Subak Hwachae (Korean Watermelon Punch)



subak hwachae

Lanjut lagi tentang Korea, kali ini saya mau posting minuman dulu ya, nah minuman ini saya buat beberapa hari yang lalu ketika cuaca di Batam sedang sangat panasnya. Tapi 2 hari ini cuaca cukup dingin, dari pagi sudah mendung diikuti oleh hujan yang sesekali turun. Nah minuman ini disebut dengan subak hwachae.. keseleo lidah tidak membacanya? colek mba Sitti Taslimah yang keseleo lidah ketika membaca beberapa judul resep khas korea yang saya posting sebelumnya..he he he.. 

Jadi subak hwachae itu adalah korean watermelon punch di mana subak sendiri artinya adalah watermelon atau semangka. Hwachae itu adalah korean traditional fruits punch, atau es buah ala korea lah ya kalau kita boleh katakan. Dan seperti biasa masih pakai resep rujukan yang sama, dari korean bapsang - subak hwachae. Tapi tentu saja saya buat ala-ala saya saja mengikuti bahan yang ada di dapur.

Yang khas di sini adalah adanya rice cakes yang berbentuk bola yang berbahan dasar tepung ketan. Nah kalau versi Ibu Hyosun, semangka dan melonnya dibentuk bulat, berhubung pembulat buah saya entah di mana, saya malas mencari, jadilah saya potong kotak saja melon dan semangkanya.

Okey deh, kalau versi saya, untuk sirupnya sendiri saya menggunakan sirup marjan melon, lalu ada tambahan air soda. Untuk takaran sendiri sih suka-suka ya.. sesuai selera saja, jadi kalau untuk minuman begini memang sesuai lidah saja.

Berikut resep minuman punch semangka ini ya... takaran disesuaikan sendiri ya..jadi maaf kalau resep kali ini pakai tambahan kata secukupnya he he he.. ini dia..silakan..

Subak Hwachae (Korean Watermelon Punch)

Bahan :
  • kurang lebih 1 mangkuk semangka yang dipotong kotak atau dibentuk bulat
  • kurang lebih 1 mangkuk melon yang dipotong kotak atau dibentuk bulat
  • bola-bola ketan secukupnya
  • sirup melon secukupnya
  • air matang secukupnya
  • air soda secukupnya
  • es batu secukupnya

Cara membuat :
Di gelas atau mangkuk saji, campur sirup melon dengan air secukupnya, cicipi rasanya, tuangkan air soda, masukkan melon dan semangka serta bola-bola ketan, beri es batu secukupnya, siap disajikan.


Bola -bola Ketan

Bahan :
  • 60 gr tepung ketan
  • 1 sendok makan gula pasir
  • 1/4 sendok teh garam
  • 4 sendok makan air mendidih

Cara membuat :
Di mangkuk, campur tepung ketan, gula dan garam, tuangkan air mendidih sesendok demi sesendok, aduk dengan sendok, kemudian begitu sudah mulai hangat, uleni hingga tercampur rata, bentuk bulat-bulat dengan ukuran sesuain selera (saya bentuk kurang lebih sebesar kelengkeng). Sementara itu didihkan air, masukkan bola-bola ketan tersebut ke dalam air mendidih, masak dengan api kecil hingga mengapung, angkat dan masukkan ke dalam air dingin, angkat dan tiriskan, siap digunakan.

resep subak hwachae korean watermelon punch

Nah semoga resep subak hwachae atau Korean watermelon punch ini bisa bermanfaat ya, silakan mencoba dan semoga cocok dengan selera ya..


Selamat mencoba..



NewerStories OlderStories Home

2 comments:

  1. Yuhu.... Korea lagi.
    Karena cuma dua kata, lidah ini tidak terlalu keseleo saat membacanya, heheheh.

    Kalo ngak pake bola-bola ketan, namanya jadi es buah aja kali ya, mba?

    Ini yang bikin beda bola-bola ketannya, tapi ngak bisa makan ketan. Gimana dong? Hiks....

    ReplyDelete
    Replies
    1. yuhu, iya korea lagi neh mba Ima he he he..
      iya kalau ga pakai bola2 ketan jadi es buah aja deh.. waduh iya donk ga boleh ketan ya mba... hmmm coba pakai tepung beras.. tapi enak ga ya...belum pernah nyoba sih..

      semoga mba Ima cepat sembuh ya, jadi ga berpantang makanan lagi ya..

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.