Brownies Nougat



resep brownies nougat

Buat brownies lagi, masih brownies versi simple, praktis dan ekonomis, tapi rasanya sip markusip, nah masih ada sisa butter cream mocca, nougat juga, jadilah diberi topping ini, rasanya bagaimana? enak-enak saja secara memang moccanya tidak begitu kuat rasanya.

Ini saya buat pagi hari, jadi bisa buat bekalnya Sophie, dan buat beginian pagi hari itu cocok sekali, tidak pakai ribut-ribut di dapur, tiba-tiba tada, jadi deh.. kecuali kalau saya menjatuhkan loyang, tentu seisi rumah akan kaget ha ha ha... terpaksa bangun deh...termasuk kucing gembul Adul Bedul, yang hobinya tidur, kecuali kalau dia kebelet pipis, jam 4 pagi sudah minta keluar rumah.

Brownies ini tidak saya nikmati sendiri, jadi ada jatah buat gurunya Sophie, nah sebelum menyiapkan bekalnya foto-foto dulu, aih masih pagi, cahaya masih minim, jadi biasa ya burem fotonya he he he, aih aih ada saja alasan, padahal memang saya yang sampai saat ini belum bisa, lebih tepatnya mungkin tidak mau terlalu ribet mengambil gambar makanan yang saya buat.

Terkadang rasa capek memasak dan membuat kue sudah mengalahkan rasa semangat foto-foto, jadi gayanya, propertinya itu-itu saja ha ha ha...
Ih kalau ngubek-ngubek instagram, wuih wuih banyak sekali foto-foto ciamik, ih mupeng, garuk-garuk kepala sambil mikir, kapan mau bisa pintar begitu ya, halah..

Ah sudah ah curcolnya, kembali ke resep ini, resep ini aslinya resep dari mba Ima ya, nah waktu saya posting resep brownies simple ekonomis ini sebelumnya sudah saya modifikasi sesuai bahan dan selera saya. Sebelumnya kan toppingnya coklat serut, nah yang ini nougat, enak mana? enak semua kalau kata saya he he he.. dasar gembul.

Oh iya nougatnya tidak buat lagi, sisa nougat dan butter cream waktu buat mocha nougat roll cake, jadi daripada dibuang sayang, saya simpan sisa butter cream di kulkas dan nougatnya di dapur saja tapi di wadah tertutup.

Sippp berikut resep yang saya buat ya.. silakan..

Brownies Nougat
untuk loyang ukuran 17x17cm atau diameter 18cm atau kali ini saya gunakan loyang ukuran 22x10cm
 
Bahan :
  • 75 gr tepung terigu protein rendah, saya gunakan merk hana emas (resep asli menggunakan tepung terigu protein sedang yang sudah diayak)
  • 1/4 sendok teh garam (tambahan saya)
  • 3 butir telur 
  • 150 gr gula (saya gunakan 75 gr gula palem + 75 gr gula pasir)
  • 25 gr coklat bubuk
  • 120 ml minyak goreng
Bahan topping :
  • butter cream mocha
  • nougat
Cara membuat :
Siapkan loyang persegi ukuran 17cm atau bundar diameter 18cm, atau 22cmx10cm, olesi dengan margarin, taburi dengan tepung tipis, sisihkan. Panaskan oven set di suhu 175 derajat celcius. 
Campur coklat bubuk dan minyak goreng, aduk hingga campuran mulus, sisihkan. Campur tepung dan garam, sisihkan. 
Di mangkuk, campur telur dan gula, kocok dengan balloon whisk atau garpu hingga gula larut, tambahkan campuran coklat minyak goreng, aduk rata, kemudian tambahkan tepung, aduk rata kembali. Tuang ke dalam loyang, hentakkan loyang perlahan untuk menghilangkan udara terjebak, panggang selama kurang lebih 20-25 menit sesuai dengan oven masing-masing. Test tusuk, brownies matang kalau test tusuk tidak basah, ada sedikit remahan. Keluarkan dari oven dan dinginkan, keluarkan dari loyang. Beri olesan butter cream dan taburi dengan nougat yang sudah dihancurkan, lihat resepnya di mocha nougat roll cake ya...

 
Nah semoga resep brownies nougat ini bisa bermanfaat ya, silakan mencoba dan semoga cocok dengan selera ya...


Selamat mencoba....




NewerStories OlderStories Home

4 comments:

  1. Ini udah saya liat fotonya lebih dulu di IG dan ternyata sudah tayang di sini.

    Iiihhh... Mupeng, mba. Pengen merasakan nougatnya yang begitu menggoda.

    Saya kalo liat foto di IG, suka malu sendiri melihat hasil foto saya, tapi ya mau gimana lagi? Sudah usaha tapi tetap tak bisa, mau diedit malah tambah jelek, hahaha....

    ReplyDelete
    Replies
    1. ikutan tren munculin duluan di IG ha ha ha.. sabar ya nanti kalau sudah sehat baru deh coba buat he he he tapi tetap ga boleh banyak dulu kan

      ha ha ha iya.. saya malah suka geleng-geleng kepala lihat foto-foto di IG, kok bisa bagus2 begitu ya.. ha ha ha..

      Delete
  2. Boleh jg idenya mba Monic...bronis nougat. Enak bgt itu...comot ahh!

    RINI

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba, enak juga loh.. coba deh mba

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Silakan kalau mau mempromosikan blog/website, gunakan komentar dengan nama atau nama blog/website dan url, tetapi komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.