Pizza Oatmeal Brokoli





Pizza oatmeal brokoli ini buatnya kapan, fotonya kapan, jadi harap maklum kalau itu keju mozarella sudah ciut-ciut aneh begitu ya..Ya sebenarnya pizza ini saya buat pagi hari sih, sebelum Sophie pergi sekolah, secara memang sengaja dibuat untuk bekalnya Sophie. Foto-fotonya selesai masak sekitar jam 11.30 siang, waduh.. pantas kan ya.

Beberapa waktu yang lalu kan memang nyetok oatmeal, nah ketika saya makan oatmeal, Sophie minta, biasa ya latah, lihat emaknya makan apa penasaran saja ingin coba. Ealah ternyata Sophie doyan oatmeal. Tentu tanpa tambahan apa-apa. Nah saya coba deh beri bekal dia oatmeal saja yang diseduh air panas, lalu saya beri tambahan potongan mangga. Ternyata suka.. jadi sudah 3 kali neh bekalnya begini.

Bisa-bisa neh Sophie mirip saya kelakuannya, kalau sudah suka sesuatu, bisa itu-itu saja yang dimakan, bisa berturut-turut makan itu juga, nah ketika sudah bosan, berhenti sampai lama sekali baru mau makan lagi.

Yang saya ingat neh, saya pernah begini dengan yang namanya leunca, jadi hampir tiap hari saya makan leunca, baik itu ditumis, disambal, atau juga dibuat campuran karedok. Jadi karena suka saya beli beberapa pack leunca di swalayan, secara kalau di pasar tradisional hampir tidak ada yang jual leunca. Nah tiap hari makan leunca, sampai akhirnya bosan, jadi sisa 1 atau 2 pack begitu di kulkas, aih aih saya sudah bosan.. jadi dibiarkan saja si leunca ini.

Nah supaya tidak cepat bosan, makanya oatmeal ini saya olah jadi pizza saja. Memang bukan baru pertama sih buat pizza dengan bahan oatmeal ini, tapi sebelumnya selalu dengan campuran tepung terigu juga, kali ini hanya pakai oatmeal. Silakan lihat beberapa resep pizza oatmeal di sini : pizza oatmeal. Oatmeal yang saya gunakan adalah oatmeal instan yang saya blender hingga menjadi tepung.

Tapi tetap saja, tekstur tepung oatmeal ini lebih padat daripada tepung terigu, pizza yang dihasilkan teksturnya padat walaupun tetap empuk. Jadi cukup mengenyangkan.. dan senangnya saya, Sophie juga doyan dengan pizza ini.

Sengaja buat pizza begini hanya topping brokoli, tidak ada tambahan proteinnya. Dan saus olesannya hanya menggunakan saus tomat homemade. Jadi belakangan ini sejak Sophie tidak bisa lagi menikmati saus tomat botolan beli, jadinya saya selalu menyetok saus tomat homemade di kulkas. Sekarang jadi lebih tenang kalau menggunakan saus tomat homemade ini.

Oh iya, baru kali ini saya buat makanan khusus gluten free, karena memang selama ini saya dan keluarga tidak ada masalah dengan alergi gluten, tapi tidak ada salahnya kan mencoba sesuatu yang bebas gluten, nah semoga ke depan lebih banyak resep gluten free yang bisa saya hadirkan.

Ok deh, tanpa lama-lama lagi berikut resepnya ya.. silakan...

Pizza Oatmeal Brokoli

Bahan :

  • 1/2 cup (120ml) air hangat (atau gunakan susu cair hangat)
  • 1 sendok teh ragi instan
  • 1 sendok teh gula pasir
  • 1 1/4 cup (140gr) tepung oatmeal (oatmeal instan yang dihaluskan dengan blender)
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1 sendok makan minyak goreng

