Brownies Wortel Berempah



resep brownies wortel berempah

Walaupun gambarnya tidaklah begitu cling, perkenankan saya menampilkan resep brownies wortel berempah ini, jiahhhhh huahaha...  Namanya juga usaha, tapi tetap ya saya itu kesulitan mengambil gambar brownies, secara kan namanya juga saya sampai saat ini masih tukang foto makanan yang amatiran nah ditambah lagi brownies itu kan hitam ya, jadi harus benar-benar dapat cahaya yang baik supaya teksturnya terlihat jelas. Dan berapa hari ini mendung-mendung tidak jelas saja neh di Batam, sesekali hujan sih, walaupun hanya beberapa menit saja.

Okelah terlepas dari foto brownies ini, penasaran tidak neh dengan judul saya.. brownies kok berempah? apa rasanya? jadi kalau saya katakan nih rasanya memang brownies tapi diikuti oleh rasa berempah, jadi seperti makan brownies sekaligus makan onbitjkoek. Jadi sudah terbayang kan rasanya, yang penasaran boleh coba buat sendiri, super gampang. Nah kalau dari segi bahan, kurang lebih sama dengan resep brownies simple ekonomis yang saya posting sebelumnya. Nah karena saya yakin rasanya manis, jadi saya tidak berniat menambahkan lagi topping coklat serut, jadi kali ini saya beri topping almond iris saja. 

Dan memang setelah saya coba, rasanya manis, hmmm kalau sesuai selera saya sedikit terlalu manis, takaran gula 200 gr dan mungkin juga ditambah manis dari si wortel itu sendiri, tapi kembali lagi kepada selera, manis saya belum tentu manis orang lain. Nah yang gawatnya walaupun sedikit terlalu manis tapi rasanya enak sekali menurut saya, itu loh rasa rempah yang nyoklat, jadi begitu sudah dingin, saya potong lalu saya cicipi satu potong, loh kok enak, lalu maju mundur deh, makan satu potong lagi tidak ya... ambil lagi tidak ya.. akhirnya maju tidak pakai mundur lagi, ambil lagi satu potong he he he.

Bagaimana pendapat Sophie tentang brownies ini.. ah dia selalu bisa menyenangkan hati saya, semua yang saya buat selalu dikatakannya enak. Dan tentu saja brownies ini dapat jempol juga darinya, walaupun rasa rempahnya cukup tajam. 
Oh iya, bicara tentang Sophie, saya jadi ingat perkataannya, jadi ketika kami ke mall, nah setelah parkir kendaraan, kami berjalan menuju pintu masuk mall, ealah tiba-tiba dia berkata, ibu nanti olahraga yang banyak ya, biar kurus kayak tante itu sambil menunjuk gambar perempuan yang mengenakan pakaian olahraga di mana terlihat perutnya yang langsing dan berotot. Nah gambar itu sendiri terdapat pada toko peralatan olahraga. Hu hu hu... saya disuruh langsing begitu... mana tahan.. apa bisa ha ha ha.. nih anak ada-ada saja. Hmmm bisa kalau tidak buat kue ini itu, masak ini itu, masak makanan rendah kalori saja.

Okey deh.. ngelantur lagi, berikut langsung ke resep ya.. silakan..

Brownies Wortel Berempah

Bahan :
  • 110 gr tepung terigu protein rendah
  • 1 1/2 sendok teh bumbu spekuk
  • 1 sendok teh kayumanis bubuk
  • 1/2 sendok teh garam
  • 25 gr coklat bubuk (saya gunakan campuran coklat bubuk biasa dan coklat bubuk berwarna hitam)
  • 120 ml minyak goreng
  • 200 gr gula pasir (jika tidak suka terlalu manis, bisa dikurangi sedikit)
  • 2 butir telur ukuran sedang
  • 130 gr wortel, parut dengan parutan keju
  • almond iris secukupnya untuk taburan
Cara membuat :
Siapkan loyang ukuran 20cmx20cm, oles dengan margarin/mentega, taburi dengan tepung tipis saja, sisihkan. Panaskan oven, set di suhu 180 derajat celcius. 
Di mangkuk, campur tepung terigu, bumbu spekuk, kayumanis bubuk, garam dan coklat bubuk, aduk saja dengan sendok atau gunakan balloon whisk, sisihkan. Di mangkuk ukuran cukup besar, campur gula dan telur, kocok dengan balloon whisk hingga gula mulai larut, tambahkan minyak goreng, aduk rata kembali, masukkan campuran tepung, aduk kembali hingga rata, tambahkan wortel, aduk rata kembali, tuang ke dalam loyang, ratakan hingga ke sudut loyang karena adonan cukup kental, ketuk loyang perlahan, taburi dengan almond iris, panggang selama kurang lebih 20-25 menit, keluarkan dari oven dan dinginkan, keluarkan dari loyang dan potong-potong.

resep brownies wortel

Nah semoga resep brownies wortel berempah ini bisa bermanfaat ya, silakan mencoba dan semoga cocok dengan selera ya..



Selamat mencoba....




NewerStories OlderStories Home

4 comments:

  1. Wortelnya berasa gk mba? Dah lama sih nyimpen resep cake wortel tp ragu mo bikin. Walaupun review yg buat katanya enak dan wortelnya gk berasa tp tetap ragu jg hihi....

    Oiya mba...aq makasih bgt loh udh ditawarin asam mangga. Tp mba Monic aja yg bikin. Aq liat gbr nya aja hahaaa....

    RINI

    ReplyDelete
    Replies
    1. wortelnya ga begitu berasa mba.. hanya memberi tekstur lebih moist aja, jadi hayo mba dicoba buat, biar ga penasaran, buat sedikit aja

      mba Rini coba baca komentar mba Ima di bau peapi, tuh mba Ima nawarin asam mangganya, jadi tinggal pilih ya mau dikirim dari Sulbar atau dari Batam he he he

      Delete
  2. Hahahaha.... Ngakak baca maju mundur cantik yang akhirnya jadi maju terus pantang mundur. Tapi lebih ngakak lagi baca kata-kata Sophie yang minta Ibunya jadi langsing.
    Maaf nih, mba. Saya bukan menertawakan mba Monic, tapi anak-anak memang suka gitu, komentar yang terdengar lucu tapi menyinggung perasaan. Huhuhuhu....

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya nih mba, enak browniesnya, jadi maju terus pantang mundur ha ha ha..
      iya anak kecil memang ya komentarnya lucu tapi kena..he he he

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Silakan kalau mau mempromosikan blog/website, gunakan komentar dengan nama atau nama blog/website dan url, tetapi komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.