendidih), masukkan blenderan roti tawar, aduk rata dengan cepat sampai tercampur dengan baik dan didapatkan adonan yang sedikit kental dan halus smooth. Biarkan mendidih atau meletup, angkat. Ambil 1/3 adonan, campur dengan coklat bubuk, aduk rata. Tuangkan adonan hijau sedikit, lalu adonan coklat, adonan hijau lagi, coklat lagi, bergantian sampai adonan habis. Dinginkan biarkan mengeras. Masukkan ke dalam kulkas supaya dingin, keluarkan dari loyang dan potong-potong.


cara membuat puding roti tawar pandan

Nah semoga resep puding roti tawar pandan coklat ini bisa bermanfaat ya, silakan mencoba dan semoga cocok dengan selera ya... 


Selamat mencoba....





resep 3 cup chicken

Resep 3 cup chicken ini sudah lama sekali ingin saya coba, setelah lihat tayangan Ching's Amazing Asia di Asian Food Channel. Secara makasan ini mudah sekali dibuat (sepertinya, he he he). Oh iya namanya cukup unik, 3 cup chicken. Hmmm nama ini sih katanya mengacu kepada penggunaan 3 bahan utama yang takarannya sama, bukan dalam artian benar-benar 3 cup ya. Jadi bahan utama tersebut adalah soya sauce/kecap, sesame oil/minyak wijen dan Chinese rice wine/ arak beras. 

3 cup chicken ini adalah masakan khas Taiwan ya, nah kalau melihat tayangan kulineran Ching di Taiwan, beuh..ngiler habis, semua terlihat enak. Beda kalau Ching kulineran di Jepang, hmmm saya tidak tergiur dengan masakannya, secara saya bukan penggemar masakan Jepang. 

Untuk masakan 3 cup chicken yang saya buat kali ini tentu ala-ala saya ya, tidak benar-benar otentik. Rice wine saya ganti dengan cuka apel, he he he...  Nah sebenarnya sih menggunakan yang namanya basil/kemangi, berhubung saya kelupaan beli kemangi, ya sudahlah, hijau-hijaunya saya ganti dengan daun bawang saja. Dan karena saya suka masakan berkecap begini menggunakan bawang bombay, jadi masuk juga tuh bawang bombay di resep ini.

Ada jamur shitake, lanjut mak..masuk juga di resep...cabai rawit utuh hijau, masuk juga, lah yang namanya masak kan sesuai selera kita ya...tapi bawang putih utuh, yang ini sesuai resep, jadi ya sudahlah ini namanya 3 cup chicken ala-ala Monic. Eits tapi rasanya jangan kuatir, enak kok.. percaya tidak? hayuk dicoba sendiri ya...

Nah ayamnya sendiri, saya gunakan bagian paha atas yang sudah saya bersihkan kulit dan lemak-lemak yang menempel, secara kan saya menggunakan ayam negeri ya, jadi tahu sendiri kan kalau ayam negeri suka berlemak, beda dengan ayam kampung. Kalau menggunakan bagian paha atas, rasa dagingnya tidak begitu alot, beda dengan bagian dada, tapi kembali lagi kepada selera, jika suka menggunakan bagian dada, silakan saja.

Okey deh, sekarang lanjut ke resep ya...silakan...

3 Cup Chicken

Bahan :
  • 500 gr daging ayam (saya gunakan bagian paha atas)
  • 1 buah jeruk nipis ukuran besar
  • 8 buah jamur shitake, potong 4 bagian
  • 1 buah bawang bombay, belah 2, iris setebal kurang lebih 8mm (bentuk cincin 1/2 lingkaran)
  • 1 batang daun bawang, iris tebal kurang lebih 1cm
  • 15 butir bawang putih, utuh
  • 20 butir cabai rawit, utuh
  • 3 cm jahe, iris lebar tipis
  • 50 ml air
  • 2 sendok makan minyak wijen
  • 2 sendok makan kecap manis
  • 2 sendok makan cuka apel (bisa ganti dengan jus lemon atau air jeruk nipis)
  • 1/2 sendok makan saus tiram 
  • 1 sendok makan kecap asin
  • irisan daun bawang dan daun seledri untuk taburan (optional)