Bahan  topping :
  • 1 kuntum brokoli ukuran kecil, potong-potong, cuci dan rebus hingga berubah warna, angkat dan tiriskan
  • keju mozarella, iris tipis atau parut kasar
Bahan saus :
  • 3 sendok makan saus tomat homemade
Cara membuat :
  1. Untuk rotinya : di mangkuk, campur air hangat, gula pasir, aduk hingga gula larut, tambahkan ragi instan, aduk rata dan biarkan selama kurang lebih 10 menit hingga larutan berbusa 
  2. Di mangkuk ukuran cukup besar, campur tepung oatmeal  dan garam, aduk rata dengan sendok saja, tuangkan larutan ragi yang sudah berbusa, aduk rata dengan sendok kayu, kemudian tambahkan minyak goreng, aduk rata kembali
  3. Dengan tangan aduk hingga benar-benar rata, dengan cara seperti menguleni selama kurang lebih 2-3 menit, bulatkan adonan, tutup mangkuk dengan plastik wrap, diamkan selama kurang lebih 20 menit sampai adonan mengembang menjadi 2x ukuran semula, hmm dalam hal ini tidak begitu sampai 2x volume asal.
  4. Kempiskan adonan, letakkan di atas loyang, pipihkan adonan dengan tangan sampai adonan menyebar merata di loyang
  5. Beri olesan saus, beri topping brokoli, lalu di atasnya beri potongan keju mozarella sesuai selera banyaknya
  6. Panaskan oven, set di suhu 200 derajat celcius, panggang pizza selama kurang lebih 10-12 menit atau sampai keju meleleh dan permukaan bawah roti kecoklatan
  7. Keluarkan dari oven dan nikmati kala hangat selagi keju masih meleleh sehingga ketika ditarik masih ngaret

resep pizza oatmeal

Nah semoga resep pizza oatmeal brokoli yang sangat mudah dibuat ini bisa bermanfaat ya, silakan mencoba dan semoga cocok dengan selera ya...



Selamat mencoba...




NewerStories OlderStories Home

6 comments:

  1. Bikin lapeeeerr....fotonya ngejek bgt. Apalagi foto yg paling bawah mba...wkkk

    Ih...Sophie mirip anak qu yg besar mba. Klo suka sm makanan bisa itu2 aja yg dia makan. Klo dah bosan sampe lama baru mau lg hahaaa....

    RINI

    ReplyDelete
    Replies
    1. ha ha ha mba Rini bisa aja neh.. oh iya sama ya..makan itu2 sampai bosan... toss dulu ah..

      Delete
  2. Namanya juga anak, mba. Ya sudah pasti seleranya tidak beda jauh sama Ibu atau Bapaknya.

    Wah, semakin sehat nih makanan yang mba Monic buat untuk keluarga. Ada saus tomat homemade, makanan bebas gluten dan yang pasti dibuat dengan penuh cinta dan kasih sayang. Mantap banget mba Monic ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. he eh benar mba Ima.. kalau beda jauh seleranya malah bingung orang tuanya ya he he he

      maunya sih mba masak yang sehat-sehat terus mba, tapi masih terkendala malas dan masih ingin buat ini itu..

      masih hobi ngeroti, masih hobi juga buat gorengan ha ha ha...

      Delete
  3. Mba monic resepnya ok banget, sy jg lagi belajar masak & ngeblog niy mba (susifoody.blogspot.co.id). Klo boleh tau mba monic resepnya bikin sendiri semua ato ada yg praktek dr resep yg udah ada terus modif sendiri. makasih mba, semoga sy bisa masak & ngeblog sejago mba monic.

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo halo mba Susi, salam kenal mba.. terima kasih atas kunjungan mba Susi..
      oh iya, tadi saya sudah mampir ke blognya mba Susi, semangat mba, ditunggu terus postingannya
      kalau mau serius ngeblog harus rajin update mba, jadi pengunjung bisa datang terus, apalagi blog baru, nah nanti lama-lama semakin banyak judul postingan, ada saja pengunjung yang datang

      sambil belajar masak sambil belajar ngeblog, asyik tuh mba..

      kalau bicara resep, di blog ini resepnya gado-gado mba, ada yang pakai resep orang lain, plek contoh, atau sedikit modifikasi atau banyak modifikasi
      lalu ada resep yang hasil modifikasi sendiri, ada yang dari ibu saya
      kalau resep dari food blogger lain saya biasanya sebutkan sumber dan beri link ke blognya

      untuk resep pengamatan juga ada, coba beberapa makanan lalu coba buat sendiri walaupun rasanya kok tidak begitu sama ya ha ha ha...tapi puas sudah nyoba..

      semangat mba Susi, ala bisa karena biasa, saya juga sampai sekarang masih banyak belajar kok mba

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Silakan kalau mau mempromosikan blog/website, gunakan komentar dengan nama atau nama blog/website dan url, tetapi komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.