Pizza Roll Bun



pizza roll ayam paprika

Yuhuuu... liburan yang panjang ya.. senangnya ya bagi yang bekerja bisa liburan, kalau saya liburan terus he he he.. sudah lupa saya rasanya dengan rutinitas setiap hari yang harus pergi bekerja dengan segala macam hal yang bisa dihadapi, yang bisa membuat tersenyum, tertawa bahkan marah dan kesal sekalipun.

Nah mumpung liburan ya.. siapa tahu ada yang malah inginnya berkutat di dapur, mencoba berbagai resep, hmmm saya posting resep pizza roll bun dulu ya. Walaupun resep ini sudah beberapa waktu berada di dalam draft blog. Ceritanya saya itu sudah lama sekali ingin buat pizza roll bun ini, nah kebetulan kala itu buat saus tomat homemade, jadi pas neh, sausnya bisa dijadikan saus pizza ini.

Karena suka juga dengan pizza empuk yang mirip roti manis, jadinya kali ini saya gunakan resep pizza empuk saja yang merupakan resep roti tanpa ulen. Nah sudah kebayang kan hasilnya, empuk dan enak tentunya, saya suka sekali.

Sophie pun suka, tapi sedikit terganggu dengan potongan paprika yang saya tambahkan sebagai bahan isian. Ketika dia mengeluh dengan paprikanya maka saya katakan kalau dia itu sudah besar kan, jadi tidak apa-apa makan paprika, tidak begitu pedas. Akhirnya dia makan juga walaupun ekspresi wajahnya masih tidak rela..he he he..

Untuk membuat pizza roll bun ini, silakan gunakan loyang sesuai selera ya, kalau saya untuk roll bun begini sukanya pakai loyang pie saja he he he.. walaupun loyang pie tapi malah lebih sering saya menggunakannya untuk membuat roti, secara saya sedikit malas membuat pie ukuran besar, walaupun untuk membuat ukuran kecil juga malas, he he he intinya saya malas membuat pie.

Nah cara membuatnya sama saja dengan cara membuat cinnamon roll yang pernah saya posting di blog ini ya.. jadi adonan roti digilas menjadi bentuk persegi panjang, lalu diberi saus tomat yang sudah dicampur dengan gula pasir dan oregano, beri taburan, nah di sini saya gunakan dada ayam rebus yang disuwir-suwir dan paprika yang dipotong kotak kecil. Beri parutan keju mozzarella, gulung deh kemudian potong-potong dan letakkan di loyang. Biarkan mengembang lalu taburi lagi bagian atasnya dengan keju mozzarella dan irisan daun seledri, panggang deh sampai matang.


pizza roll bun

Ok deh, yang mau lanjut dengan resepnya, ini dia ya... silakan..

Pizza Roll Bun

Bahan roti :
  • 125 ml susu cair hangat
  • 1 sendok makan gula pasir
  • 1 sendok teh ragi instan
  • 150 gr tepung terigu protein tinggi, misal merk cakra kembar atau golden eagle (saya gunakan merk golden eagle)
  • 50 gr tepung terigu protein sedang, misal merk segitiga biru atau bola salju (saya gunakan merk bola salju)
  • 1/4 sendok teh garam
  • 1 sendok makan gula pasir
  • 1 butir kuning telur
  • 1 sendok makan margarin, lelehkan

Bahan olesan : campur jadi satu
  • 3 sendok makan saus tomat
  • 1 sendok teh oregano kering
  • 1 sendok teh gula pasir
Bahan isian :
  • 50 gr dada ayam rebus, suwir-suwir
  • paprika merah, kuning, hijau, potong kotak sesuai selera
  • 40 gr keju mozzarella, parut kasar

Bahan topping :
  • 10 gr keju mozzarella, parut kasar
  • 2 batang daun seledri, iris
 
Cara membuat :
  1. Di mangkuk cukup besar, tuang susu cair hangat, beri gula, aduk sampai gula larut. Taburkan ragi instant, tunggu sampai ragi instant larut kurang lebih 5 menit, lalu aduk dengan sendok sampai tercampur rata (kalau saya diamkan dulu lagi kurang lebih 5 - 10 menit sampai mucul gelembung-gelembung di permukaan yang menandakan ragi masih aktif)
  2. Di mangkuk yang lain campur terigu, gula dan garam, masukkan ke dalam larutan ragi instan, tambahkan kuning telur, aduk hingga membentuk adonan yang kenyal (saya gunakan sendok kayu)
  3. Beri mentega/margarin cair, aduk kembali dengan sendok kayu sebentar, lalu supaya rata saya aduk dengan tangan (mirip menguleni hanya tetap di dalam mangkuk dan hanya sampai tercampur rata, kira-kira selama kurang dari 1-2menit saja)
  4. Bentuk bulat adonan, tutup dengan plastik wrap (saya tutup dengan piring plastik saja), diamkan selama kurang lebih 20 menit
  5. Setelah 20 menit, kempiskan adonan, bulatkan kembali adonan dengan cara menarik bagian atas ke bawah sehingga membentuk bola. Lalu fermentasikan lagi selama 20 menit. Lakukan sampai 3 x proses ini, jadi total waktunya 1 jam ya
  6. Setelah proses 3x fermentasi, kempiskan adonan, letakkan di meja atau alas kerja yang sudah ditaburi tepung tipis, gilas bentuk persegi panjang dengan ketebalan kurang lebih 4-5mm, beri saus tomat secara merata, taburi dengan ayam suwir dan potongan paprika serta keju mozzarella, gulung memanjang, potong menjadi 8 bagian, letakkan di loyang, diamkan selama kurang lebih 10 menit
    cara buat pizza roll bun
  7. Sementara itu panaskan oven, set di suhu 180 derajat celcius
  8. Taburi permukaan dengan keju mozzarella dan daun seledri. 
    pizza roll bun sebelum panggang
  9. Panggang selama kurang lebih 10- 15 menit atau sampai bagian bawah roti kecoklatan
  10. Keluarkan dari oven, siap disantap hangat

resep pizza roll bun ayam paprika

Nah semoga resep pizza roll bun ini bisa bermanfaat ya, silakan mencoba dan semoga cocok dengan selera ya...


Selamat mencoba...



NewerStories OlderStories Home

6 comments:

  1. Mmmmm... Yummy...

    Duh, ences lagi membayangkan rasanya yang sudah pasti sangat enak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. he eh neh mba.. enak... paling tidak sesuai selera he he he..

      Delete
  2. Keliatan lembutnya mba....yum!

    RINI

    ReplyDelete
  3. Roti tampa ulennya udah aku coba mba monic lembutt montok endeuss surendess thx sharing ilmunya mb
    Salam kana dr palembang

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai hai mba Kanayesar, salam kenal juga mba dari Batam..
      wah wah senangnya saya kalau sukses rotinya dan disuka..yipiiii..
      sama-sama mba, terima kasih juga karena sudah mencoba resep ini dan mau meluangkan waktu menulis komentar di sini

      sukses selalu buat mba Kanayesar

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.