Cara membuat :
  1. Bersihkan ayam, buang kulit dan lemak yang menempel, cuci bersih, kucuri dengan air jeruk nipis, diamkan selama kurang lebih 15 menit, bilas, sisihkan
  2. Panaskan minyak wijen, tumis jahe hingga harum, masukkan bawang bombay dan bawang putih, aduk rata, tambahkan daging ayam, aduk rata dan masak hingga berubah warna
  3. Masukkan kecap manis, cuka apel dan saus tiram, serta kecap asin, aduk rata, tambahkan air, aduk rata kembali dan masak hingga ayam matang (jika kuah sudah mulai menyusut dan ayam belum matang, boleh tambahkan air sedikit lagi)
  4. Masukkan cabai rawit dan daun bawang serta jamur shitake, aduk rata kembali dan masak hingga jamur matang (jika menggunakan daun kemangi, masukkan kemangi sesaat sebelum diangkat dan biarkan kemangi layu sejenak), cicipi rasanya
  5. Angkat dan siap dihidangkan, taburi dengan irisan daun bawang dan daun seledri jika suka

three cup chicken

Nah semoga resep 3 cup chicken ini bisa bermanfaat ya, silakan mencoba dan semoga cocok dengan selera....


Selamat mencoba....





resep sumpia keju

Nah sumpia adalah jenis makanan atau cemilan yang buatnya lama tapi makannya sekejap mata saja, he he he... Setelah dulu pernah buat yang versi sumpia abon, hmmm kali ini buat sumpia keju, walaupun saya buat yang versi abon juga sih. 

Permintaan Sophie sih buat yang coklat juga, tapi saya malas, jadinya bujuk Sophie supaya tidak usah yang coklat ya, yang keju saja, lain kali baru buat yang versi coklat. Kalau buat 3 versi pakai yang coklat juga bisa bosan sekali saya. Ini saja mengerjakan 2 jenis ini yang tidak terlalu banyak cukup bosan dan menyita waktu.

Tapi hasilnya hmmm boleh tahan, rasanya enak. Kalau beli yang versi enak begini, wah bisa mahal tuh, kalau mau yang murah rasanya sedikit aneh dan tidak memuaskan. Padahal sumpia ini sih bahannya tidak banyak, hanya memang membuatnya itu yang cukup lama. Tapi kalau tiap hari buat beginian, misalnya yang punya usaha snack sumpia ini tentu bukan hal yang susah ya, membuatnya pasti lebih cepat.

Oh iya, kemarin sempat ke swalayan, nah mulai deh melihat-lihat trend kue kering dalam toples yang dijual di sana. Wuihh banyak sekali deh jenisnya, sebut saja kue yang tak pernah lekang oleh waktu, nastar, kastengels, putri salju, kue kacang, ada juga yang baru saya lihat, tahun lalu tidak ada, palm sugar cookies. Lalu ada juga coklat cornflakes yang harganya cukup mahal kalau menurut saya, hmm coba buat sendiri kan lebih mudah, lalu ada juga chocoball, ada kukis donat juga lalu tentu ada kacang-kacangan dan ada sumpia abon...

Pokoknya kalau melihat toples-toples berisikan aneka macam kue kering dan snack tersebut, lapar mata... nah karena saya paling malas buat kacang-kacangan, dan bapaknya Sophie hobi makan kacang, jadilah kami membeli kacang 3 jenis, kacang thailand, kacang telur dan kacang bawang.

Nah yang mau mempersiapkan sajian di toples untuk hari raya nanti, bisa donk kalau ada waktu membuat sumpia keju atau abon ini. Itu kalau tidak malas ya... daripada beli, lebih baik buat, rasanya lebih enak. Hanya memang harus menyediakan waktu yang cukup banyak ya, tapi kalau ada tenaga bantuan dan mengerjakannya keroyokan malah lebih enak tuh.

Okey deh, saya tampilkan resep sumpia keju ini ya, siapa tahu bisa menginspirasi yang mau membuat sendiri sumpia keju ini, atau malah membuat sumpia abon, beda di isi saja. Untuk kulitnya sih bisa menggunakan kulit lumpia bundar yang ada di pasaran, atau kalau mau lebih praktis, gunakan kulit spring roll pastry atau kulit popiah, banyak dijual di swalayan di bagian makanan beku, atau ada juga di pasar. Yang saya gunakan kali ini yang ukuran kecil, 12.5cm x 12.5cm, dan 1 lembar saya bagi 4 bagian.

Nah karena kulitnya ini beku, jadi kalau belum mau diolah, masukkan ke dalam freezer ya, begitu akan diolah, keluarkan dari freezer, biarkan hingga kulit mulai melunak. Supaya mudah membagi menjadi 4 bagian, ambil beberapa lembar kulit spring roll ini yang masih menempel, lalu bagi 4 bagian menggunakan gunting, baru deh satu persatu dilepaskan.

sumpia abon dan sumpia keju

Yuk mari, ini dia resepnya...

