Roti Goreng Ayam Wortel



resep roti goreng ayam wortel

Buat roti goreng isian ayam wortel ini sudah beberapa hari yang lalu, ceritanya sudah buat 2 kali neh, yang pertama sih buatnya dengan resep yang sama waktu Sophie acara Porseni TK, nah buatkan roti goreng ini buat teman-temannya yang lomba dan juga guru-gurunya. Hmmm buat 2x resep di bawah ini, jadinya 24 buah, nah bawa ke acara lomba hanya 22 buah, yang satu dimakan duluan, dicicipi begitu, siapa tahu rasanya aneh, kan malu kalau sampai aneh, atau kalau sampai bermasalah dengan rotinya kan bahaya.. misalnya saya sedang melamun, menambahkan garam kebanyakan, atau malah saya lupa menambahkan garam sama sekali, jadi yang buat harus mencicipi lebih dulu, bagi dua dengan Sophie. Sisakan satu buat jaga-jaga kalau Sophie mau lagi.

Eh benar, ketika pulang, di perjalanan Sophie tanya, masih ada lagi tidak di rumah roti gorengnya? ternyata dia mau lagi. Aih untung masih ada satu buah dan dengan lahapnya dia makan tuh roti ketika sampai di rumah.

Karena saya kok rasanya ingin juga makan si roti goreng ini, jadilah buat lagi, satu resep di bawah saja. Nah kali ini saya buat satu resep menjadi 8 buah saja, supaya tidak lama-lama memprosesnya, lumayan kan menghemat tenaga dan waktu he he he..

Dan seperti biasa ya, resep andalan roti goreng saya selalu menggunakan resep donat santan, secara saya sudah cocok dengan rasanya dan cara membuatnya lebih mudah menurut saya. Jadi lagi dan lagi pakai resep ini. Ya begitu deh terkadang dari segi kepraktisan saya suka sekali menggunakan resep yang sama. 

Jadi kalau iseng menelusuri blog saya ini, dan isengnya lagi melihat resep roti goreng, maka jangan heran kalau resep dasar rotinya sama, itu itu juga. Aih namanya juga sudah cocok kan ya, jadi kalau sudah cocok suka susah kalau pindah ke lain hati he he he.

Resep isian ayam wortelnya sama dengan resep bakpao ayam wortel ya.. tapi saya tuliskan ulang saja.

Sipp ah, sudah malam, jadi singkat saja ya intro kali ini, sudah bingung juga mau menulis cerita yang ngalor ngidul.

Roti Goreng Ayam Wortel
untuk 8 buah roti

Bahan roti :
  • 200 gr tepung terigu protein tinggi, misal merk cakra kembar atau golden eagle
  • 1 1/2 sendok makan gula pasir
  • 3/4 sendok teh ragi instan
  • 1/4 sendok teh garam
  • 1 butir telur
  • 1 bungkus santan instan kemasan 65ml
  • 30 ml air
  • 1 sendok makan margarin

Bahan isian :
  • tumisan ayam wortel

Bahan pencelup dan pelapis :
  • 300 ml air
  • tepung panko/tepung panir/tepung roti (saya gunakan tepung roti yang halus)

Tumisan Ayam Wortel 
Bahan :
  • 100 gr dada ayam tanpa tulang dan kulit, potong kecil
  • 250 gr wortel, parut kasar
  • 1 buah bawang bombay ukuran kecil, potong dadu kecil
  • 3 siung bawang putih cincang
  • 2 sendok makan dark soy sauce *
  • 1 sendok makan gula pasir * ganti dengan kecap manis + 1/4 sendok teh garam
  • 1 sendok teh saus tiram
  • 1/4 sendok teh merica bubuk
  • 1 sendok makan minyak untuk menumis
Cara membuat tumisan :
Tumis bawang putih sampai harum, masukkan bawang bombay, tumis sampai transparan, masukkan potongan dada ayam, aduk hingga berubah warna, masukkan wortel parut, aduk rata, tambahkan kecap asin, gula pasir, saus tiram dan merica bubuk, aduk rata, masak hingga kering, cicipi rasanya, angkat dan biarkan dingin.


Cara membuat :
  1. Di mangkuk, campur tepung, gula pasir, ragi instan dan garam, aduk rata, tambahkan telur, santan dan air, aduk rata dan uleni hingga kalis kurang lebih selama 2 menit
  2. Tambahkan margarin, uleni lagi selama kurang lebih 3-5 menit, bulatkan adonan dan tutup lalu diamkan selama kurang lebih 1 jam hingga mengembang kurang lebih 2x lipat (sesuaikan lamanya dengan suhu ruangan, jika panas bisa lebih cepat, jika dingin bisa lebih lama, kalau mau cepat bisa letakkan air panas di rak bawah oven dan adonan di rak atas oven yang tidak menyala, tutup oven, maka adonan akan lebih cepat mengembang)
  3. Kempiskan adonan, bagi menjadi 8 bagian, lalu bulatkan masing-masing, letakkan di wadah bertabur tepung tipis
  4. Ambil satu bulatan yang pertama kali dibuat, pipihkan dengan tangan, beri bahan isian, bulatkan kembali, letakkan di wadah bertabur tepung tipis, lakukan sampai selesai
  5. Ambil adonan roti, celupkan ke dalam air, balurkan ke dalam tepung roti, lakukan sampai adonan habis, biarkan mengembang selama kurang lebih 20 menit
  6. Siapkan penggorengan, panaskan dan beri minyak yang cukup banyak, goreng dengan api kecil sampai garing, kuning kecoklatan, balik dan lakukan hal yang sama
  7. Angkat dan tiriskan

Contoh proses membuat roti goreng ini bisa dilihat di roti goreng sosis.

resep roti goreng santan

Nah semoga resep roti goreng ayam wortel ini bisa bermanfaat ya, silakan mencoba dan semoga cocok dengan selera ya...


Selamat mencoba..



NewerStories OlderStories Home

6 comments:

  1. Enyakkk....minta sepiring mba! Heheee...

    Rini

    ReplyDelete
    Replies
    1. habis euy mba.. dibuatin lagi aja.. mau? he he he

      Delete
  2. Hahahaha, mba Monic bisa aja nih.
    Tapi kalo lagi bebikinan di dapur dan melamun memang bahaya, mba. Salah sedikit bisa lupa ini dan itu. Hihihi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba benar, makanya harus dicicipin dulu makanannya sebelum dikasih ke orang lain.. biar kalau ada masalah ya batal deh ngasihnya he he he

      Delete
  3. Duuuuhhh bikin ngiler. Mau duong hihi....
    Mbak, beberapa bulan lalu kirim inbox ya via fb. Duh maaf aku gak liat. Baru setelah instal messenger, baru nongol itu pesan. Bukan main kaget aku diinbox mb monic. Ampuuuunnn deh bisa begini. Maaf banget ya mbak. Itu inbox udah kubalas yah....

    ReplyDelete
    Replies
    1. aih aih... mba Rina mau juga ya.. monggo dibuat he he he

      he eh mba kirim inbox via fb.. uhuy.. iya mba sudah dibales, sudah dibaca dan sudah dibales lagi..he he he

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Silakan kalau mau mempromosikan blog/website, gunakan komentar dengan nama atau nama blog/website dan url, tetapi komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.