Donut Holes (Sate Donat)



donat holes

Waduh... kemarin absen posting ya... mulai lagi kambuh malasnya saya neh. Tapi hari ini sudah tidak malas lagi, jadi saya posting resep donut holes (sate donat) saja ya. Hmmm saya sebenarnya tadi mau beri judul sate donat saja tapi kalau sate kan ditusuk-tusuk dan disusun di tusukan sate kan ya. Ealah ternyata tusuk yang saya punya terlalu pendek. Ya sudahlah kasih judul donut holes sate donat saja deh..

Ceritanya saya itu dapat tusuk lucu begini di toko serba 8000, nah dulu saya ada postingan iseng tentang toko ini di serba 8000. Harganya memang serba 8000 dan barang-barang yang dijual di sana cepat sekali habis, ya iyalah ya... murah. Semua barang yang saya beli pertama kali sudah tidak ada lagi stoknya, sudah banyak barang baru. Nah sekalinya ke sana, saya ketemu tusuk lucu begini, ih beli donk ya. Jadi kalau ke toko serba 8000 ini perasaan kok mau beli saja bawaannya. 

Tapi untung-untungan juga sih dapat barang lucu dan murah..nah entah sudah berapa kali kami pergi ke toko tersebut he he he.. dan sekalinya beli pastinya lebih dari satu... dasar ya. Yang saya cari pertama tentu saja barang-barang peralatan dapur dan makan serta pernak-pernik yang sekiranya dapat dijadikan pelengkap foto makanan. 

Ternyata toko serba 8000 ini tidak hanya satu saja di daerah Batuaji Batam, tapi ada juga di Harbour Bay - Batu Ampar.... hmmm bingung Batu Ampar apa masih daerah Nagoya itu ya..he he he. Tapi yang sudah sering bolak-balik Singapore-Batam lewat Harbour Bay pasti tahulah ya.. yang di Harbour Bay Mall ada toko serba 8000 ini.

Ternyata eh ternyata ada lagi yang lebih murah, toko serba 7500... ada di mall top 100 Tembesi. Nah waktu saya liburan dengan Sophie ke Jawa, ternyata bapaknya Sophie katakan ada tuh toko baru serba 7500 di mall top 100. Hmmm suatu ketika karena penasaran kami cari tokonya di dalam mall top 100 tersebut. Keliling-keliling sampai capek tapi tetap tidak ketemu.. akhirnya tanya kepada satpam mall. Diberi arahan tempatnya dan ternyata arahannya juga membuat bingung... tanya lagi kepada penjaga stan mainan anak, akhirnya ketemu deh.. ternyata tempatnya bukan di dalam mall tapi di ruko sekitar mall.

Hmmm masuk toko mata langsung membelalak... mencari-cari incaran barang bagus dan lucu..he he he.. aih aih ada saja yang terlihat lucu..jadi yang lucu-lucu di mata masuk keranjang belanja..halah... memang pintar juga sih taktik belanja serba sekian ini. Terkadang tidak berasa... karena murah akhirnya jadi banyak item yang dibeli. Jadi memang semua pembeli rata-rata membeli banyak item, sampai-sampai keranjang belanjaannya terlihat penuh, hi hi hi itu kalau belinya barang-barang besar, seperti ember, tempat sampah ataupun pot bunga dll barang besar.

Nah kalau biasanya kami ini beli barang yang kecil-kecil seperti penghapus, pensil, gantungan kunci, jepit rambut dan pernak-pernik dapur...keranjang tidak penuh, tapi... banyak juga setelah ditotal di kasir.

Upss kembali bicara tentang donat ini ya..nah saya itu kok sedang ingin makan donat lagi, masih terbayang kelembutan donat kentang yang saya buat jadi donat paha ayam, sudah saya posting di resep donat paha ayam. Jadilah tadi pagi sebelum antar Sophie latihan menari di sekolah buat persiapan Porseni TK saya menyempatkan diri membuat adonan donat ini. Lumayanlah pagi-pagi mengulen... cukup pegal he he he. 

Jadi karena sudah ada beberapa kali posting resep donat kentang, ya kali ini divariasikan saja bentuknya. Kali ini bentuknya bulat kecil saja, diberi nama donat holes karena memang bentuknya ini kan bulat kecil, jadi kalau buat donat pakai cetakan donat, ada sisa adonan kecil di tengah kan, nah ini yang disebut donat holes dan biasanya dijadikan sate donat.