Sumpia Keju

Bahan :
  • kulit popiah/spring roll ukuran kecil 12.5cmx12.5cm secukupnya
  • keju cheddar parut, secukupnya
  • air untuk merekatkan
  • minyak untuk menggoreng

Cara membuat :
Keluarkan kulit spring roll dari freezer, biarkan lunak, ambil beberapa lembar sekaligus, potong 4 bagian dengan gunting, lepaskan kulit satu persatu. Isi dengan keju parut di salah satu ujung kulit, gulung sedikit, lipat amplop dan gulung hingga habis, rekatkan ujungnya dengan menggunakan air. Lakukan sampai selesai, goreng hingga garing dan kuning kecoklatan dengan api kecil, angkat dan tiriskan, dinginkan dan simpan di wadah kedap.

cara membuat sumpia



Nah semoga resep yang sangat mudah ini yaitu sumpia keju bisa bermanfaat ya, silakan mencoba dan semoga cocok dengan selera ya..

Silakan juga lihat resep sumpia abon dengan menggunakan kulit spring roll ukuran besar

resep sumpia keju praktis

Selamat mencoba....






mie goreng bumbu dasar

Sudah punya bumbu dasar, jadi mau masak apa saja gampang, cepat, dan jadinya lebih semangat, he he he... padahal sebenarnya tidak juga kali ya...kalau membuat mie goreng begini, banyak juga pekerjaannya. Mempersiapkan bahan-bahan lainnya, tapi untuk mie goreng ini sih, bahan-bahan seperti sayuran sudah bisa disiapkan sebelumnya ya, bersihkan, potong-potong dan simpan di kulkas dulu. 

Nah apalagi kalau menggunakan sayuran beku, jadi lebih gampang, tinggal keluarkan sayuran beku dari freezer beberapa saat sebelum memasak mie goreng ini. Sayuran beku sendiri banyak dijual di supermarket ya, tinggal pilih mau yang merek apa. Eits tapi yang mau lebih sedikit berupaya, bisa kok buat sendiri sayuran beku ini, malah lebih mudah, lebih banyak dan pastinya lebih murah ya. Yang mau mencoba membuat sayuran beku sendiri, ini dia linknya : homemade frozen mix vegetables.

Kalau versi mie goreng, nasi goreng, bihun ataupun kwetiau goreng, biasanya saya hanya menggunakan bawang putih cincang, nah karena ini namanya edisi memanfaatkan bumbu dasar yaitu bumbu dasar bawang yang terdiri dari duo bawang merah dan putih serta merica, maka coba buat pakai bumbu dasar ini. Dan hasilnya, tetap enak... dan sudah saya coba juga buat nasi goreng dan bihun goreng dengan bumbu dasar ini.

Oh iya, mengenai ketahanan bumbu dasar, untuk bumbu dasar yang saya buat ini, sudah 9 hari di dalam kulkas, dan bumbu dasarnya masih baik-baik saja. Bumbu dasar putih dan kuning yang masih bertahan sampai hari ini, bumbu dasar bawang dan merah sudah habis hari Senin yang lalu, dan sudah saya buat lagi yang baru, sekalian percobaan ketahanan di suhu ruang dan melihat apakah berubah rasa jika di freezer. Jadi masih menunggu hasilnya, sementara ini yang di suhu ruang masih baik-baik saja dari segi aroma dan rasa, tapi masih menunggu berapa lama lagi bumbu ini tahan di suhu ruang.

Jadi nanti saya akan update hasilnya ya...

Nah berikut resep mie goreng dengan bumbu dasar ini ya... yang mau intip resepnya, ini dia...silakan...

Mie Goreng
lihat cara membuat bumbu dasar di 4 bumbu dasar

Bahan :
  • 100 gr mie telur kering
  • 3 buah sosis ayam, iris serong
  • 1 kuntum brokoli ukuran kecil, potong-potong
  • 1 genggam sayuran beku
  • 50 gr jamur tiram, cuci, sobek-sobek, remas hingga kering
  • 1 butir telur
  • 2 sendok makan bumbu dasar bawang
  • 2 sendok makan kecap manis
  • 1/2 sendok makan kecap ikan
  • 1 sendok teh minyak wijen
  • 1/2 sendok makan saus tiram
  • 1 sendok makan minyak untuk menumis

Cara membuat :
  1. Rebus mie telur jangan sampai terlalu lunak, angkat tiriskan, beri sebagian kecap manis, saus tiram, kecap ikan, minyak wijen, aduk rata dan sisihkan
  2. Tumis bumbu dasar hingga harum, masukkan sosis, aduk rata, sisihkan ke tepi wajan atau teflon, orak-arik hingga matang, masukkan brokoli dan sayuran beku campur, masak hingga mulai berubah warna, tambahkan juga jamur tiram, aduk rata sebentar
  3. Masukkan mie goreng, tambahkan sisa kecap manis, kecap ikan, minyak wijen dan saus tiram, aduk rata, masak hingga semua bumbu dan bahan merata, cicipi rasanya, tambahkan apa yang dirasa perlu
  4. Angkat dan siap dihidangkan, taburi dengan bawang goreng dan irisan cabai rawit jika suka

resep mie goreng simple

Nah semoga resep mie goreng dengan bumbu dasar bawang ini bisa bermanfaat ya, silakan mencoba dan semoga cocok dengan selera ya...


