Bolkus Meises Lembut (Tapi Tidak Merekah) Tetap No Soda No Emulsifier



resep bolu kukus tanpa soda tanpa emulsifier

Jiahhh, judulnya panjang sekali ya..niat sekali membuat judul sebegitu panjang he he he... namanya judul ya, harusnya memang judul itu merepresentasikan isi kan ya...jadi begitulah kira-kira isi dari postingan saya kali ini he he he... bolu kukus meises lembut tapi tidak merekah tetap tanpa soda dan tanpa emulsifier.

Nah sebenarnya kalau saya mau ikuti saja resep yang pernah saya posting sebelumnya di sini di bolu kukus mekar tanpa soda dan emulsifier tentu hasilnya tidak begini. Nah ceritanya edisi pelit telur, kan di resep tersebut menggunakan 1 butir telur dan 4 kuning telur, aih iseng ah modif saja menjadi 3 butir telur utuh. Dan karena merubah telur, tentu saja ada perubahan di bahan lain, seperti susu cair dan jumlah tepung. 

Dan karena ini tanpa emulsifier, metode yang sering saya gunakan untuk membuat cake jenis sponge cake di mana telur dan gula dikocok hingga mengembang dan kental berjejak, maka mangkuk pengocok saya rendam dalam air panas. Nah yang ini walaupun tanpa emulsifier, hasil cake cukup mengembang.

Bolkus ini sih saya buat atas permintaan Sophie, biasalah ya kalau saya sedang lihat-lihat foto-foto makanan baik itu di facebook, google+, ataupun di berbagai blog, kebetulan Sophie lihat juga, terkadang bahkan sering dia minta dibuatkan sesuai dengan apa yang dia lihat. Kebetulan dua hari yang lalu melihat gambar bolu kukus ini, jadilah minta dibuatkan bolkus ini. Jadi begini katanya, nanti Ibu buatkan Pipi yang ini ya, Pipi mau bawa ke Top 100.. satu saja bawanya. Nah memang sih ada lomba di mall Top 100 yaitu Porseni TK sekecamatan. Jadi begitulah permintaannya.

Ketika mempersiapkan bahan sempat bingung juga, ikuti resep asli atau modifikasi ya... eng ing eng... tapi kalau ikuti resep asli rasanya gatal juga ingin mengubah resep ha ha ha.. dasar.. tapi setelah saya pikirkan lagi, modifikasi saja, lihat nanti hasilnya. Dan ternyata hasilnya tidaklah sesuai dengan yang saya inginkan. Tapi walaupun begitu bolu kukusnya tetap lembut dan yang penting Sophie suka... yeayyyy... bahkan bapaknya yang tidak suka bolu kukus saja habis 2 buah... ini saya bingung... lapar atau doyan.. he he he.

Ealah ini si bolkus tidak merekah mungkin ada beberapa faktor selain saya modifikasi bahannya, nah ketika sedang mengocok telur dan gula, saya harus berhenti sebentar karena ada pegawai dari PGN yang membawa surat perjanjian pelanggan gas. Nah apa ini juga ya faktornya... jadi saya harus keluar dulu dan membaca dulu sekitar 5 menit... nah loh.. entahlah..

Kalau bicara tekstur bolu kukus ini walaupun lembut tapi lebih padat ya daripada bolu kukus dengan soda ataupun emulsifier. Jadi menyantap bolu kukus ini cukup mengenyangkan. Nah selesai lomba senam yang diikutinya, Sophie dengan lahapnya menyantap bolu kukus ini. 

Suasana di tempat lombat cukup ramai dengan cuaca yang cukup panas, walaupun ketika kami berangkat dari rumah cuaca cukup sejuk.. begitu sampai di tempat lomba, duh panas kembali. Acaranya sih bukan di dalam mall, jadi di hall terbuka begitu. Jadi sudah deh keringat-keringat deh, mana harus menunggu cukup lama untuk tiba giliran TK-nya Sophie tampil. 

Sambil menunggu, kabur sebentar ke kafe yang ada free wifi, lumayanlah membunuh waktu, ealah tapi tidak bisa lama, ditelepon oleh gurunya Sophie, katanya Sophie mencari saya. Ya sudah deh... tidak bisa lama-lama internetan. Jadinya malah ngariung (ngumpul) dengan ibu-ibu lainnya dan juga guru Sophie.

Sebentar lagi mau tampil ealah ada insiden, Sophie karena semangatnya lari-lari terjatuh, alhasil menangis, lah harus segera didiamkan ini. Cukup lama juga dia menangis, tapi untunglah ketika saya katakan jangan menangis lagi ya, nanti ibu videokan Pipi ketika lomba senam ya, nanti videonya kita kirim ke tante Susan. Dan ternyata berhasil, akhirnya dia diam...dan tada lomba berjalan lancar.

