Pumpkin Hotteok (Hotteok Labu Kuning)



pumpkin hotteok

Setelah absen 2 hari ngeblog, saya kembali lagi dengan resep Korea, demam masakan korea belum berakhir wakakakkk... nah kali ini posting resep simple dulu ya.. pumpkin hotteok /subak hotteok atau hotteok labu kuning

Jadi sebenarnya hotteok itu adalah street snack yang populer di Korea yang berupa roti gepeng yang berisi campuran kacang dan gula. Nah saya tertarik untuk mencoba hotteok ini karena saya rasa cukup mudah untuk membuatnya... jadi adonan roti diisi lalu digoreng dengan sedikit minyak di teflon saja, jadi intinya ini adalah roti gepeng teflon ala Korea, he he he..

Masih belum bisa berpindah ke lain blog, saya masih pakai rujukan resep dari korean bapsang - hobak hotteok. Resep ini menggunakan takaran cup, dan saya buat dengan takaran gram, dan saya buat setengah resep saja. 

Adonan rotinya sangat lengket, jadi butuh taburan tepung di alas kerja dan juga di tangan. Jangan segan-segan menaburi tepung, adonan akan tetap lembut, tapi jangan juga terlalu banyak sampai adonan keras, wuih kalau begitu kan semangat sekali kakak... ha ha ha..

Dan ternyata tester setia masakan saya suka dengan hotteok ini, tapi tidak suka dengan isinya, secara anak ini sampai saat ini suka yang plain. Tadi saya lupa untuk membuat hotteok yang tanpa isi. Jadi Sophie makan hanya bagian pinggirnya saja, jadi kayak digerogoti begitu.. he he he.. dan tetap ya saya sebagai cleaner..menghabiskan bagian tengah hotteok ini.

Oh iya, di resep ini ada sesuatu yang baru buat saya, jadi ragi instan dilarutkan bersama air, gula dan minyak, uppsss saya belum pernah mencampur minyak di larutan tersebut, sempat was-was, ini ragi mati tidak ya... ahai ternyata memang tidak masalah..ilmu baru ini.

Ok sipppp, sekarang lanjut ke resep ya..silakan..

Pumpkin Hotteok (Hotteok Labu Kuning)
untuk 8- 10 buah ukuran diameter 8cm

Bahan :
  • 40 ml air hangat
  • 1 sendok teh ragi instan
  • 1 sendok makan gula pasir
  • 1/2 sendok makan minyak goreng
  • 110 gr tepung terigu serbaguna
  • 50 gr tepung ketan (bisa gunakan tepung terigu semua)
  • 1/2 sendok teh garam
  • 60 gr labu kuning kukus hangat yang sudah dihaluskan 
  • 60 ml air hangat (resep asli menggunakan susu cair hangat)

Bahan isi : campur rata
  • 2 sendok makan kacang tanah sangrai cincang (saya menggunakan kacang kulit kemasan, haluskan kasar dengan chopper)
  • 1 sendok makan gula pasir
  • 1 1/2 sendok makan gula palem
  • 1 sendok teh kayumanis bubuk
  • 1/4 sendok teh vanila ekstrak (saya tidak pakai)

Cara membuat :
  1. Di mangkuk, campur tepung terigu, tepung ketan dan garam, aduk rata, sisihkan
  2. Di mangkuk ukuran besar, larutkan gula dengan air hangat, tambahkan minyak dan ragi instan, aduk rata, diamkan kurang lebih selama 10 menit sampai larutan berbusa
  3. Tuangkan tepung ke dalam mangkuk berisi larutan ragi, beri labu kuning, beri air secara bertahap, campur rata dengan sendok, tutup mangkuk dan diamkan selama kurang lebih 1 jam sampai volume menjadi 2kali.
  4. Panaskan teflon, beri minyak kurang lebih 2 sendok makan
  5. Taburi tangan dan alas kerja dengan tepung, bagi adonan menjadi 8 atau 10 bagian, ambil satu bagian, bulatkan asal, pipihkan isi dengan kurang lebih 1 sendok teh bahan isian, tutup dan pipihkan.
  6. Masak di teflon, pipihkan kembali dengan sendok kayu ketika adonan sudah berada di teflon, masak dengan api kecil sampai permukaan kecoklatan, balik dan masak hingga kecoklatan, angkat. Lakukan sampai selesai. (Jika teflon cukup besar, bisa masak 3-4 adonan sekaligus)

resep hotteok labu kuning

Nah semoga resep hobak hotteok atau hotteok labu kuning ini bisa bermanfaat ya, silakan mencoba dan semoga suka...


Selamat mencoba..



NewerStories OlderStories Home

4 comments:

  1. Hi...pa kbr mba Monic. Wahh dah bnyk posingan baru yah. Hp qu rusak, mo liat dr komputer malas. Klo pake hp bs lgsg screenshot resep2nya.
    Klo makanan korea kyk gini aq doyan deh hehe.

    -RINI

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai hai mba Rini, apa kabar? duh lama sekali mba Rini ga muncul, jadi kehilangan juga neh.. duh mba Rini kemana neh..peyuk2 dulu he he he

      iya mba... harus selalu update neh, biar rame postingan ha ha ha
      wah doyan ya yang ini, iya sih ya karena memang pada dasarnya ini hanya roti ya mba

      Delete
  2. Wah pengen nyobain, mba. Apalagi ada ilmu barunya tuh.
    Bisa tidak ya adonannya dipanggang dengan minyak sedikit saja, mba?

    Emang kalo jadi ibu itu harus serba bisa. Contohnya jadi cleaner makanannya sang buah hati bukan cuma cleaner rumah saja, heheheh.
    Eh tapi malah bagus itu mba kalo Sophie gak suka manis, lebih sehat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya silakan dicoba mba Ima, bisa banget mba dipanggangnya dengan sedikit minyak, dan kalau mau tanpa minyak juga tidak masalah, tapi tentu jadinya lebih kering dan benar2 jadi kayak roti panggang

      he eh nih mba, memang jadi ibu itu harus bisa jadi cleaner juga he he he.. iya nih mba Sophie tuh suka yang plain2 kalau roti2 an

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.