Selamat mencoba...




resep kastengels roti tawar mayonnaise

Roti tawar sisa bisa diolah menjadi berbagai bentuk makanan lain yang jadinya sedap. Sebut saja puding roti manis yang bisa dikreasikan dengan bahan-bahan manis, seperti pisang, coklat, apel, strawberry, tape, kismis dll, lalu ada puding roti gurih, dengan bahan-bahan seperti sosis, kornet, ayam atau daging cincang yang dicampur juga dengan sayuran, sebut saja wortel, brokoli ataupun bayam. 

Nah selain itu ada juga yang namanya french toast yang bisa juga dikreasikan dengan berbagai bahan lainnya, french toast pisang, jeruk, original ataupun mangga, lalu diisi selai, ditaburi kayumanis, dll. 

Lalu ada olahan roti tawar goreng, isi ragout, isi sosis bahkan roti tawar goreng isi es krim, hmmm banyak kan ya..

Jadi ceritanya karena sudah cukup banyak olahan roti tawar yang sudah saya buat neh, saya bingung juga mau dibuat apa lagi secara ada cukup banyak roti tawar yang sepertinya tidak ada tanda-tanda ada yang mau makan begitu saja dengan selai. 

Setelah saya ingat-ingat lagi, dulu itu sempat trend dengan namanya kastengels roti tawar, ahai saya coba yang ini saja deh, kan lumayan buat nambah-nambah variasi olahan roti tawar. Tadinya saya pikir mau dioles butter atapun margarin saja buat perekat roti keju di permukaan roti tawarnya, tapi coba googling dulu, penasaran juga dengan kastengels roti tawar booming itu.

Ternyata kebanyakan menggunakan yang namanya vla keju, nah karena malas menghinggapi, maunya yang praktis, eits lihat lagi neh, ada resep kastengels roti tawar yang dibuat mba Yuyu - Dapoer Yuyu. Terima kasih inspirasinya mba Yuyu...Praktis tidak pakai masak-masak vla lagi, olesannya cukup dengan mayonnaise, ahai ini dia neh yang cocok. Akhirnya saya pakai mayonnaise juga, tapi saya tambahkan juga oregano kering sebagai campurannya. Hmmm jadi rasanya ngeju dan berasa roti ala Italian, he he he...

oregano kering

Kalau mau disajikan di toples sebagai suguhan di hari raya bisa juga neh, jadi ini namanya kukis keju praktis dan ekonomis. Hanya memang kalau menurut saya, kalau mau disajikan untuk pengisi toples supaya lebih cantik sebaiknya gunakan roti tawar tanpa kulit. Kalau yang saya buat ini menggunakan kulit dan kulitnya juga tidak cantik, ada yang begitu coklat, jadi ketika dipanggang eh malah makin coklat yang jadinya malah mengganggu penampilan. 

Untuk dinikmati sebagai cemilan sendiri sih tidak masalah ya kalau menggunakan roti tawar kulit, malah saya sukanya dengan roti tawar kulit begini. Nah jadi deh varian baru kue kering hari raya, yang bisa juga dimanfaatkan untuk dijual, tada... kastengels roti tawar.

Berikut langsung ke cara membuatnya ya...silakan...

Kastengels Roti Tawar dengan Mayonnaise dan Oregano

Bahan :
  • 5 lembar roti tawar dengan kulit
  • 5 sendok makan mayonnaise
  • 1 sendok teh oregano kering
  • 80 gr keju cheddar parut
bahan membuat kastengels roti tawar

Cara membuat :
Campur oregano dan mayonnaise, aduk rata, oleskan di tiap permukaan roti, bagi 8 atau 10 bagian (saya bagi 10 bagian), beri keju parut di atas masing-masing potongan roti, susun di loyang beralas kertas roti (saya tidak alasi kertas roti), lakukan sampai selesai. Panggang selama kurang lebih 25 menit di suhu 150 derajat celcius (lamanya memanggang tergantung oven masing-masing). Ketika keju sudah mulai kekuningan dan roti sudah kelihatan garing, boleh dimatikan ovennya dan kastengelsnya dikeluarkan dari oven.

cara buat kastengels roti tawar praktis

Nah semoga resep kastengels roti tawar dengan mayonnaise dan oregano ini bisa bermanfaat ya, silakan mencoba dan semoga cocok dengan selera ya...


