Burger Malaysia (Pau Sambal) ala Monic



resep pau sambal burger malaysia

Pernah tahu dengan yang namanya pau sambal atau burger Malaysia? hmmm begini ini kira-kira penampakan burger Malaysia ini, rasanya? penasaran? cobain deh..buat sendiri. Saya saja setelah beberapa kali wara wiri di blognya para food blogger dari Malaysia, jadi sangat penasaran dengan pau sambal ini, tapi tetap ya.. intinya saja, pakai roti yang digoreng lalu tengahnya diberi sambal bilis atau sambal teri dan diberi irisan timun, sangat sederhana.

Nah mengenai sambal bilisnya, bisa suka-suka kita sendiri kan, sesuai selera kita, tapi kalau ingin sama boleh lihat resep yang beredar, nah begitu juga rotinya, boleh pakai resep roti goreng kesukaan kita atau boleh juga intip resep yang beredar. Kalau saya neh, masih setia dengan resep roti goreng yang saya buat selama ini dan resep sambal bilisnya kurang lebih samalah dengan resep sambal bilis yang beberapa kali saya buat.

Apa enak ya roti pakai sambal begini? unik memang sih.. eh tahu tidak di Batam ini saya malah pernah ketemu dengan roti tapi isiannya sambal ikan bilis. Hmmm waktu itu penasaran super berat, ih apa enak ya roti pakai sambal teri? hmmm begitu saya coba enak juga.. tapi tidaklah menjadi favorit saya, enak sih tapi tidak nagih he he he.. kalau yang ini kembali lagi kepada selera.

Bagaimana dengan pau sambal ini? sama yang saya rasakan, enak sih.. tapi tidak nagih he he he..Nah kebiasaan saya itu kalau buat sendiri, apa-apa mau banyak kan ya. Kalau buat roti isinya maunya banyak, begitu juga dengan pau sambal ini, buat sambal teri yang banyak. Lalu belah rotinya, selipkan irisan timun dan selipkan sambal bilis yang agak banyak, lalu saya makan tuh burgernya, dan eng ing eng.. terlalu banyak sambal bilisnya kok malah aneh rasanya.. lalu saya coba kurangi sambalnya, dan saya coba lagi.. hmmm memang enak tidak berlebihan. Karena kalau berlebihan malah sambal bilisnya mendominasi, jadi tidak ada kenikmatan rotinya. 

Okeh deh... jadi sudah bisa menyimpulkan belum rasa pau sambal ini menurut saya? jadi penasaran tidak dengan rasanya? yang penasaran boleh dicoba.. kapan lagi menikmati sesuatu yang beda seperti ini kan.. selera orang belum tentu sama, nah siapa tahu setelah mencoba makan pau sambal ealah malah jadi ketagihan.. he he he..

Sippp ah... daripada lama-lama berikut resep pau sambal atau burger Malaysia yang saya buat ya.. silakan..

Burger Malaysia (Pau Sambal) ala Monic
untuk 10 buah

Bahan roti :
  • 200 gr tepung terigu protein tinggi, misal merk cakra kembar atau golden eagle
  • 1 1/2 sendok makan gula pasir
  • 3/4 sendok teh ragi instan
  • 1/4 sendok teh garam
  • 1 butir telur
  • 1 bungkus santan instan kemasan 65ml
  • 30 ml air
  • 1 sendok makan margarin

Bahan pencelup dan pelapis :
  • 300 ml air
  • tepung panko/tepung panir/tepung roti (saya gunakan tepung roti yang halus)

Cara membuat :
  1. Di mangkuk, campur tepung, gula pasir, ragi instan dan garam, aduk rata, tambahkan telur, santan dan air, aduk rata dan uleni hingga kalis kurang lebih selama 2 menit
  2. Tambahkan margarin, uleni lagi selama kurang lebih 3-5 menit, bulatkan adonan dan tutup lalu diamkan selama kurang lebih 1 jam hingga mengembang kurang lebih 2x lipat (sesuaikan lamanya dengan suhu ruangan, jika panas bisa lebih cepat, jika dingin bisa lebih lama, kalau mau cepat bisa letakkan air panas di rak bawah oven dan adonan di rak atas oven yang tidak menyala, tutup oven, maka adonan akan lebih cepat mengembang)
  3. Kempiskan adonan, bagi menjadi 10 bagian, lalu bulatkan masing-masing, letakkan di wadah bertabur tepung tipis
  4. Ambil satu bulatan yang pertama kali dibuat, celupkan ke dalam air, balurkan ke dalam tepung roti, lakukan sampai adonan habis, biarkan mengembang selama kurang lebih 20 menit 
  5. Siapkan penggorengan, panaskan dan beri minyak yang cukup banyak, goreng dengan api kecil sampai garing, kuning kecoklatan, balik dan lakukan hal yang sama
  6. Angkat dan tiriskan