Nah begitulah ceritanya sekita bolu kukus ini..halah... berikut langsung ke resep ya.. yang mau irit telur juga dan tidak masalah kalau tidak merekah si bolkusnya (atau mungkin malah beruntung bisa merekah) dan suka dengan bolkus yang lembut tapi sedikit padat, ini dia resepnya... silakan..

Bolu Kukus Meises

Bahan :
  • 3 butir telur berat dengan cangkang kurang lebih 70gr
  • 300 gr gula pasir butiran halus
  • 1/2 sendok teh vanili bubuk
  • 275 gr tepung terigu protein rendah
  • 50 gr tepung maizena 
  • 100 ml susu cair (kali ini saya gunakan susu cair coklat)
  • 3 sendok makan meises coklat
Cara membuat :
  1. Siapkan cetakan bolu kukus berlubang, isi dengan paper cup, sisihkan
  2. Campur tepung maizena dan tepung terigu, ayak dan sisihkan
  3. Panaskan kukusan dengan api kecil dulu
  4. Siapkan air panas, letakkan di mangkuk ukuran cukup besar sehingga mangkuk pengocok bisa diletakkan di dalamnya dan terendam kira-kira setengah bagian.
  5. Letakkan mangkuk pengocok di dalam mangkuk berisi air panas. Kocok dengan mixer kecepatan tinggi gula dan telur sampai kental berjejak kurang lebih selama 15 menit (tergantung mixer masing-masing)
  6. Masukkan bubuk vanili, kocok sebentar lagi
  7. Kurangi kecepatan mixer di kecepatan rendah, masukkan tepung dan susu cair secara bergantian dan bertahap masing-masing (tepung dulu, susu cair kemudian kocok lagi, masukkan lagi tepung dan susu cair, kocok lagi kemudian masukan semua tepung dan susu cair, kocok kembali hingga rata)
  8. Matikan mixer, tambahkan meises, aduk rata dengan spatula
  9. Sementara kita mengisi adonan ke cup, besarkan api kompor dan biarkan air di kukusan mendidih
  10. Isi setiap cup sampai cup penuh, lakukan untuk beberapa cup sesuai dengan kapasitas kukusan
  11. Kukus dengan api besar kurang lebih selama 20 menit
  12. Keluarkan dari kukusan dan dinginkan

Tips :
Kunci membuat bolu kukus bisa mekar adalah pastikan mengocok telur dan gula pasir sampai adonan benar-benar kental berjejak. Isi cup sampai benar-benar penuh. Gunakan api besar selama mengukus, perhatikan untuk tidak membuka tutup kukusan selama proses mengukus. Beri jarak yang cukup antara cup supaya masing-masing cup mendapat sebaran panas yang merata. Alasi tutup kukusan dengan serbet bersih untuk menghindari air menetes ke atas adonan bolkus. Nah supaya bagian bawah tidak bantat maka sebaiknya tidak mengisi kukusan dengan air sampai penuh sehingga golakan air bisa terkena bagian bawah bolu kukus. Isi sepertiga bagian saja.


bolkus meises lembut

Nah semoga resep bolu kukus meises lembut tanpa soda dan emulsifier ini bisa bermanfaat ya, silakan mencoba dan semoga cocok dengan selera ya...



Selamat mencoba....



NewerStories OlderStories Home

6 comments:

  1. Pernah 2x bikin bolkus mekar pake soda dan sukses bantatnya hahaaa....

    wahh...aksesoris Sophie jd hiasan foto cantik jg ya mba...hehe

    Rini

    ReplyDelete
    Replies
    1. ha ha ha iya nih mba, beneran deh untung2an buat bolkus begini, jadi penasaran juga buat yang pakai soda

      he eh mba Rini, kadang2 suka ambil aksesoris dan mainan Sophie buat foto he he he

      Delete
  2. Maa syaa allaah masih rajin ngeblog nih. Pebruari belum habis udah 15 postingan yang dibuat. Kapan diriku bisa rajin lagi ya. Mualesnya hahahaaa....
    Ini bolu paling bikin aku keder sampai sekarang. Mau bikin maju mundur cantik mulu hihi.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. ha ha ha mba Rina bisa aja.. ini sudah termasuk malas mba.. kalau rajin bisa-bisa bulan Pebruari ini lebih dari 28 postingan..itu kalau rajin loh ya..

      iya nih mba, buat bolkus begini kadang ketar ketir juga ya, maju mundur cantik deh he he he

      Delete
  3. Wow...., judulnya paaaannjjaaaang pake bingits, mba. Wkwkwk...

    Ahay.... Ternyata kemarin kita sehati ya, mba, posting resep hasil modifikasi. Saya langsung tertawa-tawa membaca mba Monic berkata "rasanya gatal juga ingin merubah resep" karena hal itupun sering saya lakukan. Heheheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bener..panjang ya..ha ha ha.. heeh mba Ima, gatal memang kalau tidak memodifikasi resep..he he he

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Silakan kalau mau mempromosikan blog/website, gunakan komentar dengan nama atau nama blog/website dan url, tetapi komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.