Selamat mencoba...




resep es timun melon selasih

Resep yang segar-segar dulu ya... masak resep masakan dan puding terus kan ya, nah kali ini saya tampilkan resep es timun melon selasih. Sudah terbayang kan bagaimana segarnya, gluk gluk glek glek... segar, pelepas dahaga di kala cuaca panas dan cocok buat minuman berbuka puasa neh...

Buat es timun melon selasih ini sih sebenarnya sudah dari akhir bulan Mei nih, ini resep request dari Mas Rofi, pimpinan tabloid Sunday People. Jadi mintanya edisi bulan Juni adalah minuman, nah saya coba buatkan minuman es timun selasih ini.

Saya dulu pernah minum es timun selasih ini di salah satu rumah teman ketika saya berkunjung ke rumahnya, nah walaupun es timun ini sederhana ya, tapi rasanya beuh... segar sekali dan rasanya saya ingin mencoba membuatnya sendiri di rumah, my version ceritanya. Berhubung ada stok melon di kulkas, makanya tidak ada salahnya tambahkan melon juga. Melon, timun, semangka, timun suri, blewah masih satu kerabat kan ya...

Kalau di Bali ada lagi yang satu kerabat, namanya timun guling, tapi saya bingung neh timun guling kalau di tempat lain apa ya namanya. Menurut saya nih timun guling rasanya tidaklah semanis timun suri, tapi bentuknya tidak juga mirip blewah, jadi bagaimana donk definisi timun guling ini, ha ha ha... saya saja bingung...

Jadi dulu waktu saya masih di Surabaya, nah ibu saya kebetulan ke Bali, jadi ikutlah saya menemani ibu saya. Kebetulan ketika di sana, sepupu saya sedang panen timun guling, wuih saya ikutan ke sawah, banyak sekali timun gulingnya bertebaran di tanah, nah disebut timun guling karena letaknya di tanah kali ya, saya juga tidak bertanya kepada sepupu saya waktu itu. Jadi berkarung-karung hasil panen timun gulingnya.

Lalu setelah panen, sepupu saya mengantarkan timun-timun tersebut ke warung-warung sekitar. Wah ternyata pada suka ya dengan timun guling. Kalau menurut saya timun guling itu kurang enak dimakan begitu saja, nah kalau dibuat es (belum pernah coba sih, he he he) sepertinya enak.

Okey deh, kembali ke resep es timun melon selasih ini, nah selain bahannya mudah, mempersiapkannya juga tidak pakai lama, yang mau intip resepnya, mari, ini dia...


Es Timun Melon Selasih

Bahan :
  • 1 buah timun ukuran sedang, cuci bersih buang ujung dan pangkal, buang biji, serut kasar
  • 1/4 buah melon (bisa gunakan jenis melon apa saja, saya gunakan melon hijau), potong dadu
  • 150 gr gula pasir
  • 600 ml air
  • 2 buah jeruk nipis (atau bisa gunakan lemon atau jeruk limau)
  • 2 sendok teh selasih, rendam dengan air matang hingga mengembang
  • es batu secukupnya

Cara membuat :
Siapkan serutan timun dan potongan melon di dalam mangkuk, masak gula dan air hingga gula larut dan air sudah mendidih, sesaat sebelum diangkat kucuri dengan air jeruk nipis, angkat dan biarkan hingga hangat-hangat kuku, tuangkan ke dalam mangkuk berisi campuran melon dan timun, beri selasih, aduk hingga rata, cicipi rasanya (jika dirasa kurang manis, bisa masak lagi beberapa sendok makan gula pasir dan air, hingga air mendidih dan gula larut), beri es batu secukupnya, siap disajikan, enjoy!!!!


cara buat es timun melon selasih


Nah semoga resep es timun melon selasih ini bisa bermanfaat ya, silakan mencoba dan semoga cocok dengan selera ya...

Selamat mencoba...





resep lodeh udang kacang panjang

Masih menggunakan bumbu dasar yang beberapa hari lalu saya buat, nah sekarang coba pakai bumbu dasar tersebut untuk membuat lodeh udang, kacang panjang dan labu siam (waluh). Dan ternyata memang ya membuat masakan dengan menggunakan bumbu dasar rasanya cukup praktis. Hmmm bagus juga neh pakai bumbu dasar begini.