Sambal Teri / Bilis
Bahan :
  • 80 gr ikan teri, goreng garing
  • 250 gr cabai giling
  • 5 butir bawang merah, iris
  • 3 siung bawang putih, memarkan, iris
  • 1 buah bawang bombay ukuran sedang, belah dua, iris ketebalan kurang lebih 1/2 cm
  • 3 sendok makan saus tomat, saya gunakan saus tomat homemade
  • 1 sachet terasi @5gr
  • 1 sendok teh gula pasir (bisa tambahkan sesuai selera)
  • 50 ml air
  • 2 sendok makan minyak untuk menumis

Cara membuat :
Tumis bawang merah dan bawang putih sampai harum dan sedikit kecoklatan, masukkan bawang bombay, tumis sebentar, masukkan cabai giling, masak hingga tidak langu, tambahkan terasi yang sudah dihaluskan, saus tomat, gula pasir, dan air, aduk rata, masak kembali hingga rasa menyatu, tambahkan teri, aduk rata, cicipi rasanya, tambahkan gula jika dirasa perlu, angkat.


Penyelesaian :
Ambil satu buah roti goreng, belah 2 tidak sampai putus (lebih mudah menggunakan pisau khusus roti), selipkan irisan timun dan sambal bilis, siap dinikmati



cara membuat pau sambal

Nah semoga resep burger Malaysia  atau pau sambal ini bisa bermanfaat ya, silakan mencoba dan semoga cocok dengan selera ya...



Selamat mencoba...


NewerStories OlderStories Home

10 comments:

  1. Tepung roti yg halus mba Monic pake merk apa?

    Rini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lupa merknya mba, beli di tbk sudah kemasan, warnanya kecoklatan mba dan halus..maaf ya..ntar kalau ke tbk lagi mau ditanyain.

      Delete
  2. Mba Monic bikin penasaran aja nih. Semua resep di sini asli bikin penasaran. Pengennya ya dibuat semuanya biar tahu rasanya seperti apa. Andai tinggal deket rumah mba Monic, bisa minta satu aja. Makan satu pasti tidak apa-apa, heheheh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya neh andai mba Ima tinggal dekat sini, bisa coba2 neh.. hi hi hi ga pa pa ya makan satu.. perutnya ga akan masalah neh?

      Delete
  3. Saya datang mbak monic,,,, weh, weh, weh,,,, Mbak monic akalnya selalu ada,,, banyak inspirasi termasuk yang ini,,, berarti makanan apapun tergantung selera ya mbak? kayak mbak monic ini membuat makanan yang banyak sambal bilisnya, ya nggak enak,,,, tapi mungkin kalau orang lain ya ada yang mengatakan enak,,, aku sieh kurang suka mbak dengan yang namanya sambal teri,,,, ntah kalau yang ini, :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat datang kembali mas Anis..he eh mas benar sekali.. semua tergantung selera, ada yang bilang enak ada yang bilang tidak he he he..hmm kira- kira mas Anis suka ga ya roti ginian?

      Delete
  4. Mba Monic kok beberapa hr ini gk posting?

    Rini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya neh mba Rini, lagi di palembang mba..ntar nyampe batam baru posting lagi..makasih ya atas perhatian mba Rini..hug hug

      Delete
  5. Mba Monic kangen....
    Kupikir ke Palembang cuma sebentar, eh...., lama ternyata.
    Sehat selalu ya buat mba Monic sekeluarga dan ditunggu posting terbarunya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai hai mba Ima.. iya neh lama juga ya.. iya mba Ima, terima kasih ya doanya hug hug..

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Silakan kalau mau mempromosikan blog/website, gunakan komentar dengan nama atau nama blog/website dan url, tetapi komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.