Tadinya saya mau bagi saja adonan kecil-kecil lalu dibulatkan, sudah saya coba satu tapi aih perasaan akan lama kalau begini caranya. Akhirnya saya putuskan digilas saja adonannya lalu dicetak pakai cookie cutter bundar yang saya punya. Cookie cutter ini juga saya pernah gunakan untuk membuat garlic moza biscuits dan kastengels (namanya kastengels tapi bundar he he he). Dulu entah saya beli di mana cookie cutter begini. Ukurannya kecil saja, diameter 2cm.

Dan dengan resep di bawah ini menghasilkan kurang lebih 60 buah donat holes, banyak kan ya... jadi bisa pesta donat holes ini ha ha ha... Dan karena dicetak saja adonannya jadi membuatnya cukup cepat. Untuk rasa... sudah tidak diragukan lagi... donat kentang memang empuk..puk..puk..

Sipp berikut saya tuliskan lagi resepnya ya.. silakan...

Donut Holes
untuk 60 buah

Bahan :
  • 250 gr tepung terigu protein tinggi, saya gunakan merk golden eagle
  • 1 1/4 sendok teh ragi instan
  • 50 gr gula pasir
  • 1/2 sendok teh garam
  • 25 gr tepung maizena
  • 100 gr kentang kukus, dinginkan sejenak, haluskan
  • 2 kuning telur
  • 40 gr margarin
  • 75 ml susu cair dingin
Bahan taburan :
  • gula halus

Cara membuat :
  1. Di mangkuk, campur tepung terigu, tepung maizena, ragi instan, gula pasir, garam, aduk rata, masukkan kuning telur, kentang, susu cair dingin, uleni hingga adonan menyatu (saya uleni kurang lebih selama 2 menit)
  2. Tambahkan margarin, uleni kembali hingga kalis dan lembut, kurang lebih selama 10 menit (jika mampu, uleni sampai kalis elastis), tutup mangkuk dan biarkan selama kurang lebih 45 menit sampai 1 jam, kempiskan adonan, bagi menjadi 2 atau 4 bagian. Ambil satu bagian, letakkan di alas bertabur tepung tipis, gilas dengan ketebalan kurang lebih 1cm. Cetak dengan cookie cutter bundar diameter 2cm (catatan : celupkan cookie cutter di mangkuk berisi tepung sebelum digunakan, jika lengket celupkan lagi). Letakkan adonan donat holes di wadah bertabur tepung tipis, lakukan sampai semua adonan habis, diamkan selama kurang lebih 15-20 menit.
  3. Panaskan minyak yang cukup banyak dengan api kecil, goreng hingga kuning kecoklatan, balik dan goreng sisi sebaliknya. Angkat dan tiriskan.
  4. Jika ingin membuat sate donat, tusuk-tusuk donut holes dengan tusukan sate, beri taburan gula halus atau olesi dengan margarin/butter/buttercream dan taburi dengan meses atau coklat serut.

resep donat holes sate donat

Nah semoga resep donat holes sate donat ini bisa bermanfaat ya, silakan mencoba dan semoga cocok dengan selera ya...


Selamat mencoba...




NewerStories OlderStories Home

4 comments:

  1. Enak ini ...
    saya suka....saya suka!
    Emang ya mba...klo dah belanja perlengkapan masak suka laper mata hehe....

    RINI

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba Rini setuju.. enak ya kalau donat kentang itu.. sama mba..saya suka..saya suka.. toss

      he eh mba, bener laper mata pokoknya ha ha ha

      Delete
  2. Wih, unyu-unyu bingits mba tusuk satenya. Coba di sini ada juga toko serba 8000 atau 7500, pasti deh saya kalap, heheheh.

    Fotonya makin cantik pake WAW background, mba. Saya kemarin sampe bingung milihnya dan pengen beli lagi, heheheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba Ima, unyu2 ya.. ha ha ha... iya bener toko begini suka buat orang kalap

      he eh mba, cantik ya backgroundnya..sama jadi pengen beli lagi he he he..

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.