Sayur lodeh sih sebenarnya identik dengan sayuran berkuah putih ya, tapi tidak sedikit juga sayur lodeh yang berkuah kekuningan dan sedikit kemerahan ya kan... nah kali ini saya coba buat yang begini, jadi saya gunakan bumbu dasar merah, putih dan kuning.

Hmmm ternyata neh sayur lodeh malah mirip kuahnya lontong sayur, nah pas sekali donk disajikan dengan lontong. Bapaknya Sophie bilang, wah sudah bisa neh kita jualan lontong sayur, sudah persis rasanya.

Nah rasa lodeh kali ini mirip dengan lontong sayur yang biasa ada di penjual sarapan pagi hari dekat rumah, kuahnya tidak begitu kental dan rasanya ada sedikit manisnya. Lontong sayur versi si ibu ini menggunakan labu siam, kacang panjang dan tahu serta tempe, minus udang. Dan lontong sayurnya ini ternyata menjadi favorit juga, secara ramai juga yang memesannya.

Jadi, yang mau mencoba resep ini, silakan ya bebas saja mau menambahkan sayuran apa saja di dalamnya, misalnya versi lengkap sayur lodeh, wah makin mantap tuh rasanya, ya kan. Oh iya di resep ini saya tidak menambahkan lagi gula ya, rasa manisnya samar dari penggunaan labu siam, yang merasa kurang manis, silakan ditambahkan sendiri gulanya.

Nah saya sudah bingung mau menulis apa lagi, daripada kelamaan, yuk intip resepnya ya... oh iya jangan lupa, kalau mau melihat resep lain menggunakan bumbu dasar : sambal goreng kentang telur puyuh, ayam masak kemangi. Masih ada beberapa lagi resep yang menunggu antrian ya...jadi sabar untuk menantikan penanyangannya, uhuy...

Lodeh Udang Kacang Panjang & Labu Siam
silakan lihat cara membuat bumbu dasar di 4 bumbu dasar

Bahan :
  • 250 gr udang, sisihkan kulit dan kepala, sisakan sedikit bagian ekor dan bersihkan kotoran di punggungnya
  • 1 buah jeruk nipis ukuran sedang
  • 2 buah labu siam ukuran sedang, kupas, potong-potong
  • 8 lonjor kacang panjang, potong-potong
  • 3 lembar daun salam
  • 2 cm lengkuas, memarkan
  • 8 buah cabai hijau, iris serong
  • 200 ml air
  • 500 ml kaldu udang (didapatkan dari rebusan kepala dan kulit udang)
  • 1 sachet santan instan @65 ml (silakan tambahkan jika ingin santan lebih kental)
  • 3 sendok makan bumbu dasar putih
  • 2 sendok makan bumbu dasar kuning
  • 1 sendok makan bumbu dasar merah
  • 1/2 sendok teh garam
  • 2 sendok makan minyak untuk menumis

Cara membuat :
  1. Cuci udang, lumuri dengan 1/2 bagian air jeruk nipis, diamkan selama kurang lebih 10 menit, bilas, cuci bersih kepala dan kulit udang, kucuri juga dengan 1/2 bagian air jeruk nipis, diamkan selama kurang lebih 10 menit, bilas
  2. Rebus kepala dan kulit udang, saring kaldunya, lalu campur dengan santan instan, aduk rata, sisihkan
  3. Tumis daun salam dan lengkuas sampai daun salam berubah warna, masukkan bumbu halus, aduk rata, tumis sampai harum, tambahkan labu siam, aduk rata lalu tuangkan air, masak sampai labu siam mulai lunak
  4. Tuangkan kaldu udang bersantan, masukkan cabai hijau, kacang panjang dan udang serta garam, aduk rata, masak hingga sayuran cukup lunak dan kuah sudah mendidih, cicipi rasanya, tambahkan garam jika perlu
  5. Angkat dan siap disajikan

lodeh udang waluh kacang panjang

Nah semoga resep dengan menggunakan bumbu dasar yaitu lodeh udang, kacang panjang dan labu siam (waluh) ini bisa bermanfaat ya, silakan mencoba dan semoga cocok dengan selera ya...



Selamat mencoba...




resep puding lumut

Masih edisi puding-pudingan dulu ya, setelah coba resep puding rintik pandan, nah kali ini saya tampilkan hasil percobaan saya yaitu puding lumut. 

Tak afdol rasanya kalau tidak ikutan latah mencoba resep puding kekinian, yups apalagi kalau bukan puding lumut atau agar-agar lumut ini. Penasaran apa saya bisa ya membuat puding lumut yang cara dan bahan-bahannya sangat mudah ini, dan ternyata bisa saudara-saudara, percobaan pertama langsung sukses.

