Balado Tahu Tempe Ikan Asin




Hari ini masak yang simpel saja, hanya balado ikan asin benggol, tahu dan tempe. Nah memasak yang sambalan begini cukup mudah dan cepat menurut saya, jadi masakan begini kalau saya sudah bingung mau masak apa lagi, ujung-ujungnya disambal saja he he he...

Biasanya dulu saya masak balado begini saya campur cabainya dengan cabai rawit, baik itu yang merah atau hijau, jadi dihaluskan juga. Eh sudah berapa lama ini hanya menggunakan cabai merah saja, nah supaya tetap pedas tanpa diprotes bapaknya Sophie jadi biasanya cabai rawit utuh saya masukkan di sambalnya. Tapi yang ini kelupaan, cabai rawit sudah disiapkan eh ketika sudah matang dan sudah dipindahkan ke wadah baru ingat kalau cabai rawitnya belum dimasukkan.

Nah membuat balado ala saya ini cukup mudah loh, bumbunya tidak macam-macam, sedang ingin buat yang sederhana saja, hanya bawang merah, bawang putih, tomat dan cabai merah keriting. Lalu dimasak diberi tambahan asam kandis dan garam tentu saja.

Untuk masakan begini tentu saja Sophie belum bisa ikutan makan, jadi untuk Sophie versi tanpa sambal, eh lahap juga dia makan hanya tempe dan ikan asin begini. Lauk sederhana ya nak.. walaupun tadinya sempat tidak mau, minta dibuatkan ayam goreng tepung lagi..menu favoritnya yang tidak pernah bosan dia makan.

Tadi itu niatnya malas sih sebenarnya ke pasar, hanya ada tempe dan tahu saja di rumah, kemarin beli tempe dan tahu di langganan, ah ibu yang jual ini selalu loh kalau saya beli di sini diberi lebih tempe ukuran besar. Pernah juga saya malah tidak beli tempe atau tahu, nah lewat saja, eh dipanggil, lalu saya diberi 3 buah tempe ukuran besar, dibayar malah tidak mau ibunya ini. Bingung juga banyak sekali tempenya, jadi mampir dulu ke rumah mamanya teman Sophie, bagi-bagi rejeki ceritanya. 

Ibu ini hanya katakan tidak apa-apa, yang penting beli sama saya, jadi tidak apa-apa diberi begitu, toh buat sendiri ini tahu dan tempenya. Ah karena sering begini jadi tidak enak, ibunya tidak mau dibayar, kalaupun dibayar hanya tahunya saja beliau mau, ya sudah bayarnya pakai bentuk lain he he he.. belikan sarapan saja.. nah ini nih ibunya sering menolak jadinya saya letakkan saja di mejanya, tinggal kabur, jadi ibunya tidak bisa mengatakan apa-apa lagi he he he.

Upps kembali lagi ke resep balado ini ya, tadinya mau campur juga dengan terong, ih ih malah lupa beli terong, dasar.  Nah ikan asinnya kali ini saya rendam dengan air garam, cukup lama sekitar 20 menit dan hasilnya... tada berhasil tidak begitu asin lagi, colek mba Rini dari Medan dulu untuk tipsnya, terima kasih mba Rini.

Okeh ah.. berikut resep balado yang saya buat ya, siapa tahu mau intip-intip resepnya, walaupun sederhana sekali.

Balado Tahu Tempe Ikan Asin.

Bahan :
  • 250 gr ikan asin benggol, rendam air garam, buang kepala dan isi perutnya, bilas, goreng
  • 10 buah tahu, bagi 4, goreng
  • 1 buah tempe, potong dadu, goreng
  • 3 butir asam kandis
  • 1 sendok teh garam
  • 2 sendok makan minyak untuk menumis

Bahan sambal :
  • 100 gr cabai merah keriting
  • 5 butir bawang merah, saya gunakan bawang ukuran besar
  • 5 siung bawang putih
  • 2 buah tomat ukuran sedang

Cara membuat :
Haluskan bahan sambal dengan blender dengan sedikit air, tumis hingga tidak langu, masukkan garam dan asam kandis, aduk rata, masak hingga mengering, masukkan ikan asin, tempe dan tahu goreng, angkat dan siap dihidangkan.


Nah semoga resep balado sederhana yang saya buat kali ini bisa bermanfaat ya, silakan mencoba dan semoga cocok dengan selera ya...


Selamat mencoba...


NewerStories OlderStories Home

8 comments:

  1. Hadeuuhh...ngiler ah liat sambal lado ikan asin gini. Klo di rumah biasanya aq pake ikan sepat mba... sekali2 makan pake ikan asin enak jg ya mba ...

    RINI

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh mba Rini biasa pake ikan sepat ya, belum pernah coba mba ikan asin sepat, enak ya mba
      he eh mba enak makan ikan asin begini, tambuah ciek ha ha ha

      Delete
  2. Iya...mba ikan sepat asin yg tanpa kepala. Klo di sini jual 2 macam, yg pake kepala sm yg tanpa kepala ikannya.

    RINI

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh kalau di sini pernah lihat ada yang tanpa kepala mba, belum pernah coba he he he

      Delete
  3. Jadi kangen makan beginian. Saya paling suka tempe dan ikan asin dimasak begini.

    Oh iya, saya baru tahu tuh mba, ikan asin direndam air garam biar tidak terlalu asin. Makasih infonya mba Rini dan mba Monic.

    ReplyDelete
    Replies
    1. aih iya mba Ima masih belum boleh ya.. sabar ya..

      he eh mba, efektif tuh ngilangin asinnya mba pakai rendam air garam

      Delete
  4. Ikan benggol itu seperti apa, mbak Monic? Air rendaman ikan benggol, air panas atau air dingin?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ikan benggol itu ikan cue mba Eva, atau ikan peda layang
      air rendamannya air biasa mba, suhu ruang

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.