Mie Ayam & Jamur



resep mie ayam jamur

Buat mie ayam dan jamur beberapa hari yang lalu, hmmm sebenarnya buat ini lebih dulu daripada buat bakpao ayam sih, nah setelah saya cicipi topping ayam dan jamur di mie ini makanya jadilah kepikiran kayaknya enak nih kalau jadi isian bakpao. 

Mie ayam begini sangat simpel buatnya, dan tidak pakai kuah-kuahan lagi, sampai-sampai bapaknya Sophie tanya tidak pakai kuah mie ayamnya? 
Dan karena malasnya juga cabainya juga hanya menggunakan cabai rawit iris, jadi termasuk mie ayam praktis he he he...

Kalau mie begini, yang doyan hanya saya..jadi saya buat hanya 1 porsi, masih ada sisa mie telur sedikit, dan untungnya pas deh satu porsi saya, jadi sudah sangat kenyang makan begini, hi hi hi.. terlalu kenyang malah.. bapaknya Sophie tidak mau bantuin makan, tapi hanya mencicip sedikit. Nah kalau Sophie ogah makan beginian.

Oh iya, waktu buat bakpao ayam yang sudah saya posting resepnya, kan ceritanya walaupun saya dan Sophie mabuk bakpao, tapi ada beberapa yang saya beri ke mamanya teman Sophie sekolah. Kebetulan tinggal satu komplek, hanya beda blok. 

Eh ternyata tadi pagi ketika mengantar Sophie sekolah, ketemu dengan mamanya teman Sophie ini, dan ternyata ada orderan bakpao, hanya requestnya isi coklat saja, tidak usah isi ayam. Dan tidak tanggung-tanggung, pesannya 50 buah, what.. banyak ya.. saya sempat ragu, terima tidak ya.. ah tapi saya terima saja.. langsung deh kepikiran harus mengeluarkan si kukusan besar dari tempat peraduannya, kalau tidak bakalan lama sekali saya mengukus kan.

Nah semoga sukses deh dengan orderan yang banyak ini...hi hi hi..doakan saya ya..secara saya ini tukang masak partai kecil, kecuali puding baru bisa partai besar, ya iyalah ya.. gampang kalau puding ha ha ha...

Lain kali saya beri tester puding dan muffin juga deh, biar lebih gampang buatnya kalau ada orderan banyak..ngarep.com bakal ada orderan lagi he he he..

Sippp ah..kembali ke resep mie ayam dan jamur ini ya.. berikut resep gampangnya..siapa tahu ada yang tertarik..silakan..

Mie Ayam & Jamur

Bahan :
  • mie telur untuk 1 porsi, kurang lebih 50gr
  • 2 batang sawi hijau, cuci bersih, potong-potong
  • 1 genggam tauge
  • 8 butir cabai rawit, iris, atau rebus cabai lalu blender dengan sedikit air

Topping ayam jamur :
  • 50 gr dada ayam, potong kotak
  • 5 buah jamur kancing, bagi 2
  • 1 buah bawang bombay ukuran kecil, potong ukuran cukup besar (potong sesuai selera)
  • 3 siung bawang putih, cincang
  • 2 sendok makan kecap manis
  • 1/2 sendok makan kecap asin gelap
  • 1 sendok teh minyak wijen
  • 1 sendok teh saus tiram
  • 1/4 sendok teh merica bubuk
  • 1 sendok makan minyak untuk menumis
  • 1/2 sendok makan tepung maizena larutkan dengan 100 ml air

Cara membuat :
Buat tumisan ayam jamur terlebih dahulu, tumis bawang putih sampai harum, masukkan bawang bombay, masukkan dada ayam, masak sampai berubah warna, tambahkan jamur, aduk rata sebentar, tambahkan kecap manis, saus tiram, minyak wijen, kecap asin dan merica bubuk, aduk rata sebentar, masak hingga ayam matang. Tambahkan larutan maizena, aduk hingga mengental, cicipi rasanya, angkat dan sisihkan.
Rebus mie sampai sedikit lunak, masukkan sawi hijau dan tauge, masak sebentar hingga sedikit layu dan mie sudah lunak, angkat dan tiriskan, tuangkan ke dalam piring saji, tuangkan tumisan ayam jamur, beri irisan cabai rawit.


cara membuat mie ayam jamur

Nah semoga resep mie ayam jamur sederhana yang saya buat kali ini bisa bermanfaat ya, silakan mencoba dan semoga cocok dengan selera ya...


Selamat mencoba...



NewerStories OlderStories Home

4 comments:

  1. Hobi yg membuahkan hasil ya mba....lumayan ada yg order. Terus aja mba dikasih tester ....sapa tau abis ini jd lbh bnyk yg order hehe.

    Rini

    ReplyDelete
    Replies
    1. he eh mba Rini, lumayan kalau ada yang order, kayaknya kalau promosi deh.. selama ini belum promosi he he he

      he eh maunya gitu banyak yg order hi hi hi

      Delete
  2. Yeee....
    Mba Monic dapat orderan Bakpao.
    Tidak sabar ingin membaca cerita selanjutnya. Semoga sukses ya, mba.

    ReplyDelete
    Replies
    1. he eh neh mba Ima, orderan bakpao.. capek ceritanya..banyak ternyata kalau ngerjain sendiri semuanya he he he
      tapi tetap enjoy..namanya juga hobi

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Silakan kalau mau mempromosikan blog/website, gunakan komentar dengan nama atau nama blog/website dan url, tetapi komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.