Pada dasarnya memang puding lumut ini mirip agar-agar santan gula merah, nah karena eh karena sudah lama sekali tidak buat puding yang berpisah begini, makanya cari contekan dulu ya... nah beberapa hari yang lalu lihat mba Rina Audie posting resep puding lumut ini, ya sudah daripada bingung pakai resep yang mana, pakai resep puding lumut-Dapur Manis saja deh. Terima kasih resepnya ya mba...

Membuat puding kali ini tetap dengan sedikit modifikasi dari saya, ya menyesuaikan bahan yang ada saja di dapur, walaupun beda tipis tapi tetap bisa donk membuat puding lumut ini. Untuk hijaunya saya gunakan pasta pandan saja, secara lihat stok daun pandan tinggal 3 lembar, tidak punya daun suji lagi, hmmm penyelamat, pasta pandan. Jadi jus pandan dan daun suji saya ganti dengan air yang diberi pasta pandan.

Santan yang saya gunakan adalah santan instan saja, jadi tinggal campur santan instan kemasan 65 ml sebanyak 2 buah lalu dicampur air hingga takaran sesuai resep.

Untuk takaran gula di resep menurut saya pas, tidak begitu manis, nah kalau manis ini sesuai selera ya, silakan kurangkan atau tambahkan gula di resep sampai sesuai dengan selera. 

Nah untuk cetakan, silakan gunakan cetakan yang ada, saya gunakan cetakan silikon dan beberapa saya tuangkan ke dalam cup plastik kecil.  Menghasilkan 6 buah puding cetakan silikon dan 9 buah puding cup.

Yukkk... mari langsung ke resep ya...

Puding Lumut

Bahan :
  • 200 ml jus pandan (dari 10 lembar daun suji dan 5 lembar daun pandan, yang ini saya gunakan 200 ml air + 1/4 sendok teh pasta pandan)
  • 1 bungkus agar-agar bubuk plain, kemasan 7gr
  • 125 gr gula pasir
  • 1/4 sendok teh garam
  • 700 ml santan dari 1/2 butir kelapa parut (saya gunakan 2 sachet santan instan @65ml + air hingga menjadi 700ml, aduk rata)
  • 1 butir telur, kocok asal rata dengan garpu


Cara membuat :
  1. Siapkan cetakan atau cup plastik yang akan digunakan, sisihkan
  2. Di panci, masukkan agar-agar bubuk, garam, gula, dan jus pandan, tuangkan santan, aduk sampai rata, masukkan telur, aduk kembali sampai rata
  3. Nyalakan api kompor dan masak hingga mendidih sambil diaduk supaya tidak meluap, begitu sudah mendidih tidak perlu diaduk lagi (pada tahap ini sudah terlihat lapisan lumutnya, terpisah dari lapisan bening)
  4. Tuangkan ke dalam cetakan, bekukan

cara membuat agar-agar lumut


resep puding lumut cup

Nah semoga resep puding atau agar-agar lumut ini bisa bermanfaat ya, silakan mencoba dan semoga cocok dengan selera...


Selamat mencoba....





agar-agar rintik pandan

Resep selingan dulu ya, resep puding rintik pandan atau agar-agar rintik pandan. Nah namanya memang sedikit unik, agar-agar rintik. Resep ini saya dapatkan dari blog negara tetangga. Jadi di kalangan blogger negara tetangga, resep puding rintik ini cukup banyak yang sudah mencobanya.

Resep ini sudah lama saya bookmark, nah baru ada keinginan membuatnya kali ini, padahal setelah saya coba, oalah mudah kok ya buatnya, kenapa baru saya coba ya. Dan rasanya... enak pakai banget deh... lembut dan rasanya setelah saya lama pikir-pikir, yaelah rasanya seperti es dawet, he he he.. maklum ya sudah lama sekali saya tidak menyantap es dawet.

Puding ini sih pada dasarnya menggunakan santan, di resep asal muasalnya sekali, nah resep acuan saya kali ini menggunakan susu cair, jadi saya mengacu kepada resep dengan susu cair saja, tentu dengan beberapa modifikasi ala saya juga sedikit. Resep acuan saya adalah resep agar-agar rintik pandan dari blognya Wan Muhammad Syafiq - Syapex Kitchen. Tampilan agar-agar rintik pandannya Wan Muhammad benar-benar menggoda selera deh, kontras warna hijau dan coklat dari gula merahnya benar-benar cantik, jadi ingin juga mencoba resep tersebut. Terima kasih Wan, karena sudi berkongsi resepi agar-agar lezat ini. Dan untuk akak Izah untuk asal muasal resepinya - agar-agar rintik santan.

