Bihun Siram Sayuran



resep bihun siram sayuran

Tadinya kok ingin makan ifumie sayuran ya, ealah ternyata di dapur hanya ada stok bihun jagung, ya sudahlah jadinya namanya bihun siram sayuran saja ya... kan maksa kalau judulnya tetap ifumie, jiahhh...

Masih ada stok sayuran lengkap secara 2 hari yang lalu masak capcay, hmmm jadi tanpa halangan masak deh yang saya ingin. Tanpa waktu lama jadi..yeay..foto-foto dulu baru lanjutkan pekerjaan yang lain. Dan harap maklum ya, begini saja deh gaya foto saya, mau diapakan juga ya gayanya begitu.

Eh tapi memang ya, setiap food blogger mempunyai gaya khas ya dalam memfoto makanannya dan memang secara tidak sadar akan terlihat dari foto-fotonya, benar tidak sih... tapi itu pendapat saya saja. Tapi iya kan.. kalau sudah sering wara-wiri di beberapa food blog, tahu kan yang saya maksud.

Sipp kembali ke resep bihun siram sayuran ini, nah enaknya menyantap bihun siram ini ya begitu dimasak, langsung disantap, kalau tidak melempemlah sih bihun yang sudah digoreng ini. Dan rasanya tidak enak lagi, lembut berminyak saja jadinya. Jadi kalau mau membuat ini, pastikan langsung dihidangkan ya.

Untuk menggoreng bihunnya bisa ditata dulu bihunnya didalam saringan, lalu celupkan deh saringan berisi bihun kering ke minyak panas. Dan pastikan minyak benar-benar panas ketika memasukkan bihun keringnya dan gunakan api sedang saja. Atau bisa saja sih langsung digoreng begitu saja, tapi dipotong-potong ukuran kecil saja, tapi jangan terlalu kecil, baru digoreng biasa.

Tadi begitu sudah saya goreng bihunnya, saya beri Sophie makan, tadinya saya berikan saja seperti halnya kerupuk. Lalu Sophie datang minta piring, Ibu, tumpah-tumpah kalau dimakan, Pipi minta piring. Nah biasa kan anak ini suka sekali dengan yang kriuk-kriuk, tapi entah karena mungkin rasanya hambar, jadi dimakan hanya sedikit saja, sisanya dipecah-pecah, sambil tersenyum memberikan saya piring dengan remahan bihun gorengnya, tidak habis.. begitu katanya, lalu pergi bermain kembali.

Belakangan ini kalau saya memasak, memanggang kue, dan saya tinggalkan sejenak misalnya untuk mengerjakan yang lain, dia pasti ribut... ibu di dapur saja ya, jangan kemana-mana, nanti gosong...lalu saya katakan tidak kok...itu mungkin pernah kejadian saya menggoreng dan saya tinggalkan akhirnya gosong deh... jadinya Sophie sering mengingatkan sejak saat itu.. ingat saja nih anak.

Sipp ah... lanjut ke resep ya.. ini dia, silakan..

Bihun Siram Sayuran

Bahan :
  • 150 gr bihun jagung kering
  • minyak untuk menggoreng

Bahan kuah sayuran : resep pada dasarnya sama saja dengan resep capcay kuah
  • 3 batang sawi hijau
  • 3 lembar kol, potong-potong
  • 3 lembar sawi putih 
  • 1 buah wortel ukuran sedang
  • kembang kol ukuran kecil
  • brokoli ukuran kecil
  • 5 buah baby corn/putren
  • 100 gr dada ayam
  • 1 buah bawang bombay ukuran kecil, potong kecil
  • 5 siung bawang putih, cincang
  • 400 ml air
  • 2 sendok makan tepung maizena
  • 1 sendok makan saus tiram
  • 1 sendok teh minyak wijen
  • 2 sendok makan kecap ikan
  • 1/4 sendok teh merica bubuk
  • 1 sendok makan minyak untuk menumis

Cara membuat :
Panaskan minyak dengan api sedang, tata bihun kering di saringan, celupkan saringan di minyak panas, goreng hingga bihun mengembang, angkat dan tiriskan.

bihun jagung goreng

Untuk tumisan sayuran :
Potong-potong sayuran, dada ayam, iris serong wortel dan baby corn. Larutkan maizena dengan air, sisihkan. Tumis bawang putih sampai harum, masukkan bawang bombay, tumis sampai mulai transparan, masukkan potongan dada ayam, masak hingga berubah warna, masukkan wortel dan baby corn, masak hingga mulai lembut, masukkan brokoli dan kembang kol, masak hingga berubah warna, tambahkan kol, sawi putih dan sawi hijau, masak hingga mulai layu, masukkan campuran air dan tepung maizena, beri saus tiram, minyak wijen, kecap ikan dan merica bubuk, aduk rata dan masak hingga mengental dan mendidih, cicipi rasanya, matikan api.

Penyelesaian :
Tata bihun yang sudah digoreng di piring saji, siram dengan tumisan sayuran, hidangkan dengan irisan cabai rawit dan saus sambal jika suka.


bihun siram capcay

Nah semoga resep bihun siram sayuran ini bisa bermanfaat ya, silakan mencoba dan semoga cocok dengan selera ya...



Selamat mencoba...




NewerStories OlderStories Home

2 comments:

  1. Mirip sama Mie Titi ya, mba? Saya jadi ingat teman saya yang dari Toraja yang jago banget bikin mie titi.

    Foto mba Monic bagus kok. Liat tuh foto di blog saya yang itu-itu mlulu, polos tanpa hiasan ini itu. Maunya sih seperti Food Blogger lain yang fotonya aduhai banget, tapi tidak bisa dan malas belajar, heheheh....

    Iih.... Sophie perhatian banget deh sama Ibunya. Cantik dan pintar lagi.

    ReplyDelete
  2. iya mirip mie titi ini mba Ima, tapi saya malah belum pernah makan mie titi, nanti sekali2 mau masak mie titi ah..

    iya neh mba, terkadang rasa malas membuat foto itu2 saja, neh saya paling malas membawa makanan ke pintu depan yang kaya cahaya, milihnya yang ringkas, foto di dapur saja, di mana cahaya dari atas saja, jadi kurang greget fotonya he he he

    ih... terima kasih tante Ima, dibilang cantik dan pintar serta perhatian..

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.