Nasi Ayam Lada Hitam



resep nasi ayam lada hitam

Kali ini saya bagikan resep makanan kesukaan saya, nasi ayam lada hitam. Sekarang itu pakai embel-embel nasi biar agak beda sedikit ya judulnya secara sudah banyak juga serba-serbi masakan lada hitam di blog ini.

Kalau bicara masakan ayam lada hitam ini, atau apapun makanan yang diberi bumbu tambahan lada hitam maka yang menyantapnya hanya saya saja. Bapaknya Sophie paling tidak suka dengan makanan berlada hitam ini. Jika ditawari makanan begini pasti tidak jawabnya. Hmmm saya rasa cukup aneh kenapa tidak suka ya padahal enak..ha ha ha... tapi namanya juga selera ya.. begitu juga dia kepada saya, ketika dia menyantap masakan gulai ikan salainya atau ikan asap maka saya akan mengatakan tidak untuk masakan satu itu. Saya paling tidak suka masakan berbahan dasar ikan asap, termasuk cakalang fufu.

Begitu saya cium aroma cakalang fufu tersebut, uppps saya langsung menjauhkan kepala dari si cakalang fufu. Aroma asapnya benar-benar kuat.. ya begitulah kan ya, namanya juga selera, selera boleh beda jadi hargai perbedaan.

Ok deh, walaupun kita tinggal di Batam, daerah yang sangat jauh dari tanah Minahasa yang terkenal dengan cakalang fufu tersebut, tapi ternyata di salah satu supermarket di Batam ini ada juga cakalang fufu ini. Sebenarnya dari dulu itu bapaknya Sophie ingin coba juga, tapi maju mundur karena harganya boleh dikatakan tidaklah murah, jadi kembali lagi ke ikan asap murah saja, yup apalagi kalau bukan ikan lele asap atau kalau di sini disebut ikan salai, ha ha ha... mungkin merasa bersalah untuk ikan harga semahal itu kok dia sendiri yang akan menikmati... secara saya menolak menyantap ikan begini.

Jadi kembali lagi bicara tentang ayam lada hitam ini, minggu lalu ketika menunggu Sophie mengikuti Porseni, maka saya dan bapaknya Sophie singgah di kafe yang salah satu menunya adalah ayam lada hitam ini. Tapi tentu saja, saya saja yang memesan ayam lada hitam ini, pesanan bapaknya Sophie kosong dan dia sedang tidak mau menu pengganti.

Menurut saya rasa ayam lada hitamnya terlalu manis, dan akhirnya malah saya berniat membuat menu begini sendiri di rumah. Nah kalau saya memesan menu ayam lada hitam di beberapa resto, saya perhatikan pasti ada tambahan telur mata sapinya, jadi saya buat juga nasi ayam lada hitam ini dengan tambahan telur mata sapinya he he he..

Okey deh, sebenarnya sangat mudah sih ya membuat masakan begini dan tentu saja cepat. Jadi sebenarnya ini bukanlah jenis makanan yang sulit untuk dibuat sendiri di rumah. 

Sippp ah.. berikut langsung ke resep ayam lada hitam yang saya buat ini ya... nah kalau nasinya tinggal tambahkan saja nasi putih ke piring saji, beri deh ayam lada hitamnya dan telur mata sapinya. Untuk nasi dan telurnya no resep ya... ha ha ha... oh iya resep ini untuk 2 porsi, sudah tahu kan kalau saya menikmati ayam lada hitam ini 2x.. nah rahasia ya.. 2x ini berarti makan satu kali terus nambah lagi atau makan satu kali dan waktu makan berikutnya makan lagi satu porsi ha ha ha..

Ayam Lada Hitam
untuk 2 porsi

Bahan :
  • 200 gr dada ayam tanpa tulang dan kulit, potong kotak
  • sedikit paprika hijau, merah dan kuning, potong-potong
  • 1 buah bawang bombay ukuran sedang, potong sesuai selera
  • 3 siung bawang putih, cincang
  • 2 sendok makan dark soy sauce (yang saya gunakan ini tidaklah terlalu asin)
  • 1 sendok teh gula pasir
  • 1 sendok teh saus tiram
  • 1/2 sendok teh minyak wijen
  • 1 1/2 sendok teh merica hitam butiran, ulek kasar (jumlahnya disesuaikan dengan selera)
  • 1 sendok makan minyak untuk menumis
catatan : dark soy sauce dan gula pasir di sini bisa diganti dengan kecap manis ditambah sedikit garam, jumlahnya sesuaikan dengan selera.
 
Cara membuat :
Tumis bawang putih sampai harum, masukkan bawang bombay dan tumis sebentar saja, tambahkan dada ayam, masak hingga berubah warna, masukkan dark soy sauce, saus tiram, minyak wijen dan gula pasir, aduk rata, tambahkan paprika dan lada hitam, aduk rata kembali dan masak hingga sedikit mengental, cicipi rasanya, angkat dan siap dihidangkan.


chicken blackpepper with rice

Nah semoga resep masakan yang cepat dan mudah disiapkan ini yaitu nasi ayam lada hitam ini bisa bermanfaat ya, silakan mencoba dan semoga cocok dengan selera ya...



Selamat mencoba...



NewerStories OlderStories Home

5 comments:

  1. Aq blm pernah bikin masakan lada hitam gini mba. Krn takut gk ada yg suka. Ntar udh cape2 masak malah mubazir. Tp pengen jg sih kpn2 bikin dikit aja ya...

    Rini

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba Rini buatnya dikit aja, paling ga ngerasain dulu, siapa tahu suka he he he

      Delete
  2. Resep kali ini sarat makna, mba Monic. Hargailah perbedaan, termasuk perbedaan selera. Saya setuju itu, mba. Meski terkadang saya yang dianggap tidak menghargai mereka yang berbeda selera sama saya. Akhirnya saya pun terpaksa menyicipi makanan tersebut yang tak lama kemudian keluar lagi dari perut saya. Kata kakak saya

    ReplyDelete
  3. Upp... Salah pencet.
    Di sambung lagi ya, mba.
    Kata kakak saya yang tidak bisa memberikan sugesti positif pada diri saya sendiri untuk makan apa yang seharusnya saya makan, BUKAN hanya makanan yang saya sukai.
    Memang benar sekali dan saya sadar saya salah, tapi bagaimana kalo setelah saya paksa tetap tidak bisa? Membicarakannya saja perutku sudah mual begini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. terkadang memang selera tidak bisa dipaksakan mba, terkadang ada juga yang mencoba untuk menyukai makanan yang dirasa tidak disuka, eh lama-lama suka, nah ada yang sama sekali tidak bisa... perut dan lidah tidak bisa diajak kompromi, jadilah begitu deh mba..

      jadi mengenai selera tidak bisa dipaksakan juga he he he... saya ingat dulu mendiang bapak saya selalu mengatakan kalau masakan ikan mas itu enak, dan berkali-kali menyuruh saya mencoba makan, baik itu yang dipepes atau pun di masak yang lain tapi saya selalu menolak, sampai suatu ketika saya coba, ikan mas dengan bumbu asam manis, tapi ternyata perut saya tidak bisa kompromi, akhirnya mual deh..

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Silakan kalau mau mempromosikan blog/website, gunakan komentar dengan nama atau nama blog/website dan url, tetapi komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.