Untuk resep puding rintik ini saya menggunakan pasta pandan homemade, dari endapan jus pandan yang didiamkan selama beberapa hari, lebih tepatnya 3 hari, ketika saya membuat selai srikaya pandan homemade. Nah sekalian membuat jus pandan agak banyak, sebagian saya simpan di toples dan disimpan di dalam kulkas.

Hanya saja menurut saya, pasta pandan homemade ini tidaklah seharum kalau menggunakan jus pandan, harumnya tipis saja. Nah cocok neh untuk yang tidak begitu doyan aroma pandan tajam tapi ingin dapat warna alami dari pandan. 

Jadi cara membuat jus pandan adalah : blender 10-15 lembar daun pandan dengan 300 ml air, simpan dalam wadah kedap, masukkan ke dalam kulkas, sampai terbentuk endapan hijau tua di dasar toples, nah jika akan digunakan, buang air bening di atasnya, pakai endapannya. Dengan catatan kalau tidak habis, segera masukkan ke dalam kulkas, jika sempat didiamkan di suhu ruang maka pasta pandan ini akan berubah aroma dan tidak bisa dipakai lagi. Periksa aroma pasta pandan jika disimpan di kulkas lebih dari 3 hari.

Jika tidak ada pasta pandan homemade, gunakan pasta pandan botolan ya, silakan cari di toko bahan kue ataupun di swalayan, ada kok yang jual. Jumlahnya sendiri disesuaikan ya, kalau menggunakan pasta pandan alami, saya menggunakan 1 sendok makan, nah untuk pasta pandan botolan, cukup gunakan 1/8 atau 1/4 sendok teh saja, sesuai dengan selera kepekatan warna yang diinginkan.

Di resep asli Wan Muhammad, penggunaan gula merahnya 100 gr, nah berhubung saya simpan gula merah di kulkas dan saya lupa untuk mengeluarkannya, jadi gula merah saya yang potongan kecil hanya 52 gr, daripada lama, saya campur dengan gula pasir sehingga beratnya menjadi 100 gr. Yang suka dengan warna lebih gelap, silakan gunakan gula merah semua ya.

Untuk agar-agarnya, saya gunakan agar-agar bubuk plain kemasan standar ya, yang 7 gr. Nah saya ambil 1/2 sendok makan untuk membuat puding hijaunya dan sisanya saya gunakan untuk membuat puding gula merahnya. 

Di resep ini saya tidak gunakan tepung custard, yang mau boleh gunakan tepung custard seperti resep aslinya.

Nah tidak pakai lama, berikut resep puding rintik pandan yang saya buat ya... silakan...

cara membuat agar-agar rintik pandan


Puding Rintik Pandan

Puding Hijau

Bahan :
  • 1/2 sendok makan agar-agar plain
  • 1 sendok makan gula pasir
  • 1/2 sendok teh garam
  • 250 ml susu cair (atau bisa gunakan santan kekentalan sedang)
  • 1 sendok makan pasta pandan homemade (atau gunakan 1/8-1/4 sendok teh pasta pandan botolan)

Cara membuat :
Campur semua bahan, aduk rata hingga agar-agar larut, masak dengan api kecil hingga mendidih, angkat dan tuang ke dalam loyang atau wadah puding atau wadah lainnya yang bisa untuk puding, dinginkan hingga mengeras, potong-potong dadu, sisihkan


Puding Gula Merah

Bahan :
  • sisa agar-agar plain, kurang lebih 1 sendok makan, larutkan dengan 30ml air
  • 500 ml air
  • 100 gr gula merah, iris kecil (saya campur gula merah dan gula pasir, 50gr gula merah dan 50gr gula pasir)
  • 2 lembar daun pandan, simpulkan
  • 1 sendok makan tepung custard, larutkan dengan 2 sendok makan air (saya skip)

Cara membuat :
Rebus gula merah dan gula pasir jika pakai, berikut dengan daun pandan, rebus sampai mendidih dan gula larut, saring, buang daun pandannya, masukkan larutan agar-agar dan larutan tepung custard jika pakai, aduk rata dan masak kembali hingga mendidih, angkat dan hilangkan uap panasnya sejenak, tuang ke dalam loyang (saya tuang ke dalam cetakan puding silikon), masukkan potongan puding hijau, dinginkan hingga mengeras, masukkan ke dalam kulkas, sajikan dingin

resep puding rintik pandan



Nah semoga resep puding (agar-agar) rintik pandan ini bisa bermanfaat ya, silakan mencoba dan semoga cocok dengan selera ya....

resepi agar agar rintik pandan


Selamat mencoba.....





NewerStories